CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Ingin Agar Kamera Agan Panjang Umur? Simak Tips Ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c876281af7e932631104c9f/ingin-agar-kamera-agan-panjang-umur-simak-tips-ini

Ingin Agar Kamera Agan Panjang Umur? Simak Tips Ini!

Ingin Agar Kamera Agan Panjang Umur? Simak Tips Ini!

Bagi seorang fotografer dan videografer, kamera merupakan sebagian jiwanya. Karena kamera merupakan sumber semangat bahkan nafas kehidupan dari kedua profesi tersebut. Agan juga merupakan salah satu diantaranya kah?

Untuk menjaga sebagian jiwa agar tetap dalam kondisi yang prima, tentu Agan harus tahu gimana caranya agar kamera tetap panjang umur meskipun sering dipakai. Nggak perlu ribet Gan, coba simak beberapa cara di bawah ini. Cekidot!

Ingin Agar Kamera Agan Panjang Umur? Simak Tips Ini!

Simpan dengan baik

Saat sedang nggak dipakai, sebagiknya Agan menyimpan kamera di tempat yang aman dan kering. Akan lebih baik jika Agan memiliki drybox sebagai tempat penyimpanan khusus untuk kamera. Akan tetapi jika Agan belum memiliku budget yang cukup untuk membelinya, Agan bisa berkreasi membuat DIY drybox dengan wadah penyimpanan makanan yang kedap udara ditambahkan dengan silica gel di dalamnya.

Ingin Agar Kamera Agan Panjang Umur? Simak Tips Ini!

Hindari debu, air, dan residu lainnya

Sudah bukan rahasia lagi Gan jika debu, air, bahkan pasir dapat menyebabkan kerusakan di kamera. Jika kamera Agan terlanjur terkena, sebaiknya cepat-cepat dibersihkan dengan alat khusus seperti blower, tisu lensa, serta kain micro fiber. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan perlahan agar tidak merusak permukaan lensa ya Gan.

Ingin Agar Kamera Agan Panjang Umur? Simak Tips Ini!

Gunakan tas yang tepat

Saat ini udah banyak banget dan gampang banget buat mencari tas kamera yang tepat di pasaran. Tentu bukan hal yang sulit untuk mencarinya. Usahakan untuk mencari tas kamera yang anti air dan memiliki jas hujan ya Gan, serta busa yang cukup untuk memisahkan kamera dan aksesorisnya dari benturan dan gesekan satu sama lain. Yang paling penting sih pastikan Agan nyaman dengan apa yang telah Agan pilih.

Ingin Agar Kamera Agan Panjang Umur? Simak Tips Ini!

Cabut baterai yang telah terisi penuh

Agan pasti udah pernah mendengar kabar tentang baterai yang kondisinya udah nggak lagi maksimal. Penyebab utamanya adalah karena membiarkan baterai terisi semalaman padahal baterai sudah dalam kondisi penuh. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan karena seharusnya kamera Agan bisa tetap hidup hingga seribu jepretan malah berkurang menjadi 600 jepretan saja.

Nggak susah kan Gan untuk memastikan kamera tetap dalam kondisi yang sehat? Dengan memperhatikan hal ini aja, dijamin kamera Agan bakalan memiliki umur yang panjang kok!

Spoiler for sumber:

emoticon-Motret

profile-picture
profile-picture
profile-picture
need.holiday dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh msa0404
Halaman 1 dari 3
btw jugaa kalo kamera lama gak dipake kemudian dalam kondisi batre gak dicabut bikin vignet dilayar yah? emoticon-Bingung
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post abibun2
Quote:


vignet dilayar tu kyk gmn gan
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
Nice inpho gan..
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
musti di rawat yg bener
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


itu mah lcd rusak. pinggiran ada item2 gitu
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
yg penting lensa kamera yg didepan jgn sampe kena jari kang,karna jari mengandung minyak. makannya kamera depan dikasih tutup. biar ga krna sentuh jari apa lagi di jilat bikin korosi
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
Thx info nya gan. Nanya dong gan, kalau sudah kedap tp masih jamuran, kira2 kenapa ya?
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
Quote:


udara lembab,
mending taruh di buffet kaca kasih lampu bolam 5 watt
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
Quote:


beliin silicagel yg elektrik sama hygrometer aja gan. hygrometer utk lihat kelembaban. kalau udah 30-40% keluarin silica gelnya. kalau udah naik jd 60% baru masukin lg
Lihat 1 balasan
Balasan post anak manis
Quote:


Huihh canggih inpoh nya gan, ane lihat2 hygrometernya. Tp klo udah jamuran, bersihin dalemannya gmn? Harus dibawa ke pabrik nya?
Quote:


ke pasar baru aja gan. ke pabriknya mah jauh.... ntar mahalan ongkosnya... emoticon-Hammer2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Nice info gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
oke deh pak
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
Lagi cari referensi kamera, semoga tahun ini bisa dapet kamera aamiin...
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
dulu pengen py kamera kaya gini, pengen belajar emoticon-Motret
profile-picture
jmontefiore memberi reputasi
disimpen dilemari aja pasti awet ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
jmontefiore dan junleon memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di