alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Belajar Pencegahan Korupsi Semenjak Dini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8c66dac0cad7553b721afc/belajar-pencegahan-korupsi-semenjak-dini

Belajar Pencegahan Korupsi Semenjak Dini

Belajar Pencegahan Korupsi Semenjak Dini

Korupsi oh korupsi, sebuah momok yang sangat menakutkan bagi rakyat tapi menyenangkan bagi yang bernafsu. Dari sebuah korupsi sebenarnya dapat berdampak luas kepada rakyat loh.

Korupsi sebenarnya sudah dianggap sebagai budaya turun temurun. Ane masih cukup ingat dalam pelajaran sejarah bahwa VOC atau yang dikenal sebagai kongsi dagang milik belanda yang pernah menjajah indonesia bangkrut karena salah satunya adalah banyaknya pegawai yang korupsi. Mungkin saja perilaku korupsi ini sudah diturunkan semenjak indonesia dijajah dan diturunkan oleh negara penjajah.

Belajar Pencegahan Korupsi Semenjak Dini

Karena ane berprofesi di bidang pendidikan, ane selalu menanamkan dan mengingatkan kepada seluruh peserta didik bahwa korupsi itu adalah hal yang dilakukan oleh orang pintar, bukan dilakukan oleh orang cerdas.

Madsudnya bagaimana? Yah tentu orang yang korupsi adalah orang yang pintar, sehingga karena kepintarannya dapat menduduki posisi yang berpeluang untuk mereka korupsi, sedangkan untuk orang yang cerdas adalah orang yang pintar sekaligus memiliki hati nurani bahwa hal yang menjadi hak dan kewajiban tertunaikan tanpa dipengaruhi oleh nafsu.

Belajar Pencegahan Korupsi Semenjak Dini

Dalam kehidupan sehari - hari ane selalu menekankan bahwa yang terpenting adalah jujur, mendidiknya mudah saja caranya adalah ketika ujian kerjakan sendiri dan sesuai kemampuan tanpa mencurangi atau mengambil jawaban teman yang lain. Dan ane selalu memberikan reward yang lebih terhadap orang yang jujur. Karena sebenarnya budaya korupsi ada semenjak didikan dari kecil, misalnya saja mencontek.

Belajar Pencegahan Korupsi Semenjak Dini

Baru - baru ini karena sedang hangat menjelang pemilu, tentu kita sebagai rakyat memilih yang rekam jejaknya jelas. Bukan memilih yang bernafsu, tapi memilih yang benar - benar berjuang dari rakyat dan untuk rakyat.

Belajar Pencegahan Korupsi Semenjak Dini

Semoga dengan cara pendidikan yang tidak hanya bergantung kepada nilai yang berbentuk angka, maka akan menghasilkan generasi - generasi yang benar - benar cerdas secara hati dan akal pikiran. Sehingga ketika para generasi penerus ini dapat menjadi sebuah panutan dan bahkan menjadi pemimpin yang benar - benar melaksanakan kewajiban dan hanya mengambil haknya sendiri bukan mengambil hak orang lain sehingga berdampak menyengsarakan orang lain.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : pemikiran dan pengalaman TS
Gambar : google images

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di