CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Seberapa Kuatkah Mental Diri Untuk Menikah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c92bce168cc95054d2be295/seberapa-kuatkah-mental-diri-untuk-menikah

Seberapa Kuatkah Mental Diri Untuk Menikah?

Bicara tentang pernikahan memang tak akan habis untuk dibahas karena selalu saja banyak hal menarik di dalamnya baik dari pencarian calon pasangan hidup, persiapan pra nikah dan juga saat mulai membangun rumah tangga di awal pernikahan. Semua orang pasti ingin sekali menikah namun setiap orang pastinya beda pandangan tersendiri untuk menikah sehingga ada yang menikah cepat dalam umur 20an sudah menikah dan juga ada yang menikah di umur 30 an, semua itu kembali ke setiap orang apakah ingin sesegera mungkin menikah atau menundanya sementara waktu.
Seberapa Kuatkah Mental Diri Untuk Menikah?

Credit : mediamuslimah.com

Sebelum menikah tentunya Banyak hal yang seringkali diperhatikan dan dipersiapkan seperti dari aspek finasial yang seringkali menjadi masalah klasik yang selalu ada dalam setiap pernikahan, tak dapat dipungkiri bahwa dalam melaksanakan pernikahan dan pesta pernikahan tak sedikit dalam menghabiskan uang yang tak jarang membuat berpikir dua kali untuk segera menikah.

Selain itu ada hal lain yang harus diperhatikan dan tak kalah pentingnya yaitu masalah mental diri kita untuk menikah. Seperti yang diketahui oleh banyak orang yang sudah menikah tentunya menjalin rumah tangga itu bukan perkara yang mudah dan tidak selalu menyenangkan seperti apa yang dipikirkan orang yang ingin sekali menikah. Menikah itu tentunya menjalin hubungan jangka panjang, tentunya harus dipersiapkan matang-matang, memang usia yang semakin beranjak menjauh dari masa muda seringkali menuntut kita untuk bisa sesegera mungkin untuk menikah.

Pernahkah bertanya kepada diri apakah siap untuk menikah? Tentunya pertanyaan seperti ini tak jarang meyakinkan diri apakah siap untuk segera menikah atau tidak. Memang aspek finansial penting dalam mempersiapkan pernikahan, namun juga aspek mental pun harus diperhatikan. Karena meskipun finansial kuat untuk menjalin rumah tangga namun itu tak selalu jaminan bahagia dalam rumah tangga karena mental yang dimiliki tidak kuat sehingga rumah tangga pun kandas di tengah jalan.

Menikah bukan hanya siap atau tidak siap saja, namun mempersiapkannya itu jangan sampai terlupakan. Jangan persiapkan dadakan namun persiapkan dari jauh-jauh hari sebelum pernikahan itu datang meskipun calon pendamping hidup belum ada, karena calon pendamping hidup itu bisa kita temukan dengan berbagai cara selama kita mau untuk memperjuangkannya.

Seberapa kuatkah mental diri untuk menikah? Siap ataupun tak siap menikah tentunya harus siapkan mental diri untuk menikah, karena tak sedikit apa yang dibayangkan sebelum pernikahan itu tak selalu sama dengan realita saat kita sudah menikah. Banyak hal-hal yang ditemukan setelah menikah nanti mulai dari sifat asli pasangan, permasalahan rumah tangga dan juga hal-hal lain yang menarik setelah menikah. Apa yang kita miliki saat ini? Sudah cukupkah sebagai bekal menikah nanti? Jika sudah yakin dan mantap maka segeralah menikah jika memang mental diri dan juga hal lain yang menyertainya. Jika masih ragu maka yakinkan diri terlebih saat usia tak lagi muda disertai dengan persiapan lain seperti finansial dan juga wawasan tentang pernikahan.

Masalah KDRT, masalah Konflik rumah tangga semestinya bisa terminimalisir jika mental diri kita sudah benar-benar siap dengan apa yang terjadi saat rumah tangga nanti. Buanglah rasa egois, rasa saling curiga dan sikap buruk lainnya agar bisa membangun rumah tangga yang harmonis. Banyak hal untuk mempersiapkan mental diri untuk menikah mulai dari baca tentang buku seputar pernikahan, bertanya kepada orang lain yang sudah menikah dan juga ikut organisasi karena di organisasi kita akan mendapat gambaran tentang masalah perbedaan pendapat yang seringkali ditemukan saat berumah tangga juga.
Seberapa Kuatkah Mental Diri Untuk Menikah?

Credit : ytimg.com

Menikah bukah hanya sekedar usia semata, namun juga kesiapan mental diri untuk menikah dan yakinkan diri bila masih ragu untuk menikah. Pikirkan dengan matang namun jangan terlalu banyak pertimbangan agar bisa menikah selayaknya orang lain membangun rumah tangga pada usia yang cukup untuk menikah. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tafakoer
Halaman 1 dari 7
Diubah oleh tafakoer
Reserved
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seberapa Kuatkah Mental Diri Untuk Menikah?
Bener banget gan...
Seperti halnya kopi, jika rasa manis dan pahitnya seimbang, maka akan terasa nikmat...
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-2 Jempolemoticon-Keep Posting Gan
yang utama adalah mental untuk mau saling menghormati pasangan dan mertua... mau saling mengalah dan ga egois...

dan mental utk menyelesaikan suatu masalah... misalnya sudah tidak childish lg dengan melakukan silent treatment ataupun yang melakukan KDRT ketika ada masalah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AyahElmyra dan 6 lainnya memberi reputasi
1. kalo nikah, yang paling penting bisa tetep "menghormati" pasangan terlepas dari kewajiban SARA. Karena kebanyakan orang beralasan kalo mereka mau ini itu terhadap pasangan karena "ajaran agama", padahal, nikah juga karena mereka mau, bukan karena "ajaran agama".

Kan ga ada ajaran agama yang bilang "umur 30 harus menikah, kalo ngga, masuk akhirat" emoticon-Ngakak (S)

2. Sama2 mendahulukan pasangan dibanding diri sendiri. Buang rasa egois.

3. Never use ego emoticon-Big Grin
Ga ada faedahnya deh kalo nurutin ego, trust me, it works.
Quote:


Internet Explorer udah gak ada emoticon-Tepar
Menikah bukah hanya sekedar usia semata, namun juga kesiapan mental diri untuk menikah dan yakinkan diri bila masih ragu untuk menikah. Pikirkan dengan matang namun jangan terlalu banyak pertimbangan agar bisa menikah selayaknya orang lain yang membangun rumah tangga pada usia yang cukup untuk menikah.

ane izin copas gan buat pacar ane yang nikah sama orang lain ya gan emoticon-Leh Uga
Quote:


Boleh bre emoticon-Leh Uga
Insya Allah menikah 2020, aamiin emoticon-Wowcantik
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Kuat atau tidak nya mental seseorang .. tergantung niat nya gan ...


Begitulah ajaran dalam agama ane ..
yg terpenting emg niat gan buat ibadah nanti ujungnya jg baik dan dilancarkan dipermudah segalanya emoticon-Kimpoi
intinya sih itu gan, kalo udah niat baik pasti tercapai jg tujuan emoticon-Toast
Quote:


Wih mantab pak mariooo
Yang menguji mental ternyata bukan istri karena sudah kenal luar dalam sewaktu pacaran tapi pihak ketiga. Hehe itu kalau saya
ane belum siap mental bray,pasangan blm ada jg wkwmwmmw
Di saat temen2 sebaya ane udah pada ke pelaminan&pada gendong anak, disitulah mental ane di uji emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
notemptation dan Horst Vessel memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
temen temen gua balik kerja capek capek beliin sepeda buat anaknya.



gue malah sibuk milih bearing baru Buat skateboard gue
Diubah oleh zelfrizk
kalo nikah siap aja...
tapi resepsinya bung...
Di lingkungan ane rata-rata tanya sana-sini sampe pinjem ke bank, ngutang sana-sini ngerepotin ortu & keluarga besar...
Jarang bgt dapet info nikah ngga ngerepotin ortu...
Baru nggeh ada di sub forum wedding ..
profile-picture
adrianfuzagame memberi reputasi
Diubah oleh mubafirs
niat baik tapi kelakuan belum baik, gimana ya gan ?
mental siap,modal siaaaap.. calonya ga ada emoticon-Mewek
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di