CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
2018 tahun bencana? yuk kilas balik bencana yang terjadi sepanjang 2018
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2b27308012ae357d094ad9/2018-tahun-bencana-yuk-kilas-balik-bencana-yang-terjadi-sepanjang-2018

2018 tahun bencana? yuk kilas balik bencana yang terjadi sepanjang 2018

2018 telah berakhir dan digantikan dengan lembaran 2019. Sepanjang tahun 2018 tentunya banyak kenangan yang tak terlupakan. Mulai dari peristiwa yang menyenangkan hingga kenangan buruk. Berikut adalah 10 Bencana Terbesar yang terjadi di Indonesia yang menjadi kilas balik peristiwa sepanjang tahun 2018:
  1. Selasar Gedung PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Ambruk – 15 Januari 2018

Tentu kita masih ingat dengan peristiwa mengerikan yang terjadi di gedung BEI pada tanggal 15 Januari 2018 lalu. Yup, selasar gedung BEI tiba-tiba ambruk. Kejadian tersebut memakan puluhan korban luka-luka. Kebanyakan merupakan mahasiswa yang tengah melakukan kunjungan. Kejadian ini juga menjadi berita yang hangat pada saat itu lantaran polisi mencium hal aneh mengingat gedung BEI termasuk gedung baru yang pastinya memiliki kekuatan yang bisa bertahan maksimal 25 tahun. Tentu ini menjadi kejadian yg aneh bukan?
  1. Gunung Sinabung, Sumatera Utara Meletus – 19 Februari 2018

Di bulan kedua di tahun 2018, kembali Indonesia diwarnai dengan bencana alam dengan meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Erupsi gunung Sinabung saat itu disebut sebagai yang terdahsyat di tahun 2018. Dan mengeluarkan awan panas dengan tinggi mencapai 5 kilometer.
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting saat itu mengatakan, akibat erupsi tersebut ada delapan kecamatan di Kabupaten Karo yang terdampak. Selain itu, aktivitas masyarakat di sebagian wilayah sempat dihentikan akibat tebalnya hujan debu vulkanik.
  1. Kerusuhan Mako Brimob Kelapa Dua – 8 Mei 2018

Di bulan Mei 2018, terjadi kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Kerusuhan ini terjadi pada hari Selasa malam, tanggal 8 Mei 2018 hingga Rabu 9 Mei 2018 dini hari. Peristiwa yang bermula dari cekcok antara tahanan dan petugas dari personel Brimob Polri ini kian membesar hingga polisi harus mensterilkan lingkungan di sekitar Mako Brimob. Dalam peristiwa ini ada 5 polisi dinyatakan gugur dan seorang narapidana tewas. Ada yang mengatakan jika insiden berdarah ini terjadi karena keterlibatan ISIS didalamnya, namun pihak kepolisian membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa pemberontakan dipicu keterlambatan pasokan makanan dari keluarga narapidana karena prosedur pemeriksaan petugas.
  1. Bom Surabaya dan Sidoarjo – 13-14 Mei 2018

Pertengahan bulan Mei 2018 juga diwarnai dengan teror bom. Tepatnya pada hari Minggu 13 Mei 2018, Satu keluarga melakukan bom bunuh diri dan menyerang tiga gereja di Surabaya.
Di gereja pertama yaitu Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela. Bom meledak pada pukul 06.30 WIB. Dua anak laki-laki yang berumur 18 dan 16 tahun menjadi pelaku bom bunuh diri tersebut. Peristiwa itu memakan korban jiwa sebanyak 7 orang, diantaranya 2 pelaku dan 5 orang dari jemaat Gereja.
Bom kedua terjadi di Gereja Kristen Indonesia Surabaya. Bom meledak pada pukul 07.15 WIB. Pelakunya adalah seorang ibu dan 2 orang putrinya. Selain pelaku, untungnya dalam peristiwa ini tidak ada masyarakat yang menjadi korban.
Bom ketiga terjadi di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya. Bom meledak pada pukul 07.53 WIB. Pelaku menabrakkan mobil yang ia kendarai dan meledakkan bomnya di Gereja Pantekosta. Dari peristiwa ini 7 masyarakat dan 1 pelaku meninggal dunia.
Teror bom tidak berhenti pada hari itu saja, krn keesokan harinya tepat pada tanggal 14 Mei 2018 pagi, bom kembali meledak di Polrestabes Surabaya di Jalan Sikatan sekitar pukul 08.50 WIB. Bom bunuh diri ini mengakibatkan empat polisi dan enam warga mengalami luka-luka.
  1. KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba – 18 Juni 2018

Tepatnya pada tanggal 18 Juni 2018, sebuat insiden mengerikan kembali terjadi. Kapal motor penumpang bernama Sinar Bangun tenggelam saat beroperasi dan mengangkut ratusan penumpang. Kapal yang berangkat dari Simarindo, Kabupaten Samosir itu karam saat berangkat menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Cuaca buruk dan over kapasitas diduga menjadi penyebab tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun ini. sementara itu pihak terkait mengumumkan bahwa ada 188 penumpang berada dalam kapal ini dan 164 orang di antaranya hilang. Saat itu, tim evakuasi kesulitan untuk mencari korban karena kedalaman Danau Toba yang mencapai 500 meter .
  1. Ledakan Bom di Pasuruan, Jawa Timur – 5 Juli 2018

Lagi-lagi ledakan bom meneror warga Indonesia. Tepatnya pada tanggal 5 Juli 2018, terdengar 3 ledakan bom di sebuah rumah kontrakan di Jalan Pepaya RT 007/RW 001 Pogar Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Akibat ledakan ini, satu anak berusia 6 tahun yang diduga anak dari pemilik rumah terluka dan telah mendapat perawatan dirumah sakit. Selain itu, pelaku ledakan bom di Pasuruan juga sempat menyerang Kepala Kepolisian Sektor Bangil, Pasuruan M. Iskak dengan melempar bom kearah sang Kepala Polisi, untungnya beliau berhasil menghindar sebelum bom tersebut meledak.
  1. Gempa Bumi di Lombok – 29 Juli, 5 dan 19 Agustus 2018

Masih segar diingatan kita tentang peristiwa yang menerjang saudara-saudara kita di wilayah Lombok. Pasalnya gempa bumi secara terus menerus mengguncang pulau Lombok. Gempa dimulai tanggal 29 Juli 2018, yang berkekuatan 6,4 skala richter. Gempa ini juga dirasakan di Pulau Bali dan Pulau Sumbawa. Akibat gempa ini sekitar 20 orang meninggal dunia, ratusan orang luka-luka dan sedikitnya 10.062 rumah mengalami rusak ringan dan parah.
Selanjutnya pada tanggal 5 Agustus 2018, Lombok kembali diguncang gempa yang lebih besar. Kekuatan gempa mencapai 7 Skala Richter. Bahkan, kekuatan gempa tersebut terasa hingga ke wilayah Pacitan, Jawa Timur. Gempa susulan terjadi sebanyak 124 kali. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo menambahkan, ribuan orang mengungsi, puluhan meninggal, dan ratusan luka-luka. Kerusakan terparah dialami wilayah Lombok Utara, Kota Mataram, dan Lombok Timur.
Pada tanggal 19 Agustus, Lombok juga kembali diguncang 2 gemba bermagnitudo 5,4 dan 6,5 Skala Richter. Tentunya gempa tersebut membuat warga lombok dan sekitarnya mengalami trauma berat karena diguncang gempa berkali-kali.
  1. Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala – 28 September 2018

Sepertinya bencana alam terdahsyat yang mengguncang Indonesia sepanjang tahun 2018 adalah Gempa Bumi dan Tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi. Gempa berkekuatan 7,4 SR diikuti dengan tsunami yang melanda pantai barat Pulau Sulawesi, Indonesia, bagian utara pada tanggal 28 September 2018.
Guncangan gempa bumi dirasakan di Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Mamuju bahkan hingga Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kota Makassar.
Gempa ini juga menyebabkan Tsunami setinggi 11,3 meter, terjadi di Desa Tondo, Palu Timur, Kota Palu. Sedangkan titik terendah tsunami tercatat 2,2 meter, terjadi di Desa Mapaga, Kabupaten Donggala. Baik di titik tertinggi maupun titik terendah, tsunami menerjang pantai, menghantam permukiman, hingga gedung-gedung dan fasilitas umum.
Bencana tersebut mengakibatkan banyak korban luka dan meninggal serta ribuan bangunan rusak parah. Disebutkan ada 2.045 orang meninggal dunia dan 82.775 orang mengungsi ke tempat yang lebih aman.
  1. Jatuhnya Lion Air JT 610 – 29 Oktober 2018

Satu lagi insiden tragis yang kembali mencuri perhatian warga Indonesia atau bahkan dunia adalah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang pada tanggal 29 Oktober 2018. Akibat kecelakaan pesawat ini sebanyak 189 penumpang termasuk sejumlah awak pesawat, Pilot dan Co-Pilot dinyatakan tewas.
  1. Tsunami Banten dan Aktivitas Gunung Anak Krakatau – 23 Desember 2018

Tsunami Selat Sunda dengan arus cukup kuat menyapu wilayah pesisir di sekitar laut Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan, pada hari Sabtu 23 Desember 2018. Akibat bencana ini dinyatakan ratusan orang meninggal dunia, ribuan orang luka dan meluluh-lantakkan puluhan bangunan.
Terjadinya tsunami Banten bukan karena guncangan gempa bumi yang dahsyat seperti yang terjadi di Palu dan Donggala. Ditengarai, akivitas Gunung Anak Krakatau menjadi sebab utama terjadinya Tsunami Banten.
 
Itulah 10 Bencana Terbesar yang terjadi di Indonesia yang menjadi kilas balik peristiwa sepanjang tahun 2018 versi Kejar Setoran.
Hendaknya kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kejadian tersebut. Dan semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkat dan rahmat-Nya untuk negara Indonesia tercinta  serta dijauhkan dari segala musibah dan bencana.
Untuk lebih lengkap silahkan tonton video dibawah ini ya gan


 
 
 
hindari marabahaya 2019
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
tahun depan lebih baikemoticon-Ultah
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Anak gunung krakatau udah mulai bandel ya? Katanya dia bisa lebih hebat dari orang tuanya. Bahaya juga, semoga kedepan kagak napa-napa.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bencana adalah azabemoticon-Marah
ga percaya berarti kapiremoticon-Marah
yaelah bencana juga banyak di tiap tahun. cuma diangkat ama tipi apa kagak
bnyak bencana tahun 2018 emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
Quote:

iya gan tergantung daerah juga. bencana kecil di daerah yang padat akan diliput habis habisan demi rating kalau daerah kecil kalau nggak mendatangkan rating akan ditayangkan seadanya
Quote:

semoga 2019 lebih baik gan
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
yang di monas bencana juga kah ?
Quote:


ada bencana apa gan disana?emoticon-Bingung
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di