alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bingung Dengan Standar Emisi Euro IV? Berikut Infonya Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c51805a2f568d0432032db1/bingung-dengan-standar-emisi-euro-iv-berikut-infonya-gan

Bingung Dengan Standar Emisi Euro IV? Berikut Infonya Gan!

Agan dan Sista mungkin udah mulai akrab dengan standar Emisi Euro IV. Yap, beberapa waktu belakangan pemerintah memang lagi gencar – gencarnya sosialisasi penerapan standar Emisi Euro IV untuk kualitas udara di Indonesia. Pemerintah mulai mewacanakan aturan ini sejak 2012 dan mulai diberlakukan tahun 2018. Pemerintah berkomitmen untuk menurunkan 26 persen emisi gas rumah kaca pada 2020.

Bingung Dengan Standar Emisi Euro IV? Berikut Infonya Gan!

Biar kita sama – sama paham ya Gan, jadi standar emisi Euro ini adalah standar yang diberlakukan di negara – negara Eropa untuk kualitas udara di negara Eropa. Semakin tinggi standar emisi Euro yang diterapkan, maka akan semakin kecil batas kandungan gas nitrogen oksida, karbon monoksida, volatile hydro carbon, karbondioksida, dan partikel lainnya yang merugikan manusia dan lingkungan.

Pada dasarnya penerapan aturan ini adalah untuk pelestarian lingkungan dan menjaga kualitas udara. Sebagian besar negara – negara Eropa sudah menerapkan standar Euro IV hingga Euro VI. Nah di Indonesia, penerapan Emisi Euro IV baru dimulai tahun lalu Gan. Mungkin agak telat ya Gan, tapi yang penting kualitas udara di negara ini makin baik.

Salah satu yang harus dipersiapkan untuk mengikuti standar ini adalah standarisasi bahan bakar. Pastinya dalam hal ini menjadi tugas Pertamina dan instansi terkait untuk memenuhi standar BBM mesin Euro IV. Sejauh ini baru Pertamax Turbo yang support untuk mesin berstandar Euro IV.

Bingung Dengan Standar Emisi Euro IV? Berikut Infonya Gan!

Sementara produsen otomotif Indonesia sudah siap dengan penerapan standar ini. Mereka menilai penerapan aturan ini cukup berdampak positif untuk produksi mereka. Penerapan aturan ini membuat produsen otomotif fokus memproduksi kendaraan dengan standar Emisi Euro IV. Sebelum penerapan aturan ini, mereka harus memproduksi kendaraan dengan standar Emisi Euro II (untuk lokal) dan Euro IV (untuk ekspor).

Akibat penerapan aturan ini, beberapa merk mobil yang memiliki mesin berstandar Euro II berhenti berproduksi. Mitsubishi Colt T120SS menjadi salah satu yang akan berhenti diproduksi. Kemungkinan besar beberapa merk mobil dengan spesifikasi mirip Colt T120SS juga akan melakukan hal yang sama.

Bingung Dengan Standar Emisi Euro IV? Berikut Infonya Gan!

Nah, buat Agan dan Sista yang pengen beli mobil baru, alangkah baiknya beli mobil dengan mesin yang telah berstandar Euro IV. Selain mendukung program pemerintah, Agan dan Sista juga menjadi bagian dalam pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas udara di Indonesia. O iyah, gak hanya mobilnya yang Euro IV ya Gan, tapi bahan bakar yang digunakan juga Euro IV Gan, supaya kualitas dari mesinnya juga tetap terjaga Gan

Semoga infonya bermanfaat Gan...


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
oke deh pak eko
Indonesia belum sampai deh pakai standar ini. Soalnya rata rata masih pakai euro 2. Kalau diesel yang sesuai ini Pertamax Dex. Kalau Bensin juga baru Pertamax
baru mulai dijalankan?
padahal udah banyak bis malam dgn stiker bertuliskan euro 4
entah apa artinya
emoticon-Stick Out Tongue
motor ane pulsar udh standar euro 4, tapi bensin msh pake pertalite emoticon-Hammer2
Quote:


Bohong itu,bis dengan chassis keluaran terbaru aja masih euro 3emoticon-Hammer2
gak paham sama ginian emoticon-Peace
Quote:


bus malam kan jumlahnya sangat sedikit dibanding kendaraan pribadi
lagian emang bener sih, karena di indonesia udah telat banget, jadi emang baru mulai digencarkan
padahal standar emisi di eropa sudah naik lagi, di sini baru mulai Euro IV emoticon-Cape d...
harusnya bisa jadi dorongan buat produsen mobil buat suntik mati line up yg lama kaya panther biar dibuat yg all new
mejeng di pekiwanemoticon-Cool
kalo denger dunia bola sedih gan. emoticon-Berduka (S)
ya gimane ye, metro mini, bus kota ama motor 2 tak masih banyak dipake di negeri ini, belum lagi masalah subsidi bbm, beli pertamax eh malah diencerin biar jadi premium sama pemerintah.

emoticon-Cape d...
pertamax saja suka masih suka dioplos sama premium emoticon-Ngakak (S)
wew, kudu make pertamax turbo
rokok ane dah euro 4
mobil bobokan...bis..reuk..motor aja di biarin..
piye?
Kendaraan roda 2 standar emisi menggunakan euro 4.

kendaraan roda 4 atau lebih standar emisi euro 4.

Bingung Dengan Standar Emisi Euro IV? Berikut Infonya Gan!
gitu ye gabn
nice sharenya ye
Baru paham sekarang
makin tinggi standar emisinya makin mahal bbmnya, biasanya minum biosolar malah minta pertadexemoticon-Hammer2
baru tahu ane gan, nice info
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di