CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Bayi Bermain dengan Hewan? Berisiko atau Bermanfaat Gan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c75287982d49542c24af2e0/bayi-bermain-dengan-hewan-berisiko-atau-bermanfaat-gan

Bayi Bermain dengan Hewan? Berisiko atau Bermanfaat Gan?

Bayi Bermain dengan Hewan? Berisiko atau Bermanfaat Gan?

Halo Agan Sista!

Siapa disini yang punya ketertarikan sama hewan?

Kalo ane termasuk orang yang suka banget sama hewan, GanSis. Ane pernah melihara beberapa hewan seperti ikan, kura-kura, hamster, kucing, dan burung hantu. Menurut ane, setiap hewan itu punya keunikan dan daya tarik tersendiri GanSis. Setiap ane melihat hewan lucu, pasti bawaannya pengen melihara deh. Contohnya nih, baru aja kemarin kakak ane ngajakin untuk melihara sugar glider. Tapi, untuk memutuskan memelihara hewan itu banyak hal yang harus dipikirin GanSis. Seperti, mencari tau cara merawat yang baik, biaya hidup untuk hewan tersebut, makanan, tempat tinggal, dan masih banyak hal lainnya yang harus dipikirkan.

Bukan hanya dari sisi hewan yang dipeliharanya aja yang dipikirkan GanSis, tapi dari sisi yang memelihara juga harus dipikirkan. Misalnya jika kita memelihara hewan di dalam rumah, apakah seluruh anggota keluarga setuju untuk memelihara hewan tersebut? Siapa tau ada anggota keluarga yang alergi dengan hewan, lagi hamil, atau mungkin saja ada bayi yang tinggal disana.



Bayi?
Apa Urusannya?



Mungkin sebagian dari Agan Sista heran, apa hubungan antara bayi dan hewan peliharaan. Toh, banyak juga kok video-video tersebar tentang kedekatan dan keseruan seorang bayi lucu yang sedang asyik bermain dengan hewan peliharaannya, seperti anjing dan kucing. Tapi ternyata, ada pendapat yang mengatakan bahwa ada manfaat dan risikonya loh jika Agan Sista membiarkan anak bayi bermain dengan hewan sendirian.



Manfaat

Bayi Bermain dengan Hewan? Berisiko atau Bermanfaat Gan?

Kedekatan bayi dengan hewan peliharaan ternyata dapat memberikan manfaat loh. Selain sebagai sarana belajar mengenai kasih sayang kepada hewan, kedekatan bayi dengan hewan peliharaan juga dapat memberikan manfaat dalam memperkuat daya tahan tubuh atau imun sang bayi, GanSis. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, akan membuat sang bayi menjadi kebal dengan alergi dengan hewan yang sering dialami oleh sebagian orang.



Risiko

Bayi Bermain dengan Hewan? Berisiko atau Bermanfaat Gan?

Tapi Agan Sista juga harus hati-hati ya, karena kedekatan bayi dengan hewan juga memiliki risiko. Walaupun hewan yang peliharaan sudah jinak, tapi tidak menutup kemungkinan kalau hewan tersebut akan mengeluarkan insting aslinya melakukan hal-hal ganas yang justru akan membahayakan sang bayi. Interaksi bayi dan hewan juga tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya kontak fisik yang berlebihan seperti terkena jilatan air liur, yang ternyata air liur tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan sang bayi.



Semua hal itu pasti akan memiliki sisi positif dan negatif GanSis, seperti yang udah ane jelasin di atas mengenai manfaat dan risiko membiarkan bayi bermain dengan hewan peliharaan. Jadi menurut ane, asalkan orang tua tau batasan dan tetap berperan mengawasi dalam interksi sang bayi dan hewan peliharaan sih gamasalah kok membiarkan si kecil bermain dengan hewan.

Menurutmu gimana GanSis?



SUMBER :
Bayi Bermain dengan Hewan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Puspita1973 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane pernah baca di artikel sih nggak apa-apa misal bayi bermain dengan hewan peliharaan asal selalu ada pengawasan dari orang tua. Untuk dampak negatif pada kesehatan bayi secara keseluruhan sebenarnya sangat mudah dihindari jika kucing peliharaan di rumah dirawat dengan baik. Pastikan kucing dalam keadaan bersih, rutin diberi vaksin dan vitamin, bulu dan kukunya dirawat secara teratur, dan makan makanan hewan yang bersih. Selain itu, bayi juga harus rutin diberi imunisasi sesuai jadwal.
Berhubung ane nggak punya hewan peliharaan jadi ya anak ane nggak pernah main sama hewan gan tapi tetap ane kenalin binatang-binatang lewat gambar atau video.
profile-picture
citiciti memberi reputasi
pasti ada resikonya
nggak cuma buat bayi, buat orang dewasa main bareng hewan peliharaan juga bermanfaat
profile-picture
citiciti memberi reputasi
semua hal ada positive negativenya....... kalau memang dirasa perlu anak kita bermain bersama hewan, silakan..... asalkan kita mendampingi dan mengawasinya.... jangan lupa tentang faktor kebersihan/kesehatan hewan agar tidak menular ke anak.....
profile-picture
citiciti memberi reputasi
bener sihhh
ada manfaat ada resiko nya jugaaa
tapi kalo ane sih prefer jangan sampe bayi main sama hewan dehhhh
masih rentan bangettt soalnyaaa
boleh boleh aja main sama peliharaan asal tetep diawasin ajaaaa jangan terlalu dilepas
Quote:


kalo masih usia bayi banget ya jangan lah ya wkwkw nunggu batita dulu dah tu minimal
sebenarnya ada plus minusnya juga sih
mungkin yang bisa mengawasin ya orang tuanya sendiri kalik ya
yang penting ada pengawasan aja si gann dari orang tua dan orang sekitarr
makasih gaan infonyaa, bermanfaat banget nih buat anee
asal hewannya dirawat baik dan bersih... anak bakal aman kayanya..
diawasi aja gaes
Quote:


Asiyap gaes emoticon-Goyangemoticon-Goyang
Pernah baca jg, kalo hewan peliharaan (anjing/kucing) yg drumah gt msh gpp krn umumnya kan divaksin jg, mlah bisa merangsang otak anak ky buat motoriknya. Asal jgn sampe kena kotorannya, pasir hewannya pun dijauhin jgn di lingkungan dalem rumah
Kalau bermain dengan hean mungkin harus juga didampingi orang yang dewasa kali ya biar aman.
Ane ga bs ama binatang..gilooo....lbh ke ga mo dkt2/megang2...ada kucing di bawah meja ane lgsng menjauhh...apalagi bayi/anak ane, so pasti ane jauhin jg...😅
Diubah oleh hazelmoon


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di