- Beranda
- Komunitas
- Food & Travel
- Catatan Perjalanan OANC
Sindoro Jalur Bansari – Turun jalur Kledung


TS
dimazsutik
Sindoro Jalur Bansari – Turun jalur Kledung

Quote:
Sindoro 15 - 16 Desember 2018
Penasaran dengan rimbun dan adem na jalur Bansari desa Banaran bisa di realisasikan pas awal musim penghujan bulan desember 2018. Salah dua pertimbangan naik awal penghujan adalah saia wegah dengan licin dan becekan apalagi ditambah basah air hujan
Atur jadwal di hari Sabtu dan Minggu, makelum saia hanya wiken warrior. Diputuskan tanggal 15-16 Desember saia budalken sendiri aja naik Bansari turun Kledung jika memungkinkan atau PP jalur Bansari seumpama ada hal di luar prediksi.
Surabaya, Jumat malam Desember 14 2018
Sekitar pukul 21.00 waktu saia tiba dijalur pemberangkatan bus CEPAT jurusan Surabaya-Magelang. Rame ternyata dan harus berebut duduk demi dapat hot SEAT
di belakang sang Driver.
Bus jalan sekitar jam 22.10 ditambah macet mulai dari Jombang-Nganjuk-Saradan dan tiba di restarea Ngawi jam 03.00 dinihari. Alamat molor tiba di Magelang nih.
Jam Tujuh pagi saia tiba diterminal Tidar Magelang setelah cavek duduk 8 jam perjalanan di bus CEPAT
Magelang, Sabtu Desember 15 2018
Langsung menuju toilet dan di lanjut cari bus mini buat nyambung perjalanan ke Pasar Legi PARAKAN-Temanggung (lebih kurang 45menit perjalanan dari term Magelang).
* Magelang – Pasar Parakan 15k by bus mini.
Dari Parakan naik ojek 15k untuk di anter ke BC Bansari di ds Banaran, lama perjalanan 15menit dengan jalan mulus beraspal tapi full tanjakan.
Sampai d depan BC yang terkunci ada papan kecil beisi nomer HP petugas jaga, langsunglah saia menelpon dan ga pake lama satu persatu kawan kawan pengurus BC datang.
Ngobrol2 sambil memperkaya info jalur, seputar gosong na jalur pasca kebakaran bulan Agust-September 2018. Dan tak lupa ambil air buat bekal di pendakian ini.
* Simaksi 10K dan ojek BC-Pos I 15k demi menghemat tenaga dan waktu perjalanan
Pendakian dimulai
10.00 dari pos I Sidempulan

Fose dulu dengan pengurus BC yang nagterin ke Pos Sidempulan
Karna udah kesiangan akibat macet menuju Magelang berakibat siang pula start pendakian ini, saia sempat gamang apakah nanti bakal PP jalur Bansari ato tetep melanjutkan rencana lintas jalur seperti semula.
Pikir keri sambal liak sikon nantilah juga berdoa semoga hujan datang pada saat saia sudah bikin Shelter kelak. Amin.
Sendiri di tengah kungkungan hutan yang teduh sepanjang jalur menuju pos II, kira2 lima menit dari pos Sidempulan saia melintasi aliran sungai yang rupa na ada air terjun diatas aliran sungai itu.
Pos I - Pos II 60menit.
Jalur jelas dan nanjak konstan di bawah rimbun hutan dengan tipe tanah merah yang niscaya akan litjin kalo hujan turun.
Pos II berupa lahan datar dengan beberapa batang kayu yang bisa buat duduk sekedar melepas lelah. Karna belum cavek saia cuma ambil poto-poto di sini dan lanjut perjalanan.

TURUNAN?
Penanda Pos II 1866mdpl
Pos II- Pos III 50menit
Jalur masih sama seperti sebelum na juga nanjak konstan di bawah rimbun hutan dengan tipe tanah merah yang niscaya akan litjin kalo hujan turun.
Istirahat sepuluh menitan duduk dan minum air ngemil disambung sebatang udut dulu sambil menikmati hening sendiran ditengah hutan gini
Tidak lupa mengecek jalur air dipos ini yang rupanya jalur udah ketutup pohon rubuh (juga menimpa bedengan Pos III). Sumber air sekitar 300m dari pos III disungai bawah sono.

Sisa Pos III yg ketiban poon

jalur ke sumber air
12.30 Pos IVBukit SOMA 30menit dari Pos III

Bukit Soma sekitar 2315mdpl. Penanda di pos ini juga sebagai akhir dari tanjakan konstan sejak dari Pos I, selanjut na ke atas tanjakan sudah tidak terlalu terjal –kata kawan2 bansari sih
Istirahat lagi, makan siang dengan bekal nasi bungkus. Pos IV vegetasi udah mulai terbuka dan isa nampak punggungan gunung Sindoro.
Antara Pos IV menuju Pos OJEK ada kawasan GREEN FOREST hutan hijau yang paling rimbun di jalur BANSARI.
Pos OJEK Cuma 15menit dari pos IV, ini sebenar na hanya semacam pos bayangan. Kalo saia menganggap ini pos batas vegetasi.
Vegetasi hutan kebawah dan vegetasi sabana ilalang kearah atas gunung.
Saiang na kondisi masi hitam gosong pasca kebakaran, walopun beberapa rumput nekat udah sukses meregenerasikan bibit-bibit penerus.
Pos V Mlelan 2715mdpl 13.52
Mulai kegalauan merudung lagi ditambah suasana siang itu yang sangat teduh bakalan hujan.
Pos Mlelan udah terbuka tanpa pepohonan jadi jelas banget kalo terbentuk badai bakalan susah cari perlindungan, sambil memaksa ngebut sebelum ujan, saia targetkan harus sampai dan camp di pos VI.
Tapi kenyataan baru separo perjalanan diatas pos V saia putuskan turun kembali ke Pos V dan nenda disana. HUJAN dan ANGIN ditambah pemandangan yang cuman putih alamat hujan lama ini.
Pasang shelter terburu-buru biyar nda semakin basah karna hujan dan nda maw kedinginan lama2.
Shelter berdiri dam memasukan semua printilan kedalam, saia ganti baju dan bikin jemuran dalam shelter
Karna masi siang menjelang sore maw tidur masih belum ngantuk, saia buat bengong ajah sambil liak hujan ditemani Wedank Uwuh dan ngemil sampai magrib menjelang.
Selepas magrib saia mulai makan malam dan diputuskan buat mengistirahatkan diri.
Start Pos Sidempulan jam 10.00
Finish Pos Mlelan jam 13.52
Setengah sepuluh malem kebangun rupanya hujan sudah reda, pemandangan kerlip lampu jelas nampak di depan shelter walaupun langit masih menggantung awan yang menutupi bintang kecil dilangit yang tinggi.

Mendunk Medank

Temanggung di poto malam hari dari dalam shelter di POS V
Quote:
Penasaran dengan rimbun dan adem na jalur Bansari desa Banaran bisa di realisasikan pas awal musim penghujan bulan desember 2018. Salah dua pertimbangan naik awal penghujan adalah saia wegah dengan licin dan becekan apalagi ditambah basah air hujan

Atur jadwal di hari Sabtu dan Minggu, makelum saia hanya wiken warrior. Diputuskan tanggal 15-16 Desember saia budalken sendiri aja naik Bansari turun Kledung jika memungkinkan atau PP jalur Bansari seumpama ada hal di luar prediksi.
Surabaya, Jumat malam Desember 14 2018
Sekitar pukul 21.00 waktu saia tiba dijalur pemberangkatan bus CEPAT jurusan Surabaya-Magelang. Rame ternyata dan harus berebut duduk demi dapat hot SEAT

Bus jalan sekitar jam 22.10 ditambah macet mulai dari Jombang-Nganjuk-Saradan dan tiba di restarea Ngawi jam 03.00 dinihari. Alamat molor tiba di Magelang nih.
Jam Tujuh pagi saia tiba diterminal Tidar Magelang setelah cavek duduk 8 jam perjalanan di bus CEPAT

Magelang, Sabtu Desember 15 2018
Langsung menuju toilet dan di lanjut cari bus mini buat nyambung perjalanan ke Pasar Legi PARAKAN-Temanggung (lebih kurang 45menit perjalanan dari term Magelang).
* Magelang – Pasar Parakan 15k by bus mini.
Quote:
Sampai di pasar Parakan penuhi segala kebutuhan belanja/logistik tak lupa sarapan dan bekal nasi bungkus buat makan siang. Karna di BC Bansari sangat jarang warung makan
Dari Parakan naik ojek 15k untuk di anter ke BC Bansari di ds Banaran, lama perjalanan 15menit dengan jalan mulus beraspal tapi full tanjakan.
[img]
[/img]

Sampai d depan BC yang terkunci ada papan kecil beisi nomer HP petugas jaga, langsunglah saia menelpon dan ga pake lama satu persatu kawan kawan pengurus BC datang.
Ngobrol2 sambil memperkaya info jalur, seputar gosong na jalur pasca kebakaran bulan Agust-September 2018. Dan tak lupa ambil air buat bekal di pendakian ini.
* Simaksi 10K dan ojek BC-Pos I 15k demi menghemat tenaga dan waktu perjalanan

Pendakian dimulai

10.00 dari pos I Sidempulan

Fose dulu dengan pengurus BC yang nagterin ke Pos Sidempulan
Karna udah kesiangan akibat macet menuju Magelang berakibat siang pula start pendakian ini, saia sempat gamang apakah nanti bakal PP jalur Bansari ato tetep melanjutkan rencana lintas jalur seperti semula.
Pikir keri sambal liak sikon nantilah juga berdoa semoga hujan datang pada saat saia sudah bikin Shelter kelak. Amin.
Sendiri di tengah kungkungan hutan yang teduh sepanjang jalur menuju pos II, kira2 lima menit dari pos Sidempulan saia melintasi aliran sungai yang rupa na ada air terjun diatas aliran sungai itu.
Pos I - Pos II 60menit.
Jalur jelas dan nanjak konstan di bawah rimbun hutan dengan tipe tanah merah yang niscaya akan litjin kalo hujan turun.
Pos II berupa lahan datar dengan beberapa batang kayu yang bisa buat duduk sekedar melepas lelah. Karna belum cavek saia cuma ambil poto-poto di sini dan lanjut perjalanan.

TURUNAN?
Penanda Pos II 1866mdpl
Semakin dikit tjampur tangan dan lintasan manusia bakalan semakin dikit jetjak yang ditinggal.
Jalur Bansari bener-bener bersih dari sampah dan aneka penanda/tulip/stagline di sepanjang jalur na. tapi jangan kuatir jalan menuju puncak sangat JELAS.
Jangan menambah ‘keindahan’ dengan PAPAN PENDAKIAN GRUPMU. Apalagi naroh dan ninggalin sampah sisa sembarangan.
Jalur Bansari bener-bener bersih dari sampah dan aneka penanda/tulip/stagline di sepanjang jalur na. tapi jangan kuatir jalan menuju puncak sangat JELAS.
Jangan menambah ‘keindahan’ dengan PAPAN PENDAKIAN GRUPMU. Apalagi naroh dan ninggalin sampah sisa sembarangan.
Pos II- Pos III 50menit
Jalur masih sama seperti sebelum na juga nanjak konstan di bawah rimbun hutan dengan tipe tanah merah yang niscaya akan litjin kalo hujan turun.
Istirahat sepuluh menitan duduk dan minum air ngemil disambung sebatang udut dulu sambil menikmati hening sendiran ditengah hutan gini

Tidak lupa mengecek jalur air dipos ini yang rupanya jalur udah ketutup pohon rubuh (juga menimpa bedengan Pos III). Sumber air sekitar 300m dari pos III disungai bawah sono.

Sisa Pos III yg ketiban poon

jalur ke sumber air
12.30 Pos IVBukit SOMA 30menit dari Pos III

Bukit Soma sekitar 2315mdpl. Penanda di pos ini juga sebagai akhir dari tanjakan konstan sejak dari Pos I, selanjut na ke atas tanjakan sudah tidak terlalu terjal –kata kawan2 bansari sih

Istirahat lagi, makan siang dengan bekal nasi bungkus. Pos IV vegetasi udah mulai terbuka dan isa nampak punggungan gunung Sindoro.
Antara Pos IV menuju Pos OJEK ada kawasan GREEN FOREST hutan hijau yang paling rimbun di jalur BANSARI.
Pos OJEK Cuma 15menit dari pos IV, ini sebenar na hanya semacam pos bayangan. Kalo saia menganggap ini pos batas vegetasi.
Vegetasi hutan kebawah dan vegetasi sabana ilalang kearah atas gunung.
Saiang na kondisi masi hitam gosong pasca kebakaran, walopun beberapa rumput nekat udah sukses meregenerasikan bibit-bibit penerus.
Pos V Mlelan 2715mdpl 13.52

Mulai kegalauan merudung lagi ditambah suasana siang itu yang sangat teduh bakalan hujan.
Pos Mlelan udah terbuka tanpa pepohonan jadi jelas banget kalo terbentuk badai bakalan susah cari perlindungan, sambil memaksa ngebut sebelum ujan, saia targetkan harus sampai dan camp di pos VI.
Tapi kenyataan baru separo perjalanan diatas pos V saia putuskan turun kembali ke Pos V dan nenda disana. HUJAN dan ANGIN ditambah pemandangan yang cuman putih alamat hujan lama ini.
Pasang shelter terburu-buru biyar nda semakin basah karna hujan dan nda maw kedinginan lama2.
Shelter berdiri dam memasukan semua printilan kedalam, saia ganti baju dan bikin jemuran dalam shelter

Karna masi siang menjelang sore maw tidur masih belum ngantuk, saia buat bengong ajah sambil liak hujan ditemani Wedank Uwuh dan ngemil sampai magrib menjelang.
Selepas magrib saia mulai makan malam dan diputuskan buat mengistirahatkan diri.
Start Pos Sidempulan jam 10.00
Finish Pos Mlelan jam 13.52
* sendirian dalam shelter sendirian pulak digunung. Jangan pernah berpikir yang bukan bukan.
Setengah sepuluh malem kebangun rupanya hujan sudah reda, pemandangan kerlip lampu jelas nampak di depan shelter walaupun langit masih menggantung awan yang menutupi bintang kecil dilangit yang tinggi.

Mendunk Medank


Temanggung di poto malam hari dari dalam shelter di POS V

Rekam Jejak cuma sampai pos V.
Bansari Kledung.
Secara visual kemarin saia merasa pos I s/d pos III adalah jalur yg sangat menanjak 😓
Semakin keatas semain berkurang curam.
Kebalikan dr jalur Kledung, yang tanjakan sadis dimulai dari Sunrice camp sampai ke hutan mati.
Diubah oleh dimazsutik 13-02-2019 11:45
1
3K
Kutip
5
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan