- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
BMW E30 Masalah di Extra Fan (overheat machine)


TS
RyuQii
BMW E30 Masalah di Extra Fan (overheat machine)
Mohon bantuannya dari para suhu BMW Lovers, khususnya BMW seri E30/M40/318i tahun 90an..
Mau nanya nih, punya masalah seringnya sama ac dan extra fan, pertama beli extra fan ngga nyala kata penjualnya itu harus dibenerin dinamonya, okk gpp dikirain masalah biasa umur, gtaunya terus2an. Soalnya ini ngebuat overheat terus ke mobilnya kalo kondisi pasang ac, perjalanan lumayan panas, dan mobil didlem kabin jga jadi ikut panas.
Benerin extra fan (dynamo diberesin, pasang relay yang ori Bosch punya warnanya putih biru “bener ya ?” takut salah hahaha) alhasil nyalahin aki yang baru gw beli bulan juli 2017 (tanya bengkel aki ok, dinamonya nih yg ngga beerees) balik lagi ke tukang dynamo di utak atik sebulan dua bulan ok lancar) eh ngga nyala lagi smpe akhirnya dibuatin “switch on off” terpisah didlem kabin, jadi kalo ac nyala tapi posisi off switchnya otomatis extra fan ngga nyala. Tapi tu kabel panas banget smpe si switch ngga kuasa menahannya serangan negara api alhasil kebakar terus, ganti pake yg ampere nya gede sama Cuma kuat lebih lama aja dari yang kecil. Karna kesel jadi sistem manual tanpa switch yaa Cuma panas aja kalo kena ke lutut lumayan anget2 gimana gituuu. Akhirnya tukang ac nyaranin disatuin aja pake sikring antara kabel yg nyambung di extra fan sama kabel ke aki langsung. Ehhh kebakar terus doi (nii fotonya).

Bingung jadi apa yg harus gw lakuin apa harus banyak makan sikring terus ? salahnya dimana ? ada yg bilang pake sikringnya jangan yg transparan, takutnya gw ganti pake yg ngga transparan sama – sama aja.
Suhu disini yang pake bmw 318i (bikin ac sama extra fan jalan senada seirama gimana T__T butuh pencerahan. Kalo masalah ac ngga dingin ngga masalah karna mobil eropa apalgi yang udh oppa oppaa emng begitu, yg penting mesin jangan smpe panas.
Mau nanya nih, punya masalah seringnya sama ac dan extra fan, pertama beli extra fan ngga nyala kata penjualnya itu harus dibenerin dinamonya, okk gpp dikirain masalah biasa umur, gtaunya terus2an. Soalnya ini ngebuat overheat terus ke mobilnya kalo kondisi pasang ac, perjalanan lumayan panas, dan mobil didlem kabin jga jadi ikut panas.
Benerin extra fan (dynamo diberesin, pasang relay yang ori Bosch punya warnanya putih biru “bener ya ?” takut salah hahaha) alhasil nyalahin aki yang baru gw beli bulan juli 2017 (tanya bengkel aki ok, dinamonya nih yg ngga beerees) balik lagi ke tukang dynamo di utak atik sebulan dua bulan ok lancar) eh ngga nyala lagi smpe akhirnya dibuatin “switch on off” terpisah didlem kabin, jadi kalo ac nyala tapi posisi off switchnya otomatis extra fan ngga nyala. Tapi tu kabel panas banget smpe si switch ngga kuasa menahannya serangan negara api alhasil kebakar terus, ganti pake yg ampere nya gede sama Cuma kuat lebih lama aja dari yang kecil. Karna kesel jadi sistem manual tanpa switch yaa Cuma panas aja kalo kena ke lutut lumayan anget2 gimana gituuu. Akhirnya tukang ac nyaranin disatuin aja pake sikring antara kabel yg nyambung di extra fan sama kabel ke aki langsung. Ehhh kebakar terus doi (nii fotonya).
Bingung jadi apa yg harus gw lakuin apa harus banyak makan sikring terus ? salahnya dimana ? ada yg bilang pake sikringnya jangan yg transparan, takutnya gw ganti pake yg ngga transparan sama – sama aja.
Suhu disini yang pake bmw 318i (bikin ac sama extra fan jalan senada seirama gimana T__T butuh pencerahan. Kalo masalah ac ngga dingin ngga masalah karna mobil eropa apalgi yang udh oppa oppaa emng begitu, yg penting mesin jangan smpe panas.


tien212700 memberi reputasi
1
3.9K
4


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan