KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c91f28bc9518b64534d7b5d/kisah-hiram-bingham-mencari-kota-kuno-inca

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Seorang profesor berjibaku dengan semak belukar dan akar rambat dalam lebatnya hutan hujan Amerika Selatan. Dengan sebilah parang dia memotong dan menebas rimbunan pepohonan untuk membuat jalan setapak agar memudahkannya untuk berjalan. Bersama rombongan dia sesekali memperhatikan hutan untuk mencari arah ke mana mereka berjalan. Mendaki bukit, menyusuri sungai, menyatu dengan hijaunya rimba belantara. Dengan perbekalan terbatas mereka merengsek lebih jauh ke dalam hutan.

Pada tahun 1908 diadakan pertemuan ilmiah lintas benua Amerika di Santiago, Chile. Universitas Yale di Amerika Serikat mengutus seorang ahli sejarah bernama Hiram Bingham. Di perjalanan pulang melalui negara Peru, seorang pejabat setempat meyakinkan dirinya untuk mengunjungi tempat yang bernama Choquequirao sebuah kota era Pra-Colombia. Kunjungan itu membuat Bingham sangat kagum sehingga dia menghabiskan banyak waktu untuk menulis buku selama dalam perjalanannya dari Buenos Aires ke Lima, yang berjudul Across South America. Karena kekaguman itu Bingham tertarik dengan kota - kota Inca yang belum ditemukan.

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Sekembalinya ke Yale, Bingham meyakinkan Universitas untuk menyiapkan ekspedisi bersama dengan otoritas Peru untuk menjelajahi situs Inca di wilayah Cusco.  Ekspedisi dimulai pada tahun 1911, dengan Bingham sebagai penjelajah utama.  Kemudian rombongan langsung mulai bekerja dengan bertujuan untuk mencari Ibukota terakhir suku Inca di Peru. Dia mencari tahu tentang dua tempat yang sebelumnya disinyalir sebagai ibukota terakhir suku Inca. Dua tempat itu disebutkan oleh cerita - cerita penduduk lokal, yang diyakini sebagai Victos dan Vilcabamba. Namun, Bingham tidak mengetahui dengan baik info tentang kedua kota itu.

Setelah tiba di kota Cusco, Bingham bertemu dengan Albert Giesecke, Rektor Universitas Negeri  San Antonio Abad. Giesecke menyatakan bahwa dia mengenal seorang petani lokal bernama Melchor Arteaga yang berbicara tentang reruntuhan luas di punggung bukit dekat tempatnya tinggal di Lembah Urubamba. Pada tanggal 19 Juli 1911, ekspedisi Bingham dari Cusco langsung menuju ke Lembah itu, melalui kota Urubamba dan Ollantaytambo, untuk mencari reruntuhan di Kota Vitcos. Berdasarakan penuturan warga reruntuhan kota Inca berada di dekat Vilcabamba, yang harus ditempuh dengan pendakian selama 2 hari dari Vitcos.

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Dengan menyusuri sungai Urubamba dan mengumpulkan berbagai informasi dari penduduk setempat. Setelah menemukan beberapa reruntuhan Inca dan menyadari bahwa mereka masih belum menemukan tempat yang diinginkan, lalu ekspedisi  tiba di sebuah tempat bernama Mandor Pampa. Di sini, Bingham bertemu dengan Melchor Arteaga, seorang petani setempat, yang telah disebutkan oleh Giesecke, dia  mengetahui informasi tentang sisa-sisa reruntuhan Inca di daerah tersebut. Mendengar itu Arteaga membawa Bingham menyeberangi sungai dan menuju puncak gunung Huayna. Di puncak gunung, mereka bertemu dengan pasangan yang sudah lama tinggal di sana. Pasangan itu bertani di lerang gunung dan telah membersihkan daerah itu empat tahun sebelumnya. Bingham dipandu oleh anak berumur 11 tahun bernama Pablito memeriksa reruntuhan itu.

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Meskipun terkesan oleh situs tersebut, Bingham tidak yakin bahwa itu adalah kota tempat persembuyian terakhir suku Inca dari penjajah Spanyol karena tempat itu tidak sesuai dengan deskripsi Vitcos ataupun Vilcabamba. Tim memutuskan untuk meninggalkan lokasi itu dan terus menuju Timur Laut ke Lembah Sungai Vilcabamba di mana mereka menemukan sebuah batu pahatan besar yang belum selesai di Rosapata. Mereka segera mengenali situs ini sebagai kuil Inca Nusta Ispana atau Chuquipalpa. Ekspedisi berlanjut menyusuri Sungai Urubamba dan menyusuri Sungai Vilcabamba, memeriksa semua reruntuhan yang bisa mereka temukan di sepanjang jalan. Dipimpin oleh penduduk setempat menuju ke sebuah tempat di puncak bukit, Bingham akhirnya berhasil menemukan dan mengidentifikasikan kota Vitcos.

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Merasa sudah cukup menyusuri Vilcabamba, ekspedisi berlanjut ke arah Timur Laut dan melewati Celah Colpacasa ke desa Pampaconas. Di sini mereka bertemu dengan seorang petani setempat yang membawa mereka ke reruntuhan yang tertutup oleh tanaman hutan,  tempat itu disebut sebagai Espiritu Pampa. Setelah menjelajahi situs selama beberapa hari, Bingham menyimpulkan bahwa itu bukan kota terakhir suku Inca karena arsitekturnya yang terlalu kasar.

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Dalam perjalanan pulang, Bingham mengirim dua anggota timnya untuk membersihkan dan memetakan reruntuhan di Gunung Huayna. Setelah gagal mengidentifikasi reruntuhan yang disinyalir sebagai Vilcabamba sebelumnya, dia yakin bahwa reruntuhan di Gunung Huayna sebenarnya adalah Vilcabamba. Dia menyimpulkan bahwa reruntuhan di Gunung Huayna adalah Kota Yang Hilang yang ditemukan kembali, dengan dukungan Universitas Yale dan Perhimpunan Geografis Nasional, pada tahun 1912, 1914, dan 1915 mereka mulai  menggali dan menjelajahi situs tersebut.

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Kemudian, pada tahun 1964, Gene Savoy, seorang penjelajah Amerika, meneliti sepenuhnya situs Espiritu Pampa dan berhasil mengidentifikasinya sebagai Vilcabamba Viejo, kota tempat suku Inca lari dari Penjajah Spanyol setelah meninggalkan kota Vitcos. Bingham tidak mengetahui perbedaan arsitektur bangunan kerajaan Inca Kuno dan kerajaan Inca baru.  Lalu reruntuhan Gunung Huayna diidentifikasi sebagai bangunan yang bergaya kerajaaan Inca Kuno. Sebagaimana penuturan penduduk di lingkungan itu menyebut reruntuhan yang terletak di ketinggian itu sebagai Gunung Tua atau Puncak Lama yang dalam bahasa Quechua dilafalkan dengan Machu Picchu.

Kisah Hiram Bingham Mencari Kota Kuno Inca

Meskipun Machu Picchu sebelumnya telah diklaim ditemukan oleh Augusto Berns seorang Jerman yang telah memetakan situ itu pada tahun 1860.  Dan kemudian penjelajah asal Perancis bernama Charles Wiener yang menyatakan sudah mengunjungi tempat itu pada tahun 1875. Tetapi Hiram Bingham yang mengenalkan Machu Picchu pada dunia melalui penjelajahan dan identifikasinya terhadap kota- kota kuno yang pada waktu itu belum mendapat perhatian.

Bahkan duo sutradara kondang Hollywood Steven Spielberg dan George Lucas menciptakan karakter fiksi Indiana Jones yang konon didasarkan pada kisah Hiram Bingham. Bukunya yang berjudul The Lost City of Incas, yang diterbitkan pada tahun 1948, adalah buku terlaris dan masih dibaca banyak orang hingga sekarang.




profile-picture
rickyrickardo memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu
Halaman 1 dari 3
Jadi sapa yg pertamakali menemukan kembali Machu picchu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Warga sekitar.
The real tomb raider
Mirip-mirip candi borobudur lah yak, sempat hilang sebelum akhirnya ditemukan lagi 😅
Quote:


Jangan lupa, sempet dibom walau akhirnya direnovasi. emoticon-Malu (S)
pasti nemuin banyak harta karun
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gitu ye gan...
ketemu ga emoticon-Big Grin
Mantap gan info'y...
profile-picture
juw86 memberi reputasi
banyak bgt yak batu nya
situs purbakala emoticon-Matabelo
Sukhoi
Kota yg sangat indah gan, belum terlalu banyak polusi, sepertinya udaranya masih segar
Walaupun penciptanya orang jamqn dulu (Inca), tapi arsitekturnya kerenemoticon-Swedia
Jadi pengin selfie disanaemoticon-Motret
wahh.. ane pernah ketemu ama cucu nya hiram bingham waktu di cruise nih gan, nama nya dennis bingham istrinya namanya carol bingham orang nya baik, dennis pernah bilang bahwa kakeknya yg nemuin (populerkan kembali) machu picchu, ane waktu itu dalem ati mikir apa iya? setengah gak percaya, gak sempet gugling juga.. sampai baca artikel ini baru ane percaya.. ane ada kontak nya kalo mau gan, kali2 mau belajar ekspedisi kayak opa hiram bingham.. emoticon-Smilie great info btw :beer :beer

p.s:
kalo ke peru atau ke daerah america latin, ada souvenir yg cukup menarik yaitu catur suku inca lawan spanyol.. lumayan menarik untuk mengenang perjuangan inca
profile-picture
Pancegdinugalur memberi reputasi
Diubah oleh low-fidelity
sayang ane ga kenal gan emoticon-Frown
Post ini telah dihapus
Jadi inget tomb raider sama uncharted emoticon-Malu (S)
di indonesia apakah masih ada sejarah kota kuno yang belum di temukan ya?
Reruntuhan inca aja bisa ditemukan dengan kegigihan... si pendamping hidup kok belum bisa ditemukan ya sampe sekarang...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Jenius sekali anda
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di