alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Global Warming, Fakta atau Hoax?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b58f4337f936d2266cde0/global-warming-fakta-atau-hoax

Global Warming, Fakta atau Hoax?

Global Warming, Fakta atau Hoax?

Isu global warming alias pemanasan global dimulai tahun 1930-an oleh Guy Stewart Callendar, namun tidak mendapat tanggapan serius masyarakat dunia. Sebagian mengatakannya hoax. Callendar mengembangkan teorinya dari teori efek rumah kaca yang dikembangkan sejak 1824 oleh Joseph Fourier yang dilanjutkan oleh John Tyndall (1860) dan Svante Arrhenius (1896).

Tahun 2003 James Mountain Inhofe, senator pada Senat AS untuk Lingkungan dan Pekerjaan Umum terang-terangan mengatakannya hoax dalam pidato berjudul “The Science of Climate Change”.

Dugaan bahwa pemanasan global itu isu yang sengaja ditiupkan oleh sekelompok orang untuk kepentingan kantong pribadi mereka. Akhirnya memang terbukti. Sejak 2009 pemanasan global jadi salah satu skandal akademik terbesar di abad ke-21. Pasalnya, peneliti dari University of East Anglia’s Climatic Research Unit tersebut ketahuan memalsukan data cuaca.

Ada hacker yang masuk ke komputer mereka dan mencuri ribuan file. Dari file-file yang kemudian
disebarkan ke publik itu diketahuilah cerita pemanasan global hanya hoax. Tokoh akademisi di balik penipuan itu bernama Dr James Hansen, mantan klimatologis (ahli cuaca) NASA, badan antariksa AS.

Kemudian dua tiga tahun belakangan wacana pemanasan global dimunculkan lagi. Pelakunya  adalah NASA. Pernyataan NASA yang dirilis media AS menyatakan tahun 2014 adalah tahun terpanas yang pernah ada sejak tahun 1880, dimana suhu rata-rata tahun 2014 adalah 14,68 derajat Celsius, atau 1,22 derajat di atas rata-rata suhu pada abad ke-20.

Percaya atau tidak, itu terserang kita masing-masing. Namun beberapa hari lalu argumen bahwa pemanasan global hanyalah sebuah itu “Sains Palsu” didukung oleh sumber yang tidak terduga: Patrick Moore, salah satu pendiri organisasi lingkungan terkemuka Greenpeace.

“The whole climate crisis is not only Fake News, it’s Fake Science. There is no climate crisis, there’s weather and climate all around the world, and in fact carbon dioxide is the main building block of all life,” cuitnya lewat akun Twitter @EcoSenseNow belum lama ini.

Menurut eks Presiden Greenpeace Kanada tersebut, pemanasan global sejatinya hanyalah sebuah “kampanye menakut-nakuti” oleh para ilmuwan terkait dengan hibah pemerintah. Strateginya sebenarnya itu-itu aja, “Tebar paku dijalan dan menawarkan solusi tambal ban berbayar.”

Pencitraan pemanasan global disosialisasikan serapih mungkin, baik secara langsung maupun tersirat. Contohnya melalui film-film hollywood buatan mereka seperti film dokumenter “An Inconvenient Truth” atau “The day After Tomorrow.”

Ketakutan telah digunakan sepanjang sejarah untuk mengendalikan pikiran dan kantong orang-orang dan lainnya, dan bencana iklim benar-benar merupakan kampanye ketakutan. Dengan demikian, apa yang disebut para ilmuwan dan gerakan hijau lakukan hanyalah menghasilkan lebih banyak ketakutan sehingga politisi dapat menggunakannya untuk mengendalikan pikiran orang, dalam bentuk bahan-bahan yang tampak ilmiah untuk kemudian mengambil keuntungan dari subsidi besar-besaran, penghapusan pajak yang besar, dan lain sebagainya.

"Kekejian yang terjadi hari ini dalam masalah iklim adalah ancaman terbesar bagi Pencerahan yang telah terjadi sejak Galileo. Ini sama buruknya dengan yang terjadi pada sains dalam sejarah sains. Tidak ada kebenaran untuk ini. Ini benar-benar tipuan dan penipuan,” tegasnya.

Global Warming, Fakta atau Hoax?

Gayung bersambut, sikap Moore tersebut sontak di-retweet Presiden AS Donald J. Trump yang selama ini memang dikenal tidak percaya akan adanya pemanasan global. “Patrick Moore, co-founder of Greenpeace: “The whole climate crisis is not only Fake News, it’s Fake Science. There is no climate crisis, there’s weather and climate all around the world, and in fact carbon dioxide is the main building block of all life.” @foxandfriends  Wow!”, seperti dikutip dari akun twitter @realDonaldTrump pada 12 Maret 2019 lalu.

Yang pasti, pernyataan Moore telah membuat panas kuping organisasi yang ia pernah bentuk beberapa dekade lalu. Lewat akun twitter-nya, Greenpeace USA membantah dan menyatakan pernyataan Moore tersebut tidak mencerminkan sikap dan pendapat organisasi. Mereka bahkan menyangkal fakta bahwa Moore merupakan salah satu eks inisiator organisasi hijau tersebut. 

“Patrick Moore was not a co-founder of Greenpeace. He does not represent Greenpeace. He is a paid lobbyist, not an independent source. His statements about @AOC & the #GreenNewDeal have nothing to do with our positions,” cuit Greenpeace USA di hari yang sama.

Moore menanggapi santai sangkalan tersebut dengan mengatakan hal demikian wajar terjadi pada organisasi yang pada masa awal berdirinya terkenal idealis, namun akhirnya berubah mesin penghasil uang.

Global Warming, Fakta atau Hoax?

“You fail to accept that it was @Greenpeace itself that recognized me as a founder on their website "The Founders of Greenpeace" until Feb, 2007, 21 years after I left the group. They revised their own history when I came out for nuclear energy. OK??”


Acuan

Twitter @EcoSenseNow


Twitter @EcoSenseNow



Global warming a ‘fear campaign’ by scientists ‘hooked on government grants,’ Greenpeace founder says


Twitter @realDonaldTrump

Diubah oleh noldeforestasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
tunggu banjirnya setinggi lutut



Global Warming, Fakta atau Hoax?


emoticon-Genit
hoax emoticon-Shakehand2
Balasan post njing.kirik
Quote:


wkwkwkwwkwkwk
Bisa jadi global warming emang benar, tapi sengaja dimanfaatin banyak pihak untuk cari untung dari sikon ini..
aku rasa sih fakta... ehh tapi gak tau juga dengg.. hihi
memang semakin panas aja cuaca
Quote:


I LIKE IT...............emoticon-Wakaka

Fakta lah, gelombang elektromagnet dari sinyal hp, dll.

Bikin perubahan iklim.
Balasan post farumetropolis
Quote:


Mungkin aja sih.. Yang pasti perubahan iklim emang terjadi.. Kan bisa kita rasakan sehari2
Balasan post njing.kirik
Quote:


hahahahaah asli deh ini parah abis..
Mau dibilang hoax atau fakta kek, menjaga lingkungan itu penting!!
Balasan post njing.kirik
Quote:


Kenapa perempuan sih yang selalu jadi bahan becandaan??? ngeselin banget...
TS bikin thread nya gak cocok untuk mayoritas kaskusers... ahead of their time.. makanya sepi begini.. coba kalau ngomongin politik, perempan dll, pasti rame.. wwkwkwkw
Balasan post raisafabiano
Quote:


Nah ini baru respek ane.. betul banget non Raisa emoticon-Smilie
Balasan post ZenMan1
Quote:


wkwkwkwkw... belum tentu boss...
Global warming beneran terjadi guys... masa kalian gak bisa rasakan siiih...
Balasan post njing.kirik
Quote:


Paling gak suka lah kalau yang begini contohnya.. merendahkan perempuan tauu!!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di