Quote:
Nominalnya 100 ribu!Sengaja gue cantumin paling awal, supaya agan-agan(wati) bisa langsung ngejudge thread ini di awal.
Yang horang kayah bisa segera menyingkir.
Yang kuli macem gue terserah kalo mau stay.
Kenapa gue buat thread ini?
Agan-agan(wati) pasti sudah pada paham kalo urusan beginian bakal runyem ceritanya. Ga akan selesai dalam 1-2 hari, bener ga?
Jadi, sebelum effort membengkak melebihi nominal tersebut, sebelum emosi meledak-ledak ke “robot” CS, lebih baik gue buat surat pembaca. Nanti tinggal kasih link thread ini ke kedua belah pihak. Biar mereka yang kocar-kacir memperbaiki citra masing-masing.
Balik syukur, gak ya udah, anggep aja lagi apes.
TLDR : gue konsumen, harusnya mereka yang repot, bukan gue.
Salam sejahtera gan,
Hari ini gue punya cerita, mungkin bisa ditebak dari judul diatas, antara OVO dan Jenius BTPN.
Gue pengguna OVO yang terbilang belum lama pake produk mereka. Sekedar pake supaya praktis untuk belanja sana-sini. Untuk belanja di Toped supaya dapet cashback OVO point, tapi paling sering dipake untuk bayar Grab (selain dapet promo, praktis banget ga perlu nyiapin duit tunai

).
Ke kronologi,
Kejadiannya sendiri baru tadi sore, biasanya sih gue top up langsung dari Jenius Apps, tapi kali ini iseng-iseng pengen top up dari Apps OVOnya sendiri, via debit card.
Tadinya gue mau top up yang 200rb, serius loh, dengan pertimbangan supaya ga repot bolak-balik top up. Tapi gue pikir-pikir 100rb aja dulu, nanti kalo kurang toh bisa ditambah. Daripada entar mubazir ga kepake, kali aja nanti gue dipindah tugas ke lokasi kantor yang lain.
Berikut langkah reproduce bugs-nya.. (ala kuli IT)
Pilih nominal 100 ribu > masukin data debit VISA > klik button submit > loading ke halaman verifikasi VISA > SMS kode verifikasi transaksi VISA masuk > confirm kode ke Apps OVOnya > Loading lama…lama…lama…sekali…
Ya udah, gitu aja.. loading mulu ga selesai.
Sampe notifikasi di Jenius Apps masuk duluan, gue pindah ke Jenius Apps, dana udah kedebet.
Pindah lagi ke halaman transaksi OVO, masih loading gitu aja… 1 menit… 2 menit… 5 menit… 10 menit… sampe akhirnya gue close… HTTP conn alive jarang di set sampe 10 menit kan???
Dan…. Saldo tak masuk…
> Send kronologi dan SS ke CS OVO
> Send kronologi dan SS ke CS Jenius BTPN
Gue tinggal ibadah, sekitar 2 jam, ada balesan dari keduanya.
- CS OVO minta data lebih lengkap.
- CS Jenius BTPN kasih info, kalo mereka hanya sebagai media pembayaran katanya.
Its ok,
> Send detail dan SS ke CS OVO
Setelah beberapa saat masuk balesan, CS OVO bilang transaksi dipastikan gagal dan dana tidak tertampung di rekening penampung OVO.
> Send link thread ini ke CS OVO dan Jenius BTPN
Beberapa saat, CS Jenius BTPN balas. Suruh memastikan ke OVO, padahal si OVO sudah memastikan. Lah itu diatas apaan. SS di pejwan juga bisa dilihat. Ketahuan mereka ga baca thred ini..
Update :
Quote:
Keesokan harinya CS Jenius BTPN kirim email ke gue, minta bukti klarifikasi dari pihak OVO. Gue bilang aja, udah gue kasih tadi, dicek linknya,
dibacague bilang. Gue bercandain aja, "Hayo yang mana linknya, masih ada ga? Dibuka kembali yah arsip emailnya."
Beberapa saat kemudian masuk balasan dari Jenius BTPN, intinya minta maaf kalo mereka ga bisa menemukan arsip email dari gue. Kemudian memohon kesediaan untuk kembali mengirimkan tautan surat pembaca ini. Kesian, mungkin dia sedang dikejar manajernya untuk ngatasin masalah ini..
Beberapa saat kemudian masuk lagi balasan dari Jenius BTPN, yang intinya kasus bakal diproses dalam waktu
46 hari.
Setelah email dari Jenius BTPN yang konyol diatas, beberapa kali hp gue berdering di kantor, nomornya landline Jakarta. Tapi ga bisa gue angkat, secara masih di kantor. Lagipula biasanya nomor landline Jakarta yang calling gue itu ga penting, mungkin promo addon Indihome, asuransi, dll.. Mungkin nomor gue dijual ke mitra salah satu ecommerce yah!

Setelah gue telusuri di google pada jam istirahat kantor, gue ketahui itu nomor telpon OVO. Terus mau gue apa'in kalo dia ga telpon lagi? Alhasil ya udah, gue cuekin.
Menjelang sore, masuk sebuah email dari OVO, pemberitahuan bahwa credit sudah berhasil ditambahkan oleh OVO.
Totalnya pas 100 ribu, selain itu ada tambahan 20 ribu OVO point. Gue ga paham yang 20 ribu OVO point itu emang promo yang seharusnya gue dapet atau dispensasi atas kejadian ini

Nice…
Gue yang kuli IT ini ngerasa dibohongin produk digital

Kerjanya Quality Engineer mereka apaan ya?
Bukti gue upload bertahap yah, cek pejwan.
Kesimpulan :
Quote:
1. Permaasalahan selesai dengan tanggung jawab dari pihak OVO.
2. Baik layanan OVO maupun Jenius BTPN sangat jauh dari kata matang, khususnya untuk layanan support ke end customernya. Gagal transaksi dan proses yang berbelit-belit biasanya sebuah indikator dari berpindahnya generasi milenial (yang memang sifat dasarnya gak loyal) ke layanan lain.
3. Jenius BTPN support berbelit-belit dan ga cekatan mengidentifikasi masalah customer. Kesalahan nama nasabah pada email khususnya, merupakan hal yang sangat fatal dalam membangun relasi dengan customer. Ditambah lagi waktu penanganan masalah dengan jangka warbyasah.
4. OVO di lain pihak bisa dibilang lebih bertanggung jawab meski tidak konsisten dengan keterangannya. CS-nya masih mau secara repot-repot nelpon customernya, yang sebenernya hal ini lebih gue harapin dari produk perbankan Jenius BTPN.