alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c88bc01337f937b9e071c9a/5-cara-efektif-mengatasi-kecanduanmu-terhadap-media-sosial

5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial

5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial

Penggunaan media sosial saat ini sudah seperti kebutuhan pokok bagi para millennials, sehari saja tidak log in ke media sosial rasanya kita sudah sangat ketinggalan berita alias kudet (kurang update).

Disadari atau tidak, hal ini sering membuat millenials sulit fokus dan memicu timbulnya rasa takut dan kecemasan berlebihan atau biasa disebut dengan FOMO (Fear of Missing Out), dan tentu saja hal ini sangat tidak sehat kalau sampai terus-menerus dirasakan karena bisa-bisa berujung depresi loh, wah ngeri ya!

Jadi, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi kecanduan medsos yang kamu alami? Berikut 5 cara efektif mengatasi kecanduanmu pada medsos, cekidooot!


1. Jauhkan smartphone dari jangkauanmu!
5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial
Sekarang, coba kamu ingat-ingat kembali hal apa yang selalu kamu lakukan pada saat beranjak tidur dan setelah bangun tidur? Apakah kamu cenderung melakukan hal yang berfaedah atau justru langsung mengecek handphone dan scrolling medsos berjam-jam?

Memang tidak ada salahnya jika harus mengecek ribuan notifikasi di handphone yang belum sempat terbaca olehmu, karena mungkin di antara notifikasi tersebut banyak hal penting yang harus kamu kerjakan. Namun, sebisa mungkin kontrol dirimu untuk tidak melakukan hal tersebut di waktu-waktu tertentu, misalnya ketika sedang bersama keluarga atau saat kamu bangun tidur di pagi hari. 

Pagimu adalah golden time, yaitu waktu yang sangat baik untuk menjadi produktif, saat kamu menggunakan golden time tersebut untuk melakukan hal yang tidak berfaedah seperti scrolling timeline medsos dengan waktu yang tak menentu saat itu pula kamu akan kehilangan golden time-mu seharian!

Bayangkan jika kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk hal-hal yang lebih bermanfaat untuk masa depanmu, seperti menulis buku, belajar, atau mengerjakan hal lainnya yang harus kamu dituntaskan. Bukankah hidupmu akan jauh lebih bermakna?


2. Unduh aplikasi yang bisa mengukur kecanduanmu terhadap HP-mu sendiri
5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial
Seseorang yang mengalami kecanduan medsos pada dasarnya adalah orang yang sulit untuk mengatur waktu dan energinya. Biasanya, salah satu faktornya karena ia tidak memiliki target yang jelas untuk waktu bermedsosnya, sehingga ia tidak tahu berapa lama ia telah mengabiskan waktunya berselancar di dunia maya dalam sehari. Hal inilah yang mengakibatkan seringnya kita gagal fokus.

Jika kamu merasakan hal tersebut, itu tandanya kamu wajib untuk mengunduh aplikasi yang dapat mengukur level kecanduanmu pada smartphone-mu. Yang menarik dari aplikasi-aplikasi tersebut, kamu dapat mengatur target berapa jam dalam sehari kamu mau berkutat dengan handphone-mu. Dari sana, kamu akan mendapatkan report yang dapat membantu untuk menganalisa kecanduanmu sudah sampai di level mana, sehingga kamu lebih mudah untuk melakukan kontrol diri dalam bermain media sosial agar tidak berlebihan.


3. Terkadang jika kamu merasa sudah melewati batas waktu yang wajar dalam bermedia sosial gak ada salahnya untuk mencoba diet atau puasa medsos sejenak
5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial
Bukan cuma badan aja yang bisa didietin, medsos juga bisa loh!

Mungkin kamu kini sedang merasakan FOMO (Fear of Missing Out), takut ketinggalan berita-berita yang sedang viral, takut kehilangan informasi terkini mengenai kabar teman-teman di media sosial, seperti tentang pernikahan teman, wisuda, melahirkan, sampai teman yang suka pamer kesuksesan pun kamu gak mau ketinggalan kabarnya.

Sayangnya, hal tersebut bukannya malah memotivasimu, tapi justru sering membuatmu merasa terpuruk karena kamu terus membandingkan hidupmu dengan orang lain di dunia maya, padahal kenyataannya belum tentu mereka sebahagia itu di kehidupan nyata.

FOMO yang kamu rasakan mungkin akan semakin menjadi-jadi ketika di awal masa diet medsos ini, namun setelah beberapa hari, beberapa bulan, dan seterusnya, kamu akan merasa jauh lebih bersyukur dan bahagia dengan kehidupanmu sendiri!


4. Unfollow akun yang tidak berfaedah
5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial
Kamu mungkin gak bisa hilang total begitu saja dari medsos, butuh proses untuk itu. Namun cobalah untuk kurangi penggunaannya dan perhatikan siapa saja orang yang kamu follow. "You Are What You Eat" istilah tersebut mungkin gak asing lagi di telinga kita, ternyata hal ini juga berlaku di medsos, "You Are What You Follow", siapa saja yang kamu follow di medsos mencerminkan bagaimana karaktermu yang sebenarnya.

Kurang-kurangi untuk melihat konten dan komentar negatif di medsos, karena energimu bisa-bisa habis terkuras hanya untuk hal yang tidak berhubungan sama sekali dengan hidupmu jika kamu hanya fokus pada hal-hal negatif yang tersebar di sana.

Suka tidak suka konten negatif akan selalu ada, jadi kamu yang harus pintar-pintar mengelola energimu agar tidak terpengaruh dengan hal tersebut.

So, jangan pernah ragu ya untuk meng-unfollow akun-akun yang memiliki konten kurang berfaedah ya!


5. Ganti kegiatan bermedsos dengan membaca buku
5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial
Peranan medsos memang sangat besar saat ini, kita selalu merasa bisa mendapatkan ilmu atau pengetahuan apapun dari sana. Berbanding lurus dengan ilmu, hoax pun ikut merajalela di sana. Untuk itu kamu tetap perlu membaca berbagai hal dari sumber yang terpercaya seperti dari buku. 

Mungkin membaca buku akan terasa lebih membosankan dibandingkan bermain medsos, akan tetapi manfaat yang diperoleh akan jauh lebih besar, karena fokus kita tidak mudah teralihkan dengan isu lain yang lebih menarik. Maka cepat-cepatlah ambil bukumu jika hasrat ingin membuka medsos mulai hadir kembali ya genks!

So, millenials! yuk langsung praktekan 5 cara tadi demi hidup yang lebih produktif, selamat mencoba ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/educat...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial 7 Alasan Kamu Harus Berhenti Mengeluh di Sosial Media

- 5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial Demi Kebaikan, Stop Posting 8 Hal Berikut di Media Sosial

- 5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial Merasa Tertekan, 5 Artis Ini Putuskan Break Dari Media Sosial

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Nice share infonya gan..
Pertamax.. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
CoupleMaster dan rheirhei memberi reputasi


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di