alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7e24b2365c4f287e795a90/sensasi-seru-memakai-kamera-analog-cobain-yuk

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Di era yang memiliki teknologi yang semakin canggih ini, nggak bisa dipungkiri jika segala sesuatu dituntut untuk serba cepat dan serba instant. Termasuk dalam dunia fotografi. Teknologi yang canggih dan kebutuhan pasar membuat kamera digital semakin laris manis di pasaran. Meski begitu, kamera analog pun tetap memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar fotografi. 

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Agan yang sedang mencoba-coba dunia fotografi, penah nggak sih merasa penasaran untuk memotret menggunakan dengan kamera analog? Menggunakan kamera analog ini jelas berbeda dengan kamera digital ya Gan. Dengan kamera analog, untuk mengintip objek pun harus menggunakan viewfinder, nggak ada fitur auto, bahkan memerlukan proses yang cukup panjang untuk melihat hasil jepretan.

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Untuk membuat foto dengan kamera analog, hal pertama yang harus disiapkan adalah kamera analog lengkap dengan film yang sudah Agan isi. Agan harus paham betul cara untuk memasang film dengan benar. Harus berhati-hati ya Gan, karena roll film ini sangat sensitif dan jika salah maka film tidak bisa digunakan karena telah “terbakar”.

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Untuk memulai memotret dengan kamera analog, hal yang harus diperhatikan adalah pengaturannya. Menggunakan kamera analog berarti Agan harus berani meninggalkan mode auto pada lensa ataupun kamera. Nggak ada lagi yang namanya mengatur ISO, shutter speed, diafragma, bahkan mengatur ketajaman lensa dengan mode auto fix. Semuanya tergantung dengan feeling dan ilmu fotografi yang Agan miliki. Wow, terlihat seru dan menantang banget ya Gan!

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Dalam sebuah roll film Agan hanya memiliki 36 kesempatan untuk menghasilkan gambar. Jadi nggak bisa asal jepret sana-sini ya Gan kalau mau menghemat film. Untuk memproses hasilnya pun harus dengan hati-hati untuk melepas film dari kamera secara aman. Jika sedikit saja terkena cahaya maka bisa merusak hasil jepretan Agan.

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Walaupun saat ini kamera digital telah merajalela, namun masih ada kok studio foto yang bisa menangani pengembangan film hingga proses cetaknya. Untuk mencetak hasil jepretan, sebaiknya Agan membawanya ke studio foto jika nggak mau ribet. Sebenarnya Agan bisa mencuci sendiri tapi hal ini tentu membutuhkan banyak pengalaman dan biaya yang nggak sedikit untuk membeli perlengkapan dan bahan kimianya. Apalagi untuk memproses foto ini Agan memerlukan ruangan yang gelap dan kedap cahaya dan hanya diterangi oleh cahaya merah saja. Udah kayak film horor aja sih. Daripada ribet kan, mending Agan membawanya ke studio foto saja.

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Setelah roll film dicuci Agan akan mendapatkan hasil negatifnya. Dari roll negatif ini Agan bisa mulai mencetak hasil jepretan dalam sebuah foto yang bisa dinikmati. Bahkan kini Agan bisa mendapatkan scan negatif dalam bentuk digital. Lumayan banget kan bisa menghemat proses pencetakan?

Sensasi Seru Memakai Kamera Analog. Cobain yuk!

Jika dibandingkan dengan menggunakan kamera digital, membuat foto dengan kamera analog mungkin terkesan butuh proses yang panjang, detail, dan membutuhkan biaya yang nggak sedikit ya Gan. Tapi ada sensasi seru saat mencoba kamera analog yang nggak bakalan didapatkan dari kamera digital, yaitu adanya element of surprise  yang bakal membuat Agan deg-degan menunggu hasil jepretannya. Mantap kan!

Jadi, udah siap nyoba kamera analog Gan?

emoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motret

profile-picture
profile-picture
kageyama09 dan dhinyzfrn memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
ane lagi coba maen kamera analog nih gara gara liat channel youtube Andry Dilindra

btw ane mau jual lensa Tamron bekas, siapa tau ada yg minat bisa cek lapak FJB ane Link FJB
Diubah oleh fauziiaraxii
ane masih pake ini gaaan. dulu bokap punya canon pellix sama pentax k1000 gitu pas jaman ane msh kecil. tp karna sodara laki2 di rumah ga ada yg suka fotografi, jd ane pake dari dulu. cuma ane tinggal di kota kecil, ga ada lg skrg studio foto yg bisa devscan disini. mesti ke sby dulu, atau kirim ke jakarta bandung
kamera film tetap di hati emoticon-2 Jempol
itu hasil setelah dicetak bisa berwarna gitu ya
Ane masih punya gan, salah satunya lomo
Scannya sih yang agak males
Tempatnya jauh dr rumah ane soalnya
kamera analog dalam operasiinnya juga kudu pake baterai ngga ya gan?
dulu soalnya ortu ane punya kamera kodak seri apa lupa, tapi mesti pake batre biar bisa dioperasiin... emoticon-Ngacir
Ane masih ada kamera analog peninggalan ayah, tinggal beli roll filmnya tuh .... Tapi di era modern gini udah jarang tempat cuci foto di daerah ane _________emoticon-Ngacir
punya saiya dah kagag ketahuan rimbanya bray
gag tau siapa yg ngambil
vintage banget dah emoticon-Motret
masih pake nikon fm2 cuma udah ga ada temen hunting lagi nih haha
Pro banget nih yang biasa pake analog emoticon-Belo
Jadi inget waktu kecil jalan2 ke pelabuhan ratu, pinjem kamera tetangga, yg pegang kaka tertua gw, pas dicuci, tukang cuci poto nya bilang filmnya kebakar, krn kakak gw nutup bagian belakang kamera gak pas "klik", cahaya masih bisa masuk, akhirnya kita cuman bisa liat negatif film yg item semua. emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwk
element of surprise nya kaya penampakan orb ya gan
Jadi inget nikon fm 2 jadul yang terbakar tahun 2006 dulu... emoticon-Sorry
mau sih nyobain gan. tapi gak ada cameranya. emoticon-sad
pernah kepikiran buat maen kamera analog juga, tapi berhubung gw masih mahasiswa jadi keknya buat maen analog tuh cukup nguras isi dompet emoticon-Malu emoticon-Malu
pengen nyoba ane.. dslr udah bosen wkwk
waduh pernah punya ane ganemoticon-Big Grin
wah patut utk dicoba wakwkwkwkwkwk
Jadi inger hal yang pengen ane lupain wkwkwk
keren untuk effortnya yang masih mau pake kamera analogemoticon-2 Jempol
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di