alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ketahuilah Bahaya Cyberbullying: Depresi Hingga Bunuh Diri
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c36de6f0577a944ff1a28df/ketahuilah-bahaya-cyberbullying-depresi-hingga-bunuh-diri

Ketahuilah Bahaya Cyberbullying: Depresi Hingga Bunuh Diri

Di era milenium yang sebuah serba internet, siapa yang tidak tahu media social populer seperti facebook, instagram, twitter? Hampir sebagian orang memiliki media social tersebut terlebih bagi anak-anak remaja yang tengah menginjak dewasa. Social media seperti dunia bagi mereka yang begitu menyenangkan. Meski kadang mereka terlalu larut hingga lupa waktu jika sudah asyik berselancar di dunia maya.

Ketahuilah Bahaya Cyberbullying: Depresi Hingga Bunuh Diri

Namun apakah bermain social media selalu meninggalkan kesan yang baik bagi para penggunannya? Tentu saja tidak karena tidak semua pengguna bisa memanfaatkan social media dengan baik. Simplenya ada dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dengan adanya interaksi di dunia maya. Hal yang sering terjadi adalah Cyberbullying.

Quote:


Intimidasi dunia maya atau lebih dikenal sebagai cyberbullying adalah segala bentuk perbuatan kekerasan nonverbal yang dilakukan oleh anak remaja  kepada anak remaja lain yang seusianya dengan menggunakan teknologi dunia maya/internet. Bentuk perbuatan ini bisa berupa ejekan, hinaan, cemooh, intimidasi bahkan sampai tahap mempermalukan si target bully.
Cyberbullying baru bisa dinyatakan valid apabila korban dan pelaku berusia dibawah 18 tahun atau belum dinyatakan dewasa secara hukum. Namun apabila salah satu dari mereka telah menginjak usia 18 tahun, tindakan yang dilakukan bukan lagi dikategorikan sebagai Cyberbullying tetapi sudah dianggap sebagai kerjahatan di dunia maya (cybercrime atau cyber harrasement).

Mengingat korban ataupun pelaku cyberbullying berusia begitu muda, tidak heran jika tindakan cyberbullying akan menimbulkan dampak yang begitu besar bagi pertumbuhan mereka, baik si korban ataupun si pelaku. Namun yang paling merasakan dampak negatif dari cyberbullying pastilah pihak si korban, karena ia akan mengingat secara jelas segala perlakuan buruk yang ia terima.
Lalu seberapa besar dampak yang ditimbulkan akibat Cyberbullying bagi para korban?

• Cyberbullying akan menghilangkan rasa kepercayaan diri dan merasa kecewa akan dirinya sendiri.

Spoiler for spoiler:


• Korban Cyberbullying Tidak Memiliki Privasi.

Spoiler for spoiler:


• Korban Cyberbullying akan merasa terisolasi hingga membuatnya semakin tertutup pada sekitar.

Spoiler for spoiler:


• Korban Cyberbullying Akan Selalu Merasa Gelisah dan Paranoid.

Spoiler for spoiler:


*Cyberbullying Bisa Berdampak Pada Kesehatan Korban.

Spoiler for spoiler:



Korban bullying akan selalu merasa bahwa kebahagian begitu jauh darinya, ia berfikir bahwa tidak ada gunanya hidup jika terus merasakan intimidasi tiada henti. Jika ia sudah berada pada tahap begitu lelah, frustasi maka tidak menutup kemungkinan bunuh diri adalah jalan yang mereka pilih.

Ada banyak dampak yang ditimbulkan dari tindakan cyberbullying. Selain diatas dampak, cyberbullying juga bisa membuat seseorang menjadi lebih agresif, bertindak anarkis sebagai bentuk pelampiasan rasa frustasinya, menurunnya prestasi bahkan merubah pribadi seseorang .

Sumber dari blog ane

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Teringat dulu jaman smp, sebutan nama orang tua. gatau kenapa ya tiap nama orang tua disebut temen jadi ingin marah emoticon-Big Grin
Hal terburuk memang bisa jadi orrang yang terkena bullying akan melakukan sebuah tindakan yang menyakiti dirinya sendiri atau juga berusaha menyakiti pelaku bullying karena adanya dendam akibat perlakuan yang dia terima. Kampanye tentang tindakan apa saja yang termasuk dalam bullying perlu disampaikan semenjak dini, agar tidak menjadi sebuah budaya nantinya.
Balasan post DJBaped
Quote:


mantap
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
jangan baperan. setuju ganemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
kalo saia sih di bully apa nggak yg ptg jangan baperan, coz gem onlen org nya kadang toxic nya ampun emoticon-Betty:
Anak ane kelas TK-A umur 4 tahun, sudah dibully temen sekelasnya. Kalo lagi banyak orang, ada yang provokasiin supaya jangan diajak main, tapi kalo cuma berdua, itu anak manis banget sama anak ane, baeee nya terbuat2.. ane yang sewot. Untungnya sekolah aware sama komplainan ane, jd bisa diselesaikan dengan baik. Anak ane sekarang semangat deh sekolahnya
Andai ada fitur baku hantam onoen mungkin bisa meminimalisir bully di sosmed, terutama kalau sudah berurusan sama bocah yang suka ngomong gajelas dan cuma bisa bacot di dumay tapi di ril laif ternyata anak nolep...
lagi ngetren bgt cyberbullying, lisa kpop jd korban salah satunya
Kalau ga mau kena cyber bullying mending gausah main sosmed kan gampang emoticon-Wakaka
August Ames bunuh diri gara dibully gak mau enaena sama gay
cyber bullying ini parah bgt.
Yg bully banyak orang..
Kalau bully jaman dulu kan kalo esmosi tinggal ajak berantem..
Kalau skrg ghoib semua yg bully
yg nge bully biasanya pembantu yg baru megang hp bray
Asal gk main fisik cuek aja ya ganemoticon-Leh Uga
Diubah oleh wellcum
stop cyberbullying
Quote:


Wakaka mgkin si agan itu g pernah di bully soalnya, klo ane pikir ga bakal ada manusia yg bener bener bisa cuek jika dibully, karna itu sudah bagian dari sifat sosial manusia.
Kecuali agannya pohon, ditebang aja masih bisa berdiri tegak emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk
Diubah oleh cassiopeiae28
buang jauh jauh gadget, gak akan ada namanya cyberbullying

sekali kali keluar rumah menikmati pemandangan dan jgn bawa gadget
How to stop cyber bullying?

Close your fucking computer, tablet or smartphone
Netizen maha bener demen tuh gan bully"an emoticon-Malu (S)
jika tidak ingin di bully. jangan melakukan hal tolol wahai anak muda
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di