CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c52d29c82d49523936d3dff/membedakan-pempek-asli-dan-palsu-berdasarkan-3-ciri-ini-tanpa-mencicipi

Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Pempek dikenal sebagai makanan khas Palembang. Namun pempek juga bisa ditemukan di kota-kota lain di Indonesia. Hanya saja, kita sering kecewa karena pempek yang seharusnya terbuat dari ikan, kok tidak terasa ikannya saat dimakan.
 
Untuk memberikan jaminan rasa, sebagian pedagang membubuhkan kata asli pada spanduk kedai atau warung pempek mereka. Bagaimana dengan pempek tanpa kata asli? Bagaimana cara mengenali pempek sehingga saat dimakan memang benar terasa ikannya, bukan sekadar tepung saja.
 
Berikut 3 ciri pempek asli rasa ikan tanpa harus mencicipinya. Berdasarkan pengalaman saya makan ribuan pempek selama lebih dari 30 tahun.
 
1. Harga murah

Lihat daftar harga pempek atau tanyakan berapa harga pempek. Pempek yang harganya murah patut dicurigai palsu, tidak memberikan rasa ikan yang diharapkan. Pempek lenjer kecil, pempek isi telur kecil, adaan, dan pempek kulit asli biasanya dijual dengan harga Rp3.000 – Rp4.000. Apabila harganya di bawah itu patut dicurigai rasanya.
 
Ada lho pempek murah yang berasa ikannya!
 
Benar, memang ada pempek harga Rp1.000 dan rasanya enak. Saya menemukannya saat pulang kampung ke Palembang. Di kawasan pasar 26 Ilir Palembang, ada beberapa kedai pempek yang menjual aneka pempek dengan harga Rp1.000. Ukurannya kecil, satu-dua kali gigit langsung habis. Di kota-kota lain belum pernah saya temukan pempek murah namun berasa ikannya.      
 
2. Sebelum digoreng terlihat mengkilat

Perhatikan pempek yang belum digoreng atau masih dalam kondisi sudah direbus. Warnanya tidak mengkilat, namun putih cerah. Hal ini disebabkan komposisi daging ikan, tepung sagu dan tepung terigu yang tepat. 
 Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Pempek rebus, tidak begitu mengkilat. Foto dokumentasi pribadi

Pempek rebus yang mengkilat mudah ditemukan pada tukang pempek gerobak. Mereka menjual pempek dengan membunyikan botol bekas sirup yang dijadikan wadah cuka. Harganya pun murah, sekitar Rp5.000 per porsi. Soal rasa, lebih mirip cireng daripada pempek ikan.
 
3. Setelah digoreng warnanya lebih cokelat

Apabila Agan Sista makan pempek di restoran khusus pempek di Palembang, umumnya aneka pempek tersaji dalam 1 piring. Sebagian pempek dalam keadaan direbus, bukan digoreng, kecuali pempek kulit, pempek ada’an dan pempek tahu. Khusus pempek kapal selam, biasanya selalu digoreng. Namun warna pempek masih putih terang, tidak terlalu cokelat.
 
Pempek yang hanya terbuat dari tepung dan campuran bukan ikan atau hanya sedikit ikannya, terlihat lebih cokelat setelah digoreng. Pempek goreng berwarna seperti itu bisa ditemukan pada tukang pempek gerobak dorong.

Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Sajian aneka pempek di satu rumah makan Palembang. Foto dokumentasi pribadi 

Itulah 3 ciri pempek yang dapat mengecewakan Agan dan Sista. Sekadar makan untuk melepas kangen karena punya banyak kenangan dengan pempek boleh saja. Untuk rasa nikmat dan sensasi di mulut yang beda, tentu Agan dan Sista harus cermat memilih pempek yang asli ikannya.



Sumber: pengalaman dan foto dokumentasi pribadi





emoticon-Toast









BACA JUGA, YA




Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi





Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi





Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

profile-picture
profile-picture
nugrahanoy dan tata604 memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
pempek pak raden
jadi ngileremoticon-Blue Guy Cendol (L)

Edit : pejuan ternyata , sepi amir emoticon-Ngakak
mejeng dulu di pekiwan
Quote:

Di Jakarta dan kota lain emang resto ini top, ya. Kalau di Palembang malah ga begitu terkenal emoticon-Malu

Quote:

Maklum, bukan forum yg rame, belum HT juga emoticon-Mewek

Quote:

Boleh, mumpung masih sepi emoticon-Cool
Diubah oleh Kokonata
Dak katek empek2 asli palsu tu.
Kyknya judulnya keliru deh emoticon-Blue Guy Smile (S)
Bukan asli apa palsu namun kualitas kadar ikan, pedagang pempek besar pembelinya ya ramai krn jaga kualitas kyk banyak kadar ikannya drpd tepungnya tapiokanya, pembelinya juga kalangan menengah.
Sedangkan penjual gerobak ya disesuaikan dengan pembelinya, pembelinya nggak mengutamakan rasa bahkan sekedar mengganjal perut ketika lapar melanda. Di jawa timur ada juga yang pedagang keliling seribuan gerobak juga apakah empek2 palsu?? Itu pedagang kecil bung modal pas2an jangan dikatain palsu, bilang gitu klo sampai viral sama aja nutup rejeki orang emoticon-Blue Guy Smile (S) mereka pedagang juga bung namun perbandingan ikan ma tepungnya berbeda CMIIW
Maaf no offense emoticon-Blue Guy Peace wong kito galo.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wahhh... judulnyo click bait, nih...
kiroi nak ngomongi pempek dari plastik atau apolah
dak taunyo cuma ngomongi pempek yg beraso iwaknyo samo yg idak hmm...
ane gak suka pempek..... kalo beli, kalo ditraktir ane baru suka
Quote:


ane kirain malah "pempek" yang onoh sistemoticon-Malu emoticon-Betty
Diubah oleh muharrik
laper gan
daging ts pasti rasanya kyk pempek haha emoticon-Leh Uga
Quote:

Saya juga mengira begitu, ternyata;
Mau cari yang asli?
Atau mau cari yang murah?
yang murah pakai ikan sarden
Diubah oleh KumanImut
Emang pempek Ado yang palsu ? emoticon-Ngakak

Ado Ado bae lur

Pempek plastik yo?
Quote:


Dikemplangin bae lur ini TS nyo, mungkin lom pernah keno kemplang
emoticon-Wakaka
Diubah oleh arbib
Bookmark gan emoticon-Big Grin

Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

satu lagi:tambahin; kalau yg jual bukan asli palembang brarti penjualnya palsu juga emoticon-Shutup
Diubah oleh iskrim
Idak galak aku makan pempek kalo idak asli plembang cem dari candy atau pak raden emoticon-Big Grin
Diubah oleh ptetop
pempek lenjer aja lah
pngn bkin sendiri aja
Bisa dibedakan kok.
Membedakan Pempek Asli dan Palsu Berdasarkan 3 Ciri Ini, Tanpa Mencicipi

Waktu ane ke Palembang, selesai sholat jum'at..byk yg makan pempek gerobakan depan masjid agung..enak juga ko'..maksud TS mungkin kwalitas rasa pempek. bukan asli palsu
Duh jadi pengin nyicipin.
Diubah oleh youdoyouknow
Quote:


Apo dio bikin trit ngrendahin pedagang kecik, idak terimo lah emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di