alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b139510d29573661f6869/meski-terpisah-jarak-ini-5-tips-biar-persahabatanmu-tetap-awet

Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet

Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet

Membina hubungan persahabatan yang langgeng itu memang gampang-gampang susah. Apalagi jika sudah terpisah jarak, bisa-bisa sahabat yang dulunya dekat dengan kamu, lambat laun menjauh.

Mungkin dulu kamu membina persahabatan dengan beberapa temanmu di kampus. Namun setelah lulus, teman-temanmu punya jalan hidup masing-masing untuk meraih impian mereka. Ada yang menikah, bekerja di luar kota, atau menyambung pendidikan tinggi lagi seperti ke luar negeri.

Penyebab hubungan persahabatan merenggang tak lain karena perkara komunikasi. Apalagi jika sudah terpisah oleh jarak. Kesibukan masing-masing seolah menjadi tembok yang membuat hubungan kalian tak lagi seakrab dulu.

Biarpun jarak memisahkan, tetap ada solusi kok untuk merekatkan hubungan persahabatanmu biar terus awet. Berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu lakukan.


1. Buat wadah komunikasi seperti grup chat WhatsApp, biar kalian bisa saling bertukar kabar terus
Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet
Kecanggihan teknologi hari ini telah membuat segala hal menjadi mudah. Salah satunya dengna kehadiran banyaknya aplikasi ponsel pintar (smartphone) yang hampir semua orang menggunakannya.

Ya, dialah WhatsApp. Aplikasi ini sangat membantu mendekatkan yang jauh. Kamu bisa membuat grup WhatsApp dan undang sahabat-sahabatmu untuk menjadi anggota di dalamnya.

Kehadiran grup WhatsApp cukup membantu untuk mengobati kerinduan pada sahabatmu. Apalagi saat ini ponsel selalu menjadi benda yang gak pernah jauh dari pemiliknya. Jadi gak heran, kalau banyak orang terbiasa untuk mengecek notifikasi di ponselnya. Kamu dan sahabat jadi bisa saling tukar kabar dan berbagi kisah kehidupan di sana.


2. Biar lebih visual, coba sesekali telepon sahabatmu lewat video call
Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet
Ini juga bisa kamu coba untuk menyapa sahabatmu yang jauh di mata. Cari sinyal ponsel terbaik agar saat melakukan panggilan video gambarnya lebih jernih dan kualitasnya bagus. Terkadang saat melakukan panggilan video, kamu seolah-olah tengah berada di dekat sahabatmu. Rindumu pada sahabat pun jadi terobati.


3. Ingat hari jadinya dan berikan doa terbaikmu
Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet
Semakin seseorang dewasa, hari ulang tahun menjadi momen refleksi diri. Artinya usia terus berkurang dan raga kian menua. Kamu pasti masih ingat hari kelahiran sahabatmu kan?

Jika hari jadinya tiba, kamu bisa memberikan banyak doa untuk sahabatmu. Kamu bisa mengucapkan doa pada sahabatmu baik lewat chatting, menelepon langsung, atau lewat panggilan video. Doakan yang terbaik agar Tuhan memberikan keberkahan di usianya yang terus berkurang. Yakinlah, sahabatmu akan menghargai perhatianmu tersebut.

Jika kamu memiliki kelebihan rezeki, kamu bisa mengirimkan paket entah itu berupa hadiah kecil untuk sahabatmu. Tidak perlu mewah, yang penting hadiah yang kamu berikan tulus dari hati dan bermanfaat untuk sahabatmu.


4. Jangan lupa kunjungi sahabatmu jika kamu berada di area tempatnya tinggal
Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet
Kamu mungkin punya sahabat yang tempat tinggalnya tak lagi seperti dulu saat kuliah yang cuma bersebelahan kamar. Kini sahabatmu tinggal jauh dan berbeda provinsi denganmu. Misalnya kamu tinggal di Medan, sementara sahabatmu kini ada di Jakarta bersama suami dan anak-anaknya. 

Untuk itu, jangan lupa berkunjung jika kamu sedang berada di Jakarta untuk sebuah agenda tertentu. Usahakan kamu punya waktu luang untuk bisa menjumpainya. Tentu hal ini sangat berarti bagi sahabatmu. Kalian bisa nostalgia sejenak.


5. Bantu sahabatmu semampu yang kamu bisa
Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet
Setiap manusia pasti membutuhkan satu sama lain. Demikian juga antara kamu dan sahabatmu. Tentu sudah banyak suka duka selama kalian bersama yang kerap dihadapi. Entah itu masa-masa bahagia hingga masa sulit. Jangan pernah sungkan untuk membantu sahabatmu dengan tulus.

Jika sahabatmu memerlukan bantuanmu, jangan ragu mengulurkan tangan. Kamu bisa membantu semampu yang kamu bisa. Misalnya, jika sahabatmu ditimpa musibah, jangan lupa untuk membantunya. Setiap orang tidak tahu kapan musibah datang menghampiri.

Ingatlah, memudahkan suatu kesulitan yang dihadapi orang lain merupakan hal yang mulia dalam hidup ini. Seperti kutipan sederhana yang menawan dari penulis Helvy Tiana Rosa, “Sebab, apa pun itu, bukankah hidup adalah untuk bergandeng tangan di jalan kebaikan dan membuat Allah tersenyum?”

Semoga dengan tips ini bisa membuat  hubunganmu dengan sahabat selalu terjalin dengan baik. Kini, terpaut jarak dengan sahabatmu bukan berarti menguburkan hubungan kalian ya. 


Sumber : https://www.idntimes.com/life/relati...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet 5 Makna Persahabatan yang Kalian Harus Tahu

- Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet 5 Alasan Orang Blak-blakan Bisa Jadi Teman Baik, Gak Akan Menyesal!

- Meski Terpisah Jarak, Ini 5 Tips Biar Persahabatanmu Tetap Awet Temanmu Sering Menunjukkan 5 Sikap Ini? Berarti Dia Layak Jadi Sahabat

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di