alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
10 Anjuran Dokter Gigi yang Nggak Boleh Diabaikan, Nomer 5 Paling Sering Dilakukan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a578da72768613c6d3070/10-anjuran-dokter-gigi-yang-nggak-boleh-diabaikan-nomer-5-paling-sering-dilakukan

10 Anjuran Dokter Gigi yang Nggak Boleh Diabaikan, Nomer 5 Paling Sering Dilakukan

Hai! Hai! Ketemu lagi bareng ane, kali ini ane mau ngebahas soal kesehatan gigi, hal ini mungkin rada dianggap sepele yah, tapi kalau udah sakit gigi aja baru deh ngomong : "Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi"  emoticon-Big Grin hayo ngaku siapa yang kayak gitu? hehehe

Oh iya, seperti biasa, ane bakal respol cek dulu sebelum mulai nulis thread, untuk menunjukkan kalau thread ini masih fresh emoticon-Malu

Spoiler for Repsol Check:



Okedeh, nah kita mulai aja yah, ini dia:

1. JANGAN Sikat Gigi Segera Setelah Makan 

Kadang kita suka ngerasa kalau kadang gigi kita kotor banget kalau abis makan, nah pasti langsung pengen nyikat gigi kan? ternyata itu pilihan yang salah gan, itu bakal merusak enamel dari gigi apalagi kalau menggunakan sikat gigi tipe keras. Makanan dan minuman memengaruhi keseimbangan pH dalam mulut dan membuat enamel gigi lebih rapuh untuk waktu yang sebentar, karena itu dokter gigi merekomendasikan untuk menyikat gigi paling tidak setelah 30-40 menit setelah kita makan.


Spoiler for Waktu Sikat Gigi:



2. Pengunjung Kolam Renang Sedang Dalam Keadaaan Rentan

Nggak ada yang menentang kalau berenang baik untuk kesehatan kamu, tapi masalahnya adalah bahan kimia yang digunakan sebagai desinfektan pada kolam renang memiliki efek yang sangat buruk untuk gigi. Pada Tahun 80an ilmuan dari amerika menerbitkan hasil dari penelitian pada kesehatan gigi dari perenang professional dan 40% dari mereka mengalami kerusakan enamel gigi.


Spoiler for Kolam Renang:



3. Minum Kopi Langsung dan Nggak Lebih dari 30 Menit

Coba deh agan-agan sadari gimana cara agan kalau minum teh atau kopi, biasanya kopinya nggak langsung diminum biasanya nungguin kopi atau tehnya agak dingin sembari balas email atau ngobrol bareng temen. Ternyata oh ternyata, ketika kita melakukan itu terutama pada kopi yang mengandung kopi dan gula itu bakal ngerusak enamel dari gigi. Jadi sebaiknya langsung minum sesegera mungkin yahh.


Spoiler for Minum Kopi:


4. Mengecek Kesehatan Gigi sebelum Merencanakan Kehamilan

Cavity adalah retakan pada gigi yang dapat menjadi celah infeksi pada gigi dan dapat masuk ke dalam saluran darah dan memengaruhi janin dalam kandungan. Ini dapat menyebabkan kelahiran prematur atau cacat lahir yang serius.

Kedua, Periodontitis juga sangat berbahaya karena mengurangi kemampuan reproduktif baik pria maupun wanita, selain itu dapat menyebabkan kelahiran secara prematur dengan atau berat badan yang rendah.


Spoiler for Kehamilan:


5. Menggosok Gigi di Shower atau Toilet bukanlah Ide Terbaik

Ketika sedang merawat gigi, sebaiknya jangan terganggu oleh sesuatu yang lain karena menggosok gigi seharusnya dilakukan dengan penuh perhatian, dan untuk mengajarkan anak menggosok gigi dengan baik, sebaiknya memutarkan lagu yang mereka suka, karena akan mengalihkan perhatian mereka selama 2 sampai 3 menit (waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan plak dan bakteri pada gigi).


Spoiler for Menggosok Gigi:


6. Kacang Dapat Merusak Gigi

Siapa sangka kalau ternyata makanan yang disukai sejuta umat ini dapat merusak gigi? kandungan phytohemagglutinin pada kacang dapat memicu pemisahan sel lebih cepat dan tentunya bakal berpengaruh jika memiliki cavity, kacang akan menyebabkan granuloma. Mungkin resikonya cukup rendah, cuma pastikan kalau agan nggak punya masalah apapun sebelum memakan kacang.


Spoiler for Makan Kacang:


7. Kesehatan Mulut yang Sehat Terhubung dengan Daya Ingat

Ilmuan melakukan riset terhadap 273 sukarelawan berusia 55 tahun dan lebih tua, mereka menemukan bahwa yang tidak memiliki gigi yang lengkap memiliki daya ingat yang buruk, mudah tersinggung, dan dicurigai mudah mengalami perubahan mood. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kehilangan gigi dapat menyebabkan saraf yang menuju otak mengalirkan signal lebih sedikit.


Spoiler for Memori Gigi:



8. Gigi Anak Kecil dapat Berubah karena Pilek

Jika anak kecil mengalami pilek satu atau dua kali dalam setahun itu sangatlah normal, namun jika terlalu sering mengalami pilek maka kemungkinan besar mereka mengalami masalah pada giginya. Biasanya jika tidak dapat bernapas normal dari hidung akan memaksa bernapas menggunakan mulut, tulang wajah masih mudah berubah pada saat mereka kecil yang menyebabkan rahang bawah bergerak maju. Sehingga sebaiknya pastikan bahwa hidung anak anda baik-baik saja atau akan repot nantinya untuk memperbaiki gigi.


Spoiler for Pilek pada Anak:


9. Jangan Mengunyah Es dan Jangan Tindik Lidah

Mengunyah es terlalu banyak dapat merusak gusi dan enamel gigi dan tentunya dapat merusak isi dari gigi itu sendiri. Hal tersebut terjadi juga jika agan melakukan tindik di lidah, hal ini mungkin dapat memicu kerusakan gigi karena besi yang terdapat pada lidah.

Oh iya, jangan gunakan gigimu untuk membuka bungkus makanan, kaleng cola dan lainnya yaaa, lebih baik membutuhkan waktu lebih banyak untuk membukanya daripada membahayakan gigimu.


Spoiler for Es dan Tindik:


10. Jangan Buang Gigi Susu

Ternyata nih gan gigi susu mengandung sel stem yang nantinya dapat digunakan untuk meregenerasi saraf, tulang, dan bahkan sel jantung. Gigi susu juga dapat menyelamatkan dan membantu penyembuhan diabetes, tapi tunggu dulu, sel dalam gigi tersebut harus tetap hidup ya, maka dari itu untuk mencabut gigi susu sebaiknya dilakukan pada dokter gigi dan mereka pasti lebih tau bagaimana menjaga selnya agar tetap hidup kan?



Spoiler for Gigi Susu:


Nah, sekian dulu ya gan artikelnya, semoga bermanfaat. Oh iya, jangan lupa cendolnya emoticon-Toast

Spoiler for Sumber:



Diubah oleh handsomenerd
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di