alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Bingung memilih warna tampilan user interface Anda?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8c7cf368cc957266360c78/bingung-memilih-warna-tampilan-user-interface-anda

Bingung memilih warna tampilan user interface Anda?

Bagi pemula, dalam membahas perihal pembuatan website, mereka akan mencari pada google sebagai mesin pencarian yang sudah profesional dibidangnya, untuk memperoleh berbagai informasi, mulai dari membuat website, membuat user interface yang menarik, dan memilih warna user interface yang sesuai dengan produk maupun jasa usaha atau perusahaan Anda.
Namun, dalam hal pengerjaan website tersebut, bukan hanya dilihat dari teori yang ada di google. Melainkan, jalannya logika dan kreatifitas Anda untuk dapat membangun website berdasarkan kebutuhan fungsional maupun non fungsional. Apalagi dalam pemilihan warna untuk tampilan user interface, dibutuhkan seseorang yang profesional dibidangnya dan kita bisa memanggilnya seorang “Web Desainer”. 

Seorang Web Desainer, terampil dalam pemilihan warna yang dapat menyesuaikan dengan produk maupun jasa usaha atau perusahaan Anda. Nah, di idmetafora Anda dapat mengetahui kombinasi warna yang cocok dan sesuai dengan suasana baik produk maupun jasa usaha atau perusahaan Anda. Karena, warna itu seringkali digambarkan sebagai suasana hati seseorang. Contohnya, apakah Anda pernah merasa ada perubahan jika mengunjungi suatu tempat yang penuh warna? Atau apakah Anda merasa rileks dengan tempat atau pemandangan yang memiliki warna tertentu?

Faktanya beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna dapat mempengaruhi mood atau perasaan, suasana hati, dan perilaku seseorang. Bahkan warna memiliki kekuatan tersendiri pada kehidupan manusia. Contoh saja di beberapa negara seperti di Mesir dan China, warna digunakan sebagai sarana terapi penyembuhan yang Chromotherapy. Bahkan, ada beberapa efek warna yang memiliki makna universal, sebagai berikut:

1. Warna yang berada pada daerah spektrum warna merah (merah, kuning, jingga), dikenal mampu memberikan kehangatan dan membangkitkan emosi, dari perasaan nyaman hingga marah.
2. Warna pada daerah spektrum warna biru (biru, ungu, hijau), dikenal tenang dan dapat dikaitkan memiliki perasaan kedamaian, ketenangan, dan kepercayaan.

Dilihat dari fakta diatas, sudah jelas dalam mengimplementasikan beberapa warna pada tampilan user interface website Anda, dibutuhkan teknik profesional untuk mengkombinasikan berbagai warna. Tujuannya untuk memberikan kesan baik sejak diawal, nyaman ketika digunakan oleh user, dan menarik user untuk kembali mengunjungi website Anda. Seperti yang pernah dikatakan Arsyadi Ahmad salah satu Chief Operating Officer idmetafora. Bahwa ketertarikan seorang pengunjung website bergantung pada user friendly-nya, fungsionalitas fitur dan keindahan tampilan website Anda. Berikut beberapa cara penyatuan warna untuk tampilan user interface website bisnis anda:
[ol]
[li]Monochromatic
Monochromatic sendiri, Anda harus menggunakan teknik penggunaan satu warna yang dominan / kuat. Teknik ini pasti menimbulkan suasana minimalis dan harmonis pada interface website yang Anda miliki. Contohnya warna biru dan ditambahkan dengan beberapa warna elemen yang penting sebagai penambah daya tarik pelanggan Anda untuk mengunjungi website bisnis/e-commerce Anda.
[/li]
[li]Complementary (Kontras)
Teknik Complementary ini dengan memadukan warna yang kontras untuk “mengundang” sesuatu ketegasan dan kejelasan, bahwa website bisnis Anda tersebut memang wajib dicari para pelanggan. Contohnya perpaduan dominan biru dan warna sekunder pink. Warna pink inilah yang akan menjadi warna tombol utama ataupun interaksi lainnya. Jika Anda menerapkan secara konsisten, maka skema warna ini akan menstimulus user untuk mengingat bahwa warna pink adalah warna tombo / memicu interaksi.
[/li]
[li]Triadic
Teknik Triadic ini merupakan penggabungan 3 warna yang sama-sama kuat (bukan turunan satu sama lain). Contohnya warna biru adalah warna utama, hijau sebagai konten (grafik, icon, dll), dan pink sebagai tombol. Teknik ini kebanyakan dipakai untuk membuat interface dengan beragam konten. Sehingga dirasa teknik cukup efisien anda gunakan untuk menambah daya tarik interface website bisnis/e-commerce yang Anda miliki.
[/li]
[/ol]
Sekarang, Anda dapat memadukan warna sesuai kategori diatas. Memadukan warna yang apik, seperti beberapa contoh website yang ada di portofolio idmetafora. Harapannya, akan membuat pengunjung, mengunjungi situs website Anda dan kembali untuk melihat trend produk atau jasa usaha yang Anda berikan terhadap calon pelanggan Anda. Selain itu, dapat menambah pengunjung. Sehingga, meningkatkan promosi penjualan baik produk maupun jasa usaha atau perusahaan Anda dan pastinya Anda dapat bersaing secara global ini.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di