alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c823ae95cf6c410806385d2/yamaha-sr400-motor-old-school-yamaha

Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha

Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


AGG- Motor retro akan selalu mempunyai tempat khusus dihati para pecinta otomotif di dunia. Terbukti belakangan ini banyak sekali motor retro yang dirombak kembali oleh para produsen otomotif untuk memuaskan keinginan pecinta otomotif di dunia.

Sebut saja salah satunya Yamaha, produsen otomotif asal Jepang ini kembali meluncurkan satu motor retronya yang bernama Yamaha SR400. Sekedar informasi tambahan, motor retro ini sudah pernah diluncurkan pada tahun 1978. 

Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


Kali ini Yamaha menghadirkan SR400 dengan membawa sejumlah perubahan namun tidak dengan desainnya, karena akan menghilangkan kesan retro pastinya. 

Meski kapasitas mesinnya yang terbilang lumayan besar, namun nyatanya motor ini masih menggunakan mesin 1 silinder. Tapi meskipun hanya dengan 1 silinder, pihak Yamaha memastikan bahwa performa dari SR400 tetap powerfull. 

Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


Berbagai teknologi terkini pun sudah terpasang sehingga membuat motor ini menjadi lebih modern dan inovatif. Tampilan desain yang begitu unik dengan kesan garang dan menawan yang dibawa motor ini berhasil membuat pecinta otomotif dunia terkagum-kagum. 
 
Yamaha SR400 sendiri sudah dilengkapi dengan teknologi Fuel Injection yang memang sudah menjadi standar wajib untuk motor masa kini. Selain dinilai dapat menghemat bahan bakar, tentunya juga ramah lingkungan, mengingat jika motor retro dulu masih belum ada yang dilengkapi dengan teknologi seperti ini.
 
Berikut adalah spesifikasi dari Yamaha SR400 : 
 
SPESIFIKASI YAMAHA SR400

 

MESIN

  • Tipe Mesin :  Air-cooled four-stroke single, SOHC; 2 valves
  • Kapasitas : 399cc
  • Diameter x Langkah : 87.0mm x 62.7mm
  • Rasio Kompresi : 8.5 : 1
  • Pengapian : TCI : Transistor Controlled Ignition
  • Sistem Bahan Bakar : FI (Fuel Injection)
  • Starter : Kick Starter
  • Transmisi : 5-Speed; Multi-plate wet clutch

DIMENSI

  • Panjang : 2.085mm
  • Lebar : 750mm
  • Tinggi : 1.095mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 785mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2.400mm
  • Jarak Terendah : 130mm
  • Berat : 174kg
  • Kapasitas Tangki : 12L

RANGKA & KAKI-KAKI

  • Suspensi Depan : Telescopic fork; 5.9-in travel
  • Suspensi Belakang : Dual Shock Swingarm; 4.1-in travel
  • Rem Depan : Hydraulic Single DISC Brake, 298mm
  • Rem Belakang : 150mm drum
  • Ban Depan : 90/100-18M/C 54S
  • Ban Belakang : 110/90-18/C 61S


Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha

 

Dengan tidak mengubah desain dari motor ini nyatanya semakin membuat motor ini menjadi gagah dan menawan. Tampak dari depan terpasang headlamp berbentuk bundar khas retro dengan spakbor berwarna chrome yang terpasang pada bagian depan serta belakang motor. 


Sayangnya lampu Yamaha SR400 masih belum menggunakan teknologi LED, namun mungkin alasan Yamaha tidak menyematkannya adalah karena ingin kesan retro yang nyata, dan lampu headlmap yang dipasang sudah cukup untuk memberikan penerangan maksimal.


Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


Dilihat dari samping tampak desain tangki bahan bakar yang cukup besar dengan mampu menampung bahan bakar hingga 12 liter. Jok yang dipakai pada Yamaha SR400 ini mengusung jok simpel yang dibuat memanjang mengikuti desain dari tangki bahan bakarnya. 


Tampak juga susunan blok mesin berlapis chrome yang rapi terhias dibawah tangki bahan bakar. Pada bagian belakang tidak ada perubahan yang signifikan dari versi terdahulu dengan masih menggunakan stoplamp klasik.


Ukuran dari Yamaha SR400 adalah dengan panjang 2.085mm, lebar 750mm dan tinggi 1.095mm. Berat dari motor ini sendiri mencapai 174kg, dengan jarak sumbu antar roda sebesar 2.400mm. Posisi riding motor ini dipastikan akan nyaman dengan tinggi tempat duduk yang dibuat mencapai 785mm. 


Layaknya motor retro yang lainnya jarak terendah ke tanah dari motor ini sebesar 130mm yang membuatnya dapat melaju dengan leluasa di jalanan berlobang. Untuk menyalakan motor ini masih menggunakan teknik jadul yaitu dengan Kick Starter yang makin membuat kesan retronya semakin kuat.


Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


Speedometer pada motor ini masih sama dengan versi dahulu yaitu menggunakan dua buah panel indikator yang menawan dan informatif. Pada panel bagian kiri akan menampilkan informasi seputar Jarak Keseluruhan, Jarak Tempuh, Kecepatan Km/jam/Mph dan indikator bahan bakar. Pada panel bagian kanan akan memberikan informasi berupa Kecepatan x1000r/min, Indikator lampu netral, Lampu jarak jauh dan Lampu sein. 


Pada bagian suspensi dapat terlihat Yamaha menggunakan suspensi yang kokoh untuk menunjang berat dari motor ini. Dibagian depan terpasang suspensi handal berupa Telescopic forks, 150mm travel dan bagian belakang juga terpasang suspensi yang tak kalah handal yaitu Swingarm, dual shocks,105mm travel. Kedua suspensi ini dipastikan kokoh dan mampu meredam getaran yang terjadi pada motor ini.


Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


Bagian ban Yamaha SR400 mengandalkan ban Tubeless dengan ukuran 90/100-18M/C 54S pada bagian depan dan 110/90-18M/C 61S pada bagian belakang. Untuk faktor keselamatan motor ini menggunakan rem Hydraulic single disc,298mm dibagian depan dan rem tipe Drum 150mm pada bagian belakang.


Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


Salah satu bagian dari motor yang bertugas menggerakkan motor adalah mesin, nah pada bagian mesin dari Yamaha SR400 ini mengandalkan mesin bertipe SOHC 4 langkah 2 katup dan berpendingin cairan serta memiliki kapasitas sebesar 399cc. 


Mesin tersebut dilengkapi dengan sistem transmisi Constant Mesh 5 perpecepatan yang membuat tenganya besar. Tak lupa juga dengan adanya teknologi Fuel Injection membuat motor ini menjadi hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 


Untuk harga dari Yamaha SR400 sendiri karena masih belum dihadirkan di Indonesia maka, AGG mengambil harga dari pasar luar negri yaitu sekitar US$5.990 atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 68 jutaan. Dan tak menutup kemungkinan juga nantinya akan ada perbedaan harga ketika masuk ke pasaran Indonesia. 


Yamaha SR400, Motor Old School Yamaha


Para pecinta otomotif Indonesia pastinya akan sangat menanti motor ini masuk ke pasaran mengingat bahwa motor retro klasik banyak peminatnya di Tanah Air, baik itu digunakan atau dipajang menjadi koleksi. 


Sekian Review dari Yamaha SR400, Jangan malu untuk berkomentar di kolom COMMENTdan SHARE artikel ini agar banyak orang yang mendapatkan informasi ini. 

Terima Kasih


Spoiler for Test Drive:


emoticon-Recommended Selleremoticon-Jempolemoticon-Recommended Selleremoticon-Jempol

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mileea di bleyer iki METENG emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di