alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c943f38c0cad7559515cc2c/bolehkah-ibu-menyusui-berpuasa

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?


Pada dasarnya menyusui bukanlah sebuah penghalang bagi seorang wanita menjalankan ibadah puasa. Untuk sebagian orang berpuasa ketika menyusui mungkin tidaklah menjadi masalah. Akan tetapi untuk sebagian lainnya menganggap bahwa berpuasa ketika menyusui bukanlah hal yang mudah. Hal inilah yang lantas menuai banyak pertanyaan apakah ibu menyusui boleh berpuasa dan apakah puasa aman dijalani saat menyusui?

Nah, untuk lebih lengkapnya mari simak pembahasannya di bawah ini.

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?
sumber gambar: bidanku.com


Tidak sedikit para ibu yang bertanya-tanya apakah boleh menjalani ibadah puasa pada saat masih menyusui si kecil? Pasalnya, kita semua tahu bahwa saat puasa tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan waktu biasanya. Selain itu, waktu makan yang terbatas seringkali menjadi kekhawatiran banyak ibu jika asupan nutrisi dan gizi ke dalam tubuh akan bermasalah.

Yang mana nantinya hal ini malah mempengaruhi produksi ASI dan menurunkan kualitasnya untuk si buah hati. Hal inilah yang seringkali menjadi keraguan yang banyak menyelimuti ibu menyusui saat ini.

Namun sebenarnya hal tersebut keliru. Karena pada dasarnya, puasa atau pun penurunan asupan kalori yang terjadi di dalam tubuh tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Jadi demikian, meskipun ibu menyusui mengalami penurunan berat badan selama puasa. Hal tersebut hanya mempengaruhi kandungan lemak dalam ASI, bukan jumlahnya.

Apakah Puasa Aman Dijalani Ibu Hamil?

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?
sumber gambar: doktersehat.com

Sebagaimana dijelaskan bagaimana pengaruh puasa terhadap tubuh dan produksi ASI. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ibu menyusui yang menjalani ibadah puasa aman-aman saja. Kekurangan kalori yang masih ke dalam tubuh meski pada saat anda sedang tidak puasa pun sebenarnya tidak banyak mempengaruhi produksi ASI yang dihasilkan oleh tubuh anda.

Untungnya, tubuh kita jauh lebih pintar dari apa yang kita bayangkan.
Tubuh akan tetap menyesuaikan kondisinya pada kondisi apapun, termasuk ketika anda berpuasa. Jadi dalam artian lain, kuantitas dan kualitas ASI di dalam tubuh tidak akan bermasalah meski anda kekurangan asupan makanan selama puasa. Namun demikian, membiarkan diri anda kekurangan nutrisi ketika sedang berpuasa pun tentu bukanlah hal yang baik.

Tips Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?
sumber gambar: sehatmagz.com

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dengan baik bagi anda yang menjalani ibadah puasa ketika menyusui. Hal ini tentu saja dilakukan demi menjaga kesehatan ibu dan bayi terutama untuk menghindari lemas selama puasa.

Perhatikan Asupan Makanan

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?
sumber gambar: medcom.id

Hal penting pertama yang perlu menjadi catatan yang penting diperhatikan dengan baik selama berpuasa saat menyusui adalah mencukupi kebutuhan gizi seimbang. Asupan nutrisi dari makanan sehat seperti sayur dan buah akan tentu anda perlukan untuk untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Selain itu, asupan sayur dan buah adalah bahan makanan dengan kandungan serat yang tinggi dimana hal ini akan tentu baik untuk sistem pencernaan anda. Salah satunya adalah menghindari sembelit yang akan menyiksa.

Perhatikan Asupan Cairan

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?
sumber gambar: prosehat.com

Selain makanan sehat, asupan cairan pun menjadi hal penting. Karena selama puasa tubuh kehilangan lebih banyak cairan maka dari itu asupan cairan perlu dijaga dengan baik selama menjalani puasa. Upayakan cukupi kebutuhan cairan harian sebanyak 8 gelas per hari.

Manfaatkan waktu berbuka dan sahur untuk senantiasa mencukupi kebutuhan ini dengan baik. Selain air putih, kebutuhan cairan pun dapat anda penuhi dengan konsumsi susu, infused water dan masih banyak lagi.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
boleh2ajah sih.. yg pentingnngga keberatan/ menimbulkan yg ngga ngga..
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
kalau saran saya untuk puasa bulan Ramadhan tahun 2019 ini sebaiknya Ibu yang sedang hamil atau sedang menyusui belum berpuasa dulu....nanti di puasanya di qodho.

karena tahun ini ada fenomena equinox...suhu udara berkisar 32-36 derajat celsius.

jadi, kasian ibu dan anak khawatir bisa kekurangan cairan nantinya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di