CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
Cara Refund Tiket Pesawat di Airy Ternyata Gampang Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7e348b7414f5776d3d5fff/cara-refund-tiket-pesawat-di-airy-ternyata-gampang-gan

Cara Refund Tiket Pesawat di Airy Ternyata Gampang Gan

Halo gan, kali ini ane akan cerita pengalaman refund tiket pesawat di Airy emoticon-Malu (S)


Pada pernah pakai Airy gak? Ane mau cerita sedikit tentang pengalaman ane pesan tiket pesawat di aplikasi satu ini, plus “kesialan” ane sampai akhirnya harus melakukan refund, dibantuin sama Airy sampai selesai dan uang ane kembali ke kantong ane dengan selamat.


Jadi ceritanya, ane berencana mudik ke Surabaya waktu pertengahan bulan Desember kemarin. Kangen sama orang tua, sekaligus mau merayakan liburan akhir tahun bersama. Ya, itung-itung refreshing juga lah dari kerjaan kantor dan hiruk pikuknya kota Jakarta. Karena agak parno high season, jadi ane beli tiketnya dari jauh-jauh hari; sekitar awal bulan November. Tentunya, pakai aplikasi travel kesayangan ane: Airy.


Tapi sayang, rencana hanya tinggal rencana. Berhubung ane kebetulan bekerja di bidang finance, jadi akhir tahun wajib banget ada di kantor untuk closing; alias gak dapet izin cuti emoticon-Berduka (S). Ya udah, mau gimana lagi? Akhirnya dengan sedikit gondok, ane terpaksa melakukan refund. Telepon ke Airy, ternyata prosedurnya gampang banget. Tim Customer Care Airy bener2 bantuin nyelesaiin proses refund tersebut sampai selesai. Gini nih detail caranya:


1. Siapkan dokumentasi dan data diri penumpang dengan lengkap.
Seluiruh proses refund Airy harus dilakukan dengan menghubungi Customer Care. Namun sebelum itu, sebaiknya agan menyiapkan beberapa dokumen dan data diri, seperti e-tiket, KTP, dan data rekening bank. Nantinya, Customer Care Airy akan menanyakan beberapa data sebagai berikut:
  • Booking ID
  • Rute yang dibatalkan
  • Tanggal penerbangan yang dibatalkan
  • Nama penumpang yang dibatalkan
  • Alasan Refund (dapat berupa alasan pribadi, kehamilan, sakit, bencana alam, kematian, penggantian jadwal atau pembatalan oleh maskapai, double booking, kesalahan informasi booking, dan sebagainya).

Selain informasi di atas, agan juga perlu menyiapkan buku tabungan sebagai rekening tujuan refund nanti. Nah, kalau udah siap semua, agan bisa langsung hubungi Customer Care Airy!


2. Hubungi Customer Care Airy.
Setelah agan melengkapi semua dokumen yang ane sebutin di atas, langsung deh telepon Customer Care Airy di 0804 111 2479. Jangan khawatir, Customer Care Airy ini available 24 jam kok! Jadi jam berapa pun agan telepon, pasti bisa dilayani. Oh ya, setelah tersambung, jangan lupa tekan ekstensi “0” untuk bicara langsung dengan operator. Proses refund agan akan dibantu oleh operator tersebut.


3. Lakukan proses konfirmasi data dengan sabar.
Untuk melakukan refund, Airy bakal butuh mengkonfirmasi semua data diri agan. Jadi pastikan informasi yang agan berikan benar, mulai dari nama penumpang, nama pemesan, booking ID, cabang dan nomor rekening bank, dan sebagainya. Proses konfirmasi ini perlu dilakukan agar data-data pribadi yang bersifat sensitif tetap aman dan uang refund dapat kembali ke orang yang tepat.


4. Tunggu refund masuk ke dalam rekening.
Perlu agan ingat, bahwa proses refund ini gak instan. Uang agan akan otomatis masuk ke dalam rekening bank kira-kira 30 hari sejak tanggal permohonan refund. Sedangkan untuk agan yang menggunakan kartu kredit, agan harus menunggu kira-kira 60 hari dari tanggal permohonan refund.


Selain 4 langkah di atas, ada beberapa informasi yang perlu diperhatikan dalam pengajuan refund:
1. Jumlah dana yang agan terima akan disesuaikan dengan ketentuan masing-masing maskapai. Airy juga mengenakan biaya pembatalan sebesar Rp30.000 per penumpang per rute. Untuk pengembalian dana ke rekening selain Bank Mandiri juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500,- sesuai ketentuan bank. Untuk detail ketentuan refund dari maskapai, bisa cek di sini.
2. Agan ga bisa membatalkan proses refund. Jika sudah selesai melakukan proses permohonan refund dan sudah disetujui, tapi ternyata agan berubah pikiran, ane saranin sih pesen tiket pesawat baru. Hehehehe emoticon-Big Grin
3. Tiket pesawat yang sudah melalui proses check-in gak bisa di-refund. Ya kali. Hahaha.


Itu tadi cara pengajuan refund tiket pesawat di Airy. Untungnya, setelah sabar melalui seluruh proses yang ane sebut di atas, limit kartu kredit ane balik dan bisa ane pakai untuk mudik di tahun baru. Yang bikin ane puas adalah Customer Care-nya Airy baik-baik banget dan sangat helpful. Jadi gak perlu panik, uang agan bakal balik kok!


Sekian pengalaman ane gan, ga mengecewakan deh pokoknya refund tiket di Airy emoticon-Malu


profile-picture
tata604 memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di