alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Zine, Apakah Dia Adiknya Magazine?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c63fb6c7e3a725b55436cee/mengenal-zine-apakah-dia-adiknya-magazine

Mengenal Zine, Apakah Dia Adiknya Magazine?

Agan dan Sista pernah mendengar istilah Zine belum sih?

Apakah Zine adalah adik kandung dari Magazine?


Karena Maga – Zine


Zine.


Hehehehe.


emoticon-Wakaka


Emang sih kalau sekilas didengar dari namanya, Magazine dengan Zine seperti nggak jauh berbeda ya. Ternyata tujuannya juga hampir sama kok. Zine merupakan media alternatif yang dipakai untuk menyampaikan hal-hal yang sifatnya personal. Misalnya seperti opini, art work, review, puisi, bahkan curhatan pribadi. Pokoknya semuanya suka-suka si pembuat!


Mengenal Zine, Apakah Dia Adiknya Magazine?


Sebenarnya zine lahir dari gagasan kelompok music hardcore punk sebagai media promosi musik dan menyebarkan opini mereka karena pada saat itu akses internet sangat terbatas. Karena sifatnya sangat personal dan mudah sekali untuk dibuat serta didistribusikan, maka nggak sedikit orang yang mulai tertarik untuk membuat zine juga. Bahkan zine culture ini sudah merambah juga ke Indonesia lho! Mungkin di kota Agan dan Sista juga ada komunitasnya.


Mengenal Zine, Apakah Dia Adiknya Magazine?


Bisa dibilang, zine ini adalah bentuk fisik dari sebuah blog, atau versi cetaknya gitu. Biasanya zine berbentuk booklet seukuran A5 tapi juga bisa berbentuk flyer, semuanya terserah si pembuat. Ya pokoknya semuanya suka-suka dia aja lah.


Proses produksi dari sebuah zine pun terlihat mudah namun sebenarnya membutuhkan perjuangan lebih. Ya kurang lebih sama aja sih seperti Agan Sista yang sedang mempersiapkan konten untuk blog pribadi. Proses pembuatan zine ini dimulai dari membuat konten, menyusun layout, hingga mencetak dan memperbanyak dengan foto kopi lalu didistribusikan. Semuanya serba independen Gan, bahkan menggunakan uang sendiri!


Mengenal Zine, Apakah Dia Adiknya Magazine?


Fyi, konten zine ini umumnya lebih berani Gan. Nggak sedikit orang yang menyuarakan aspirasinya melalui zine bikinannya. Itulah salah satu yang membedakan zine dengan majalah komersil pada umumnya. Dalam skena underground pun zine juga merupakan media alternatif yang digunakan untuk membahas isu dan distribusi informasi. Biasa juga dianggap sebagai media perlawanan terhadap media mainstream. Hmmm ngeri ya. Tapi nggak sedikit juga kok zine yang isinya cuma buat seneng-seneng aja.


Mengenal Zine, Apakah Dia Adiknya Magazine?


Saat ini zine-zine yang beredar sangat beragam isinya. Misalkan seperti ilustrasi, kolase, kumpulan foto-foto, dan sebagainya. Bahkan juga mulai banyak zine yang lengkap dengan tim kerja layaknya kontributir dan fotografer sepeti halnya susunan organisasi majalah. Tapi yang membuat beda adalah masa terbitnya. Zine ini masa terbitnya nggak berkala Gan, semuanya suka-suka tergantung dengan keinginan si pembuat.


Mengenal Zine, Apakah Dia Adiknya Magazine?


Pasti muncul pertanyaan kan, “ngapain sih masih ada aja orang yang bebikinan zine gini kayak luang banget aja waktunya???”


Meskipun terkesan ribet dan membutuhkan tenaga dan waktu yang panjang karena harus menulis atau ketik, foto, layout, print, copy, belum lagi disebarkan dan segala macem, membuat zine ini memiliki kepuasan tersendiri lho Gan bagi pembuatnya. Dan hal ini lah yang membuat para zine maker terus berkarya.


emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow


 Apakah Agan dan Sista tertarik untuk membuat zine sendiri?

 

 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kreatifitas yg bagus..
Mengalihkan dari aktifitas negatif..
Asal jangan buat zine pornografi saja..
Kayak mading tp kgk d tempel d dinding emoticon-Malu
Kreasi yg minim apresiasi, cenderung mendapat komentar & tindakan yg bersifat arogansi..! emoticon-Nohope

Maha benar netizonk dg segala bacolannya... emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di