CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Review Laptop : Asus Vivobook A407UA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6ac2ffaf7e9305901d5d60/review-laptop--asus-vivobook-a407ua

Review Laptop : Asus Vivobook A407UA

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane menulis thread untuk kompetisi dari Kaskus Kreator yaitu 5 Threads Challenge. Jadi tulisan ane untuk kompetisi ini akan berisi konten full original dari segi gambar gan, mengikuti aturan kompetisi.


Review Laptop : Asus Vivobook A407UA

SUMBER : DOK PRIBADI


Kali ini, ane kembali menulis review nih gan. Barang yang akan ane review hari ini adalah barang yang berjasa sekali untuk ane menulis thread thread di Kaskus. Yap, barang yang ane maksud adalah Laptop ! Kini, laptop memang menjadi kebutuhan banyak orang untuk membantu pekerjaannya. Terutama di kalangan pelajar, mahasiswa, dan orang kerja.


Di Thread ini, ane akan mereview Laptop ane sendiri. Laptop ini merupakan laptop keluaran Asus yang termasuk laptop kelas menengah. Yap, Laptop ini bernama Asus Vivobook A407UA. Laptop ini sudah ane pakai selama 4 Bulan, sejak bulan Oktober 2018. Nah, bagaimana ane bisa memilih laptop ini ?


Ane sendiri dulu hanya ingin memiliki Laptop dengan spesifikasi Intel Core i3 dan dari merek Acer / Asus / Dell. Dulu, budget ane juga hanya sekitar 4,5 Juta. Jadi dulu pilihan ane hanya tertuju kepada Acer Aspire e5 - 475, Dell Inspiron 1130, dan Asus Vivobook Max X441UV.  Namun, ketiga pilihan tersebut ane singkirkan dan ane menabung lebih lama untuk membeli Laptop ini. 


Sekilas Spesifikasi Laptop Ini


Review Laptop : Asus Vivobook A407UA

SUMBER : DOK PRIBADI


- Processor : Intel Core i3 6th Gen, 2,8 ghz

- Ram : 4GB

- HDD : 1TB

- Ukuran Layar : 14 Inch


Sekarang, ane akan memberikan beberapa alasan mengapa ane membeli laptop ini. Pertamanya, ane sendiri tidak tahu tentang laptop ini sama sekali. Lalu, seorang Youtuber Reviewer yang cukup terkenal mempublish sebuah video review laptop. Ane pun segera menontonnya karena merasa pas banget. Video itu mengulas tentang Asus A470UA. Dan saat itu ane merasa langsung mendapatkan jawaban, ini laptop paling pas buat ane.


Review Laptop : Asus Vivobook A407UA

Mulai dari designnya, meskipun berbdodi plastik laptop ini memiliki motif dan tekstur yang mirip alumunium gan jadi terlihat lebih mahal dan mewah ketimbang laptop lain dengan range harga yang sama. Masih dari hardware, laptop ini juga tipis dan ringan gan. Praktis dibawa kemana mana meskipun layarnya cukup besar. Lalu, layar monitor laptop ini juga ntaps gan. Bezel kiri kanan nya tipis jadi dapat memperluas tampilan layar.


Kini ane akan beralih ke bagian dalam nya. Karena ane adalah pelajar yang bukan gamer jadi ane tidak memerlukan laptop dengan spek lebay. Laptop ini diperkuat oleh Intel Core i3 gen 6th yang sudah pas banget buat ane, karena standar minimal laptop itu bagus adalah Intel Core i3 nya menurut ane. Ram dan Storage nya yang meskipun standar hanya 4gb untuk ram dan 1tb untuk internal storage sudah cukup buat ane. Ane sudah bisa memasukan data yang bejibun tanpa takut untuk kepenuhan.


Review Laptop : Asus Vivobook A407UA

FINGERPRINT SENSOR
SUMBER : DOK PRIBADI


Terus ada beberapa fitur dari laptop ini yang juga membuat ane semakin yakin untuk meminang nya. Faktor pertama adalah Speakernya. Speaker Laptop Asus yang disebut sonic master ini memiliki suara yang bagus, nyaring, dan cukup kencang untuk ane gan. Enak banget kalau dipake denger lagu tanpa earphone. Dan juga, laptop ini diberikan fingerprint sensor yang biasanya hanya ada di laptop ultrabook.


Review Laptop : Asus Vivobook A407UA

SPEAKER LAPTOP
SUMBER : DOK PRIBADI


Nah, tadi diatas adalah beberapa alasan mengapa ane membeli laptop ini. Dan kini, ane akan memberi tahu beberapa kekurangan laptop ini selama ane memakainya. Pertama, laptop ini cukup lemot dan ngeselin saat mau dipakai beberapa saat setelah dinyalakan. Jadi gan, kalau kita baru nyalain laptop ini kita harus tetap nunggu beberapa menit biar gak ngelag pas buka aplikasi.


Lalu bagian internal storage nya. Kapasitas internal storage laptop ini memang udah cukup besar gan yaitu 1 Tera Byte. Namun, jenis nya yang menurut ane kurang. Laptop ini menggunakan hardisk bertipe HDD. Harusnya, laptop dengan harga nyaris 6 Juta ini bisa memakai hardisk SSD, karena bisa mempengaruhi kepada kecepatannya. 


Review Laptop : Asus Vivobook A407UA

PORT LAPTOP
SUMBER : DOK PRIBADI


Dan kekurangan terkhir di laptop ini ada di bagian port nya. Pertama, port USB 2.0 untuk laptop ini cukup sedikit, hanya 2 lubang. Jadi menurut ane cukup sulit kalau kita mau transfer data untuk banyak HP. Dan satu lagi, hal ini bisa dibilang "mulai ditinggalkan" dibanyak laptop tapi tetap sangat penting yaitu port untuk ke proyektor / vga. Jadi untuk menyambungkan laptop ini ke proyektor kita harus membeli lagi adapter nya. Menurut ane hal itu merupakan sebuah kekurangan karena laptop ini akan cukup sulit kalau dipakai untuk presentasi.


Jadi pertanyaanya, apakah laptop ini recomended. Recomended gan, kalau agan tidak membutuhkan Laptop dengan spek monster. Laptop ini juga cocok untuk agan gan yang suka Laptop berdesign classy ala ala ultrabook namun dengan harga miring. Ane sendiri membeli Laptop ini dengan harga 5,8 Juta Rupiah.


Source : Pengamatan dan Pengalaman Ane Memakai Laptop Asus A470UA


Sekian aja thread dari ane, maaf bila banyak kesalahan. Thanks for reading and have a nice day !
profile-picture
falin182 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
bagus juga gan

Kalo lemot mungkin karena banyak software dari asus yang tak gitu penting yang aktif waktu pertama nyala Coba di uninstall dulu.

Bisa juga disable software di start up.





Diubah oleh rainy
Quote:


wah makasih gan sarannya
kalo baterai tahan berapa jam gan?
Quote:


kalau dipake terus2an sampe 3 - 5 Jam kalo gasalah
mantap gannn
ane pake yg i7 ram 8 gan, mantap emang emoticon-Toast
Keyboard tidak bagus. Tidak ada lampu latar dan tombol terlalu kaku. Saya percaya itu tidak sehat untuk menggunakan keyboard ini untuk waktu yang lama.

Quote:


Ya itu wajar-wajar saja kalau terasa lambat di menit-menit awal setelah booting, soalnya masih pakai hdd. Ganti ke ssd langsung ngacir pastinya, sekalipun banyak aplikasi yang di load saat startup. Paling lama 15 - 25 detik dari booting, sistem osnya udah langsung siap pakai nggak pakai nunggu.




Ganti ssd om. bootingnya secepat kilat.


emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
ane msh nyaman pake macbook pro
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
setahu saya emang hardisk laptop asus tipe A ini kurang bagus,
ada yang bahas disini kliklaptop.com juga mengenai laptop asus A442UR, sama masalahnya
laptop a407 bs ditambahkan ssd m.2 gan. jd beli saja 1 keping ssd 256gb, pindahkan os dan software2 ke sana. lgsg kencangggg.

hdd 1tb hny untuk simpan data.

Sy jg pakai laptop a407ua i3.
Tambah ram 8gb lg, tambah ssd.

Bs main emulator ps2 lancar jaya.
Diubah oleh budi_mulia
Lihat 3 balasan
sundul
laptop a407 itu ada 1 slot kosong untuk m2 ssd.

Ssdnya bisa beli di toko komputer terdekat.

Supaya garansinya laptopnya tetap berlaku, pemasangan ssd harus dilakukan di service center. Karena untuk memasang ssd itu, harus membongkar bodi laptop.
Kalau kita membongkarnya sendiri, bisa void garansinya. Biaya pemasangan ssd di service center asus, kemarin sih 150rb. Jadi kita bawa laptop dan ssdnya k service center untuk dipasangkan.

Setelah itu,kita clone drive c di harddisk ke ssd. Jadinya windows dan software-software pindah ke ssd. Boot up windows dan start aplikasi lebih cepat.

Jadi saran sy, upgrade RAM sampai mentok, dan tambahkan SSD.
profile-picture
pcjames memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Terimakasih banyak gan saran dan infonya 😊

Btw nambah ram sama ssd kena biaya berapa ya
untuk biaya pasang ssdnya 150rb di service center.
ram bisa upgrade sendiri, karena di bawah laptop a407 ada pintu ram, yg bisa dibuka, konsumen boleh upgrade sendiri, biaya free.

sedangkan harga ram dan ssdnya tergantung harga di toko terdekat, dan jenis ram/ssd apa yg dibeli. tinggal cari di toko terdekat sj gan.
Lihat 1 balasan
review yg mantul gannn... thread yang menarik lainnya ane tunggu gan...
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
sama seperti biasa gan. tetap perlu antivirus.
Antivirusnya tergantung kebutuhan agan saja.
Diubah oleh budi_mulia
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di