CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Mengenal Sosok Jessica - Detektif Swasta di Indonesia yang Multitalenta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8f26eef0bdb22c444eed3f/mengenal-sosok-jessica---detektif-swasta-di-indonesia-yang-multitalenta

Mengenal Sosok Jessica - Detektif Swasta di Indonesia yang Multitalenta

Semakin berkembangnya negara tercinta Indonesia Raya ini, semakin banyak juga berbagai persoalan yang muncul pada rakyatnya, dengan banyaknya persoalan yang timbul, muncul juga layanan-layanan yang menawarkan bantuan untuk persoalan-persoalan tersebut, semisal persoalan dalam mengemudi maka munculah jasa layanan belajar mengemudi, atau persoalan malasnya mengurus visa maka munculah jasa layanan kepengurusan visa, bahkan yang terbilang sangat unik dan kian marak bagi kalangan kelas atas adalah adanya layanan jasa detektif swasta, yang umumnya hadir untuk membantu persoalan corporate maupun individual kelas atas. Kian marak jasa layanan investigasi yang ditawarkan dari beberapa agensi swasta yang memiliki jaringan yang luas ini maka kian banyak juga para anggota dari layanan agensi tersebut. Salah satunya adalah Jessica.

Siapa itu Jessica?

Dalam suatu wawancara kebutuhan skripsi saya menemui Jessica yang merupakan anggota dari salah satu agen investigasi swasta yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Eye Detective Indonesia. Awalnya saya menghubungi Eye Detective Indonesia, dengan harapan dapat berkomunikasi dalam sesi wawancara untuk bantuan skripsi karena saya merupakan mahasiswa kriminologi di Universitas Indonesia yang sedang menggarap skripsi seputar layanan investigasi semacam ini, dari beberapa jasa agensi yang saya hubungi, satu-satunya yang bisa saya hubungi dan rela membantu skripsi saya adalah Jessica, alhamdulilah.

Dalam pertemuan tersebut saya melihat bahwa Jessica merupakan sosok yang ramah, cerdas dalam pembawaan dan terbilang cukup insecure. Jessica sendiri telah 8 tahun menggeluti profesi ini hingga sekarang. Jessica juga mengungkapkan posisi yang dipegangnya saat ini merangkap sebagai team leader untuk investigasi lapangan surveillance/spionase dan juga asisten investigasi yang berususan dengan project baik untuk klien lokal maupun asing dan corporate. 


Quote:



Kasus yang ditangani oleh Detektif Wanita

Sejauh pengalamannya sebagai private investigator ia menuturkan bahwa memang beberapa kasus akan lebih mudah ditangani oleh wanita ketimbang pria, misalnya dalam bernegosiasi dengan orang-orang pada suatu lingkungan tertentu, melakukan mediasi persuasif untuk mendapatkan informasi dari sumber yang relevan yang terkadang juga harus berkomunikasi dengan penduduk setempat atau lingkungan pekerjaan namun tetap harus dilihat lagi konteksnya seperti apa, karena jasa detektif swasta sendiri di Indonesia belum memiliki payung hukum yang melegalkan ataupun melarang profesi sejenis ini. Maka itu, dalam setiap pergerakan kasus dan point-point tertentu harus dipelajari lagi konteksnya.

Selain itu, dalam investigasi umumnya wanita memang lebih unggul dalam hal spionase dan penggalian informasi karena wanita memiliki pembawaan yang lebih tenang apabila dihadapkan dalam suatu situasi dan kondisi tertentu, dan juga wanita merupakan umpan yang sangat baik untuk melakukan mediasi jika menghadapi dua pihak dengan pemimpin pria. Wanita dapat dengan efektif mencairkan suasana dalam berbagai situasi dan kondisi, outlook sebagai wanita juga umumnya lebih mendapatkan perhatian dari lawan bicara ketimbang pria. Namun, tetap saja dalam beberapa kasus besar seperti yang berhubungan dengan preman, bodyguard, lingkungan-lingkungan kasar atau hal-hal yang membutuhkan otot, pria memang selalu diposisi terdepan, penggunaannya tetap akan disesuaikan dengan jenis dan konteks dari kasus yang ditangani.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di