alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c63cb306df2317d174822cf/tradisi-kuliner-makanan-busuk-tapi-orang-doyan-makannya

(Himbauan) Kuliner Yang Kudu Dicoba Sebelum Kiamat

Umumnya makanan memiliki aroma yang nikmat dan menggoda selera. Karena salah satu daya tarik utama dari sebuah makanan, selain dari penyajiannya yang baik adalah dari aromanya yang membangkitkan nafsu makan. Tetapi ada juga beberapa makanan di dunia yang memiliki bau tak sedap, bahkan tak tertahankan. Walaupun begitu makanan-makanan ini masih bertahan hingga sekarang karena merupakan bagian dari tradisi.

Yak kali ane mencoba merangkum beberapa kuliner yang proses pembuatannya melalui proses fermentasi ataupun pembusukan baik untuk daging maupun sayuran

Tak usah pake lama basa basinya , yuk kita to the point apa aja gan 

1. Hakarl ( Eslandia ) 

makanan ini merupakan hidangan wajib dalam Thorrablt, festival pertengahan musim dingin Islandia yang berawal dari abad 19.Makanan ini terbuat dari daging ikan hiu Greenland. Ikan ini terkenal mengandung konsentrasi racun yang sangat tinggi dan memiliki bau sangat busuk. Bahkan petualang kuliner menggambarkan bau hakarl yang mengingatkannya pada beberapa hal paling mengerikan yang pernah dia cium dalam hidupnya.

Untuk membuat hakarl, daging ikan hiu dikubur dalam timbunan batu kerikil untuk menghilangkan semua cairan, difermentasi, kemudian dipotong-potong, dan digantung agar benar-benar kering. Daging ikan hiu Greenland memang harus diolah dan diawetkan dahulu sebelum dikonsumsi, sebab ikan predator tersebut mengandung racun. Proses pengolahan ini berlangsung selama berbulan-bulan. Jika sudah jadi, hakarl akan berbau seperti ikan busuk dan amonia.

WHO LOVES AMONIA ?????  Jujur ane sih penasaran pengen nyoba , katanya manis ya gan ....cuma jauhh

Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan MakannyaTradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya




2. Surströmming ( Swedia ) 

Surströmming adalah makanan dengan tingkat bau super menyengat. Bahkan salah satu peneliti dari Jepang mengatakan jika bau yang keluar saat kaleng surströmming dibuka adalah bau terbusuk dari makanan yang pernah ada. Beberapa orang yang menerima tantangan untuk memakan surströmming langsung muntah-muntah dan tidak mau mencoba makanan mengerikan ini.

Surströmming terbuat dari fermentasi ikan haring yang ditaruh dalam kaleng selama enam bulan. Fermentasi dilakukan dengan menambahkan garam dan beberapa campuran lain yang membuat ikan tidak membusuk. Rasa surströmming sangat asin dan sedikit asam. Mengkonsumsi makanan ini artinya anda memasukkan bau terbusuk ke dalam mulut. Mengerikan!

Bentuknya saat dibuka dari kaleng , berbentuk seperti daging yang sudah agak hancur dan lembet , Agar dapat dimakan dengan lezat , Surströmming paling enak dimakan bareng dengan kentang , bawang merah , dan gandum 

Minat gan ??? Doggy aja ogah makannya 


Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya

Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
Diubah oleh lampu.petromaks
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
3. Narezushi ( Jepang )

Narezushi disebut sebagai sushi pertama, paling primitif dan paling awal. Narezushi adalah ikan fermentasi yang diawetkan dengan nasi. Namun tidak diketahui kapan narezushi ditemukan, namun diperkirakan pada abad ke-8 narezushi masuk ke Jepang. Meskipun banyak orang menyukai rasanya, narezushi memiliki bau yang sangat kuat.

Narezushi menjadi makanan pokok dan sumber protein yang penting di sekitar Danau Biwa, danau terbesar di Jepang. Di daerah tersebut yang paling umum dibuat adalah funazushi yang terbuat dari ikan nigorobuna.

Pertama ikan diawetkan dengan garam selama beberapa bulan sampai kering, kemudian dicampur dengan nasi dan difermentasikan kembali. Ikan ini disimpan di ruangan gelap dengan suhu ruangan. Ikan yang telah difermentasikan bisa dibiarkan selama berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun.

Biasanya, narezushi dijual dalam bentuk satu ikan utuh dan dilengkapi dengan saus goopy atau yoghurt. Koki akan mengiris sushi ini dengan tipis dan menyajikannya diatas nasi. Namun narezushi juga disajikan dengan bubur dan teh panas atau pun digoreng. Narezusi memiliki aroma seperti limbah dan rasa asam yang kuat. Ane juga pengen nyoba yang ini gan....konon katanya mirip sama keju



Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
4. Kusaya ( Jepang )

Kusaya adalah makanan bau lain dari Jepang selain Nato. Makanan ini adalah ikan yang dikeringkan dan dikonsumsi dengan sake. Kusaya memiliki bau yang sangat keras, bahkan sanggup membuat kita ingin muntah, ditambah rasa yang sangat asin. Hanya orang lokal yang mampu mengkonsumsi ikan kering ini.

Kusaya dibuat menggunakan ikan makarel dan ikan terbang. Ikan ini dicuci dengan bersih lalu dicampur dengan adonan yang terbuat dari garam (kusaya eki). Ikan yang sudah direndam dalam cairan ini langsung dijemur hingga kering. Adonan perendam atau kusaya eki akan terus digunakan selama berkali-kali. Bahkan ada sebuah keluarga yang mewariskan kusaya eki yang telah digunakan selama beratus tahun. Gila!

Minat gan ????

Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya


5.Natto ( Jepang lagi )

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang sering kali di makan saat sarapan. Natto dibuat dengan menggunakan kedelai dengan butiran kecil. Setelah mengalami perendaman dalam air, kedelai ini akan segera dikukus hingga matang. Setelah dingin, kedelai langsung ditaburi bakteri Bacillus subtilis hingga akhirnya terfermentasi sempurna. Natto yang baik akan memiliki semacam lendir yang membuat makanan ini sangat lengket.

Natto memiliki rasa yang sedikit aneh. Terlebih baunya sangat menyengat, percampuran antara kaos kaki yang lama tidak dicuci dan keju tua dengan bau menyengat. Orang Jepang senang memakan natto dengan nasi yang sangat panas, kadang ditambah kocokan telur mentah yang akan di tuang di atasnya. Meski memiliki aroma yang aneh ternyata natto memiliki manfaat yang banyak, terutama untuk kesehatan jantung dan peredaran darah, dan mencegah kegemukan.NOh kalo yang maw kurusan , boleh dicoba .......

Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
6. Fesikh ( Mesir )

Di Mesir, ikan dari family Mugilidae difermentasi menjadi Fesikh. Ikan ini hidup di Laut Mediterania dan Laut Merah. Ikan ini dibuat dengan cara menjemur ikan di bawah cahaya matahari sebelum diawetkan dalam tumpukan garam. Metode dan resep Fesikh dapat berbeda-beda di setiap keluarga. Makanan ini umumnya disajikan di kala festival Sham el-Nessim

Fermentasi ikan laut menggunakan bakteri baik seperti bakteri Lactobacillus, Streptococcus, dan Lactococcus. Bakteri baik dari jenis asam laktat tersebut juga bermanfaat bagi tubuh manusia.

Salah satu manfaat dari bakteri asam laktat adalah menjaga dan melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, bakteri baik tersebut juga bermanfaat untuk membuat olahan fermentasi ikan laut



Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya

7. Hongeo ( Korea )

Hongeo adalah makanan dari korea yang akan membuat kita pusing hanya mencium baunya saja. Hongeo adalah daging ikan laut yang dibuat fillet dan difermentasi selama beberapa hari hingga menghasilkan rasa super kuat dan aroma yang memabukkan. Memakan Hongeo sama halnya anda menjilat urinoir di toilet yang bau.

makanan ini dibuat dari ikan dari famili Rajidae yang difermentasikan. Ikan ini memiliki aroma seperti amonia dan disajikan mentah bersama makanan lain, umumnya kimchi.

Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
penampilan bisa menipu gan



8. Iru ( Nigeria )

Bentuknya sekilas mirip tempe , tapi ini lebih hitam dan pekat warnanya

Makanan ini populer dalam masyarakat Yoruba di Nigeria. Iru terbuat dari fermentasi kacang locust asal Afrika. Meski baunya sangat tajam, tapi saat dimasak Iru dapat menambah rasa enak pada sup dan rebusan. Bumbu yang dikenal dengan nama dawadawa ini dibuat dari fermentasi kacang.

Iru ini tidak bisa dimakan sendirian , biasanya iru disajikan sebagai pelengkap makanan , mungkin jika ibarat disini makan soto gak nikmat tanpa pelengkapnya krupuk

Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya

9. Lutefisk ( Skandinavia )

Lutefisk adalah makanan yang terbuat dari daging whitefish, cod, dan ling. Ikan ini dibelah dan dibuat kering terlebih dahulu dengan dijemur. Setelah kering ikan akan direndam dalam air selama enam hari dengan setiap sore diganti air baru. Setelah itu ikan dicuci dengan air dingin dan Iye (sodium hidroksida), setelah itu ikan direndam lagi selama dua hari hingga akhirnya memiliki tekstur kenyal seperti gelatin.

Ikan ini memiliki rasa seperti sabun dan bau tidak sedap, bahkan ada yang bilang baunya seperti cegukan kambing. Lutefisk dijual bebas di supermarket dan menjadi kesukaan warga di negara-negara Nordik. Disajikan untuk lauk sehari-hari sebagai teman makan nasi. di restoran besar lutefisk bahkan dibuat menjadi semacam steak yang mahal.

Ganasan mana ya gan .... lutefisk atau surstromming ???
Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya

10. Bagoong ( Filipina )

Produk ikan fermentasi khas Filipina, terbuat dari ikan atau udang cincang yang difermentasi, dicampur dengan garam, dan disimpan dalam wadah tanah liat.

Di dalam wadah, daging ikan yang telah dicincang tersebut didiamkan selama 30 hingga 90 hari, dan diaduk beberapa kali. Umumnya diberikan pewarna makanan alami yang terbuat dari angkak sehingga memberikan warna merah atau merah muda.

Hasil akhirnya terkadang dicincang ulang agar menghasilkan produk yang lebih halus seperti pasta.

Sekilas sih bentuknya mirip rendang ya gan

Tradisi Kuliner Makanan Busuk Tapi Orang Doyan Makannya
Disini ada ga sih makanan busuk yg dijual, entah lokal ato luar negeri
sini saya icip atu2 emoticon-Najis
hii mendingan mkn yg jelas aja lah kya gorengan emoticon-Big Grin
Kiviak & casu marzu ga masuk nih emoticon-DP

Request versi lokal dong emoticon-Request
kan disini juga ada pekasam, tempoyak, terasi, yaa walopun ga sebau makanan2 di atas sih
heran ada yang enak kok mau aja makan yang busuk
Balasan post ssdestroyer
justru itu tantangannya gan....................ane akhirnya ud coba narezushi ( nitip temen yang trip ke jepeng )

kesan eke .....

1. bau ga gt nyengat malah kalah sama duren
2. rasa.....asemmmm njinggggggg .....kaya cuka.......gue gigit sekali abis itu udah ..... no wayyyyy
3. abis itu perut ane mulesss

kesimpulan ..... karena lidah gua kampung.....lebih enak warteg .... lebih maknyusss

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Lha makannya gimana bisa masuk tenggorokan kalo bau gitu emoticon-Busa:
masih ada noh, tempe busuk yang biasa dibuat sebagai bahan sambel tumpang. petis juga nyengat tuh kayaknya emoticon-Najis
emoticon-I Love Indonesia
Kalo persi lokal
Agan tinggal kunyah/isep'' tuh saripati dari kaos kaki agan ndiri yg dah lama ndak dicuci slama lebih dari 2 bulan emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di