alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
20 Menit di Taman Kota Bisa Bikin Bahagia, Begini Penjelasan Ahli
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c985f75f4ae2f717a000d2f/20-menit-di-taman-kota-bisa-bikin-bahagia-begini-penjelasan-ahli

20 Menit di Taman Kota Bisa Bikin Bahagia, Begini Penjelasan Ahli


20 Menit di Taman Kota Bisa Bikin Bahagia, Begini Penjelasan Ahli


Lima hari dalam seminggu bekerja di dalam ruangan mungkin memang terasa nyaman walaupun yakin deh, kamu pasti nggak akan lepas dari keluhan-keluhan. Beristirahat di akhir pekan ternyata nggak cuma hanya dengan sekedar tidur saja lho untuk mengembalikan semangat kamu. Tapi menghabiskan waktu di luar ruangan, terutama di ruang hijau seperti taman-taman kota juga bisa membuat kamu jadi semakin sehat dan yang paling penting semakin bahagia. Nggak percaya? Coba simak kata ahli lewat hasil studi mereka ini, GanSis!

Studi membuktikan....

20 Menit di Taman Kota Bisa Bikin Bahagia, Begini Penjelasan Ahli


Jamie Ducharme menulis dalam sebuah artikel yang diterbitkan TIME.com bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan, terutama di kawasan-kawasan hijau, adalah salah satu cara paling cepat untuk memulihkan kondisi kesehatan dan juga meningkatkan kebahagiaan. Kegiatan-kegiatan luar ruangan terbukti menurunkan stres, tekanan darah, dan detak jantung. Jika ditambah dengan kegiatan-kegiatan fisik, maka mood kamu akan membaik dan kesehatan mental pun akan lebih terjaga.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Environmental Health Research menyebutkan bahwa menghabiskan sedikit waktu di luar ruangan punya banyak manfaat. Misalnya menghabiskan waktu sedikitnya 20 menit di taman meski tidak melakukan kegiatan fisik apapun misalnya, cukup untuk meningkatkan kesehatan. Studi ini berdasarkan riset dan survey yang dilakukan terhadap 94 orang dewasa yang mengunjungi satu dari tiga taman kota di dekat Birmingham sepanjang musim panas dan musim semi. Masing-masing diberi fitness tracker tetapi tidak diberitahu apa yang harus mereka lakukan di taman kota dan berapa lama mereka harus menghabiskan waktu di sana. Survey ini juga diawali dan diakhiri oleh sesi tanya jawab tentang kepuasan hidup dan perubahan mood sebelum dan sesudah mereka menghabiskan waktu di taman tersebut.

Dari sana ditemukan bahwa rata-rata 94 orang tersebut menghabiskan waktu sekitar 32 menit di taman kota. 30% di antaranya juga melakukan aktivitas fisik dari level moderat hingga intens selama ada di taman kota. Dari situ kemudian ditemukan bahwa tingkat kebugaran/kesehatan 60% dari peserta meningkat selama kunjungan ke taman tersebut.

Olahraga di luar itu penting, tapi berada di luar tanpa olahraga pun dibutuhkan lho!

20 Menit di Taman Kota Bisa Bikin Bahagia, Begini Penjelasan Ahli


Meski banyak riset sudah membuktikan bahwa olahraga atau kegiatan fisik sangat baik untuk kesehatan mental, apalagi kalau dilakukan di luar ruangan, namun para periset dari University of Alabama di Birmingham menemukan bahwa untuk meningkatkan kesehatan atau kebugaran tidak hanya dibutuhkan aktivitas fisik. Buat banyak orang dalam studi terkait, cukup berada di ruang hijau bisa membawa perubahan yang berarti. Begitu kata Hon Yuen, co-author dan pemimpin riset tersebut.

"Beberapa orang mungkin pergi ke taman dan hanya menikmati keindahan alam. Mereka tidak harus melakukan aktivitas fisik. Anda rileks dan mengurangi stres, maka Anda akan merasa lebih  bahagia," kata Yuen.

Dokter pun mulai menulis "resep natural" buat para pasiennya.

20 Menit di Taman Kota Bisa Bikin Bahagia, Begini Penjelasan Ahli


Temuan studi tentang menikmati dan bersantai di ruang hijau ini membuat para dokter kesehatan mental kerap kali akhirnya menyertakan "menikmati ruang hijau" atau "kegiatan luar ruangan" di resep buat pasien mereka. Dokter-dokter menyarankan pasiennya untuk menghabiskan palling tidak satu jam setiap pekan untuk bermain tenis atau main sepak bola, misalnya. Bahkan kegiatan luar ruangan ini pun direkam dalam catatan kesehatan elektronik masing-masing pasien.

Dr. Robert Zarr, seorang dokter anak yang praktek di Washington, D.C. bahkan menemukan bahwa menulis resep untuk mengunjungi taman kota dinilai mempermudah praktisi kesehatan karena bisa dilakukan oleh semua kalangan. Terutama buat mereka yang mengalami obesitas atau masalah kesehatan mental kronis, atau pasien yang mengidap hipertensi dan diabetes tipe 2.

"Resep natural" seperti mengunjungi taman kota melengkapi resep medis yang mengharuskan pasien minum obat. Praktisi kesehatan di Amerika sangat menyarankan pasien-pasien mereka untuk menikmati kegiatan luar ruangan dan mengambil banyak manfaat dari kegiatan tersebut, menjadikannya pengobatan gratis.

Ayo ramaikan taman kota di daerah kamu, GanSis!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
knp bukan 15 menit aja nih?
itu mah zaman dulu, gan...kalo sekarang 10 menit di MALL, bisa mempererat tali kasih pasangan anda
disini mah mau bikin taman kota yang ada malah dibuat mojok
kalo tamnnya bersih, gak ada sampah, gak ada bau pesing ya penelitiannya bener
Quote:


Ditambah angkat beban (belanjaan pasangan).
Badan bugar, istri makin sayaaaaang emoticon-Ngakak
ane cuman numpang lewat Taman kota aja gan
ga pernah turun disono
Delia setiap hari ke taman mengontrol kebersihannya saja hihi
Alhamdulillah gan. emoticon-Salaman
boleh dicoba nih
Kalo taman lawang gimana bray ?? emoticon-Betty
Quote:

bikin bahagia emoticon-Cool

20 Menit di Taman Kota Bisa Bikin Bahagia, Begini Penjelasan Ahli
ternyata begitu ya akhi emoticon-Maaf Agan
20 menit ? Ane malah se jam lebih










Gak merasakan apa2 emoticon-Leh Uga
Diubah oleh jokerandbane
"setelah sy cek tkp di taman, banyak di salahgunakan gan. wc mampet, bau, kencing smbarangan bau pesing. banyak buat mojok. sering di temukan kond*m. Taman jd beralih fungsi. Sering di adakan even live music, senam irama dll. bagusnya refreshing di hutan aja gan. lbh tenang, msh asli dan tanpa gangguan."
liat taman kota yang ada danaunya, liatin danau ngalir tenang bikin pikiran tenang emoticon-Cendol Gan
kalo taman kurang nendang, bisa dilakukan di hutan ato semacamnya
ane senang liat2 orang jln2 terutama cewek cakep emoticon-Goyang
Quote:


Main di taman memang lebih menggelikan
Top banget artikelnya.. jujur ane kalo lagi stress ane biasanya pergi ke tempat yang banyak pepohonan dan tetumbuhan.. biar ngilangin stress
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di