alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Monster perusak moral itu bernama korupsi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8ccc752f568d43df264e7f/monster-perusak-moral-itu-bernama-korupsi

Monster perusak moral itu bernama korupsi

Monster perusak moral itu bernama korupsi
Selamat datang di thread ane lagi, Gan! emoticon-Cendol (S)


Sebelum masuk ke inti thread yang berjudul "Monster perusak moral itu bernama korupsi", kita baiknya mencari tahu terlebih dahulu apa itu korupsi.

Jika kita merujuk kepada KBBI, korupsi berarti penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.
Korupsi tidak melulu soal uang, bisa juga hal lainnya seperti waktu.



Jangan berfikir bahwa tindakan korupsi hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kuasa (orang-orang yang menduduki jabatan penting dalam suatu instansi, lembaga, atau pemerintahan), orang-orang yang tidak memiliki posisi tersebut pun sebenarnya mempunyai peluang untuk melakukan korupsi. Tetapi apakah kita, masyarakat yang beradab, akan melakukannya? Sebagai orang yang memiliki perasaan dan mampu berfikir secara jernih, kita seharusnya tidak melakukan praktik kotor yang bernama korupsi ini. Terlepas dari ada atau tidaknya kesempatan; ada atau tidak ada yang melihat; mampu atau tidaknya kita, kita harus selalu menahan diri dari perbuatan yang tidak baik ini.


Tau dari mana kalau korupsi ini merupakan prilaku yang tidak baik?


Mudah saja sebenarnya. Dalam menentukan sebuah prilaku itu tergolong ke dalam hal yang baik atau bukan adalah dengan cara mensimulasikan bahwa semua orang akan melakukan tindakan tersebut dan lihat dampak apa yang akan terjadi kepada keberlangsungan makhluk hidup di dunia. Sebagai contoh: jika semua manusia saling melakukan pembunuhan kepada manusia lainnya, maka di dunia ini akan dipenuhi dengan pembunuhan dan kelak tidak akan ada lagi manusia yang tersisa. Dengan analogi yang saya berikan tadi, jelas sudah bahwa korupsi termasuk ke dalam tindakan yang tidak baik dan merugikan orang lain.


Monster perusak moral itu bernama korupsi
sumber gambar: www.coolnsmart.com


Sesuai dengan judul yang ane tulis, tindakan korupsi ane anggap sebagai sebuah perusak moral dalam sebuah bangsa. Mengapa begitu? sebab prilaku korupsi sendiri membuat pelakunya seakan tidak akan pernah puas dalam mengambil sesuatu yang bukan haknya. Sehingga tidak heran jika para koruptor kerap digambarkan sebagai seekor tikus. Makhluk yang rakus minta ampun.

Jika kita mau jujur pada diri sendiri, tentu hampir semua dari kita pernah melakukan tindakan korupsi. Baik dalam hal-hal besar, maupun hal kecil. Namun, tindakan seperti ini sudah harus kita tinggalkan agar bangsa kita menjadi bangsa yang lebih baik ke depannya

Nah, sebentar lagi kita akan mengalami yang namanya Pemilihan umum. Baik pemilihan presiden, maupun pemilihan legislatif. Dalam masa-masa seperti ini, harapannya tidak ada lagi terjadi praktik korupsi agar proses pemilihan dapat berjalan dengan khidmat. Kita semua tentu berharap agar pesta rakyat ini berjalan dengan baik, 'kan? Mulailah dengan mencegah terjadinya praktik suap atau yang lebih dikenal dengan istilah "serangan fajar". Jangan mau hak suara kalian dibeli oleh orang-orang yang berpotensi memperkaya diri sendiri nantinya. Logikanya adalah, jika ingin naik ke posisi tertentu saja mereka harus mengeluarkan uang yang banyak, saat berada di posisi yang diingiinkannya kemungkinan besar mereka akan berusaha mencari uang yang banyak agar bisa "balik modal". Bagaimana caranya? ya tentunya dengan korupsi.


Apakah hal seperti ini yang kita inginkan? tentunya tidak
Maka dari itu, kita harus melawan segala bentuk korupsi
Jangan pernah melakukan tindakan korupsi sekecil apa pun
Katakan tidak pada korupsi!
emoticon-Cool






Diubah oleh albertcamus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Aslinya
menurut.ane

cegah korupsi sedini mungkinemoticon-Shakehand2
Balasan post menurut.ane
Quote:


setuju bray!
Ini gimana sih, kok sepi banget emoticon-Kaskus Lovers
telat datang juga korupsi

dari bayi emang udah ditularin virus koruipsi, ya mau gimana lagi emoticon-Ngacir


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di