alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Catatan Menag untuk Perbaikan Layanan Haji 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a4da5a2c06ebb108b4569/catatan-menag-untuk-perbaikan-layanan-haji-2019

Catatan Menag untuk Perbaikan Layanan Haji 2019

Catatan Menag untuk Perbaikan Layanan Haji 2019

JPP BOGOR - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersyukur, berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS),  Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) di Arab Saudi pada tahun 1439H/2018M meningkat menjadi 85,23. Ini berarti secara umum layanan pemerintah kepada jemaah haji Indonesia telah memenuhi kriteria “sangat memuaskan”. Hal ini harus mendorong Kementerian Agama untuk terus melakukan inovasi terhadap layanan haji.

Menag mengemukakan hal tersebut saat memimpin Rapat Pimpinan Kementerian Agama 2018 di Sentul, Bogor. “Setidaknya saya mengingatkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan harus menjadi inovasi pada penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2019,” tutur Menag Lukman, Rabu (05/12/2018).

Pertama, penerapan fast track pada seluruh bandara pemberangkatan. “Kalau tahun ini baru dapat kita laksanakan di Bandara Soekarno Hatta, maka usahakan tahun depan sudah dapat dilaksanakan di seluruh bandara,” kata Menag.

Kedua, penempatan jemaah haji berdasarkan sistem zonasi. Hal ini menurut Menag bertujuan agar dapat meningkatkan kenyamanan sekaligus pelayanan bagi jemaah di Tanah Suci. “Tentu orang Bugis akan lebih senang jika tempat tinggalnya di sana berdekatan dengan orang Makassar. Selain bahasa yang digunakan, ini juga memudahkan kita bila ingin menentukan menu katering. Sehingga akan lebih dekat seleranya dengan masing-masing jemaah,” kata Menag

Ketiga, penggunaan air conditioner (AC) di Arafah. Menurut Menag ini perlu menjadi perhatian, karena dalam survei BPS pun disebutkan bahwa pelayanan di Arafah, Muzdalifah dan Mina memperoleh nilai paling rendah, yakni 82,60. Sementara pelayanan di Makkah memperoleh indeks 87,34.  Dan pelayanan di Madinah memiliki indeks 85,37.

Keempat, Menag berharap pada penyelenggaraan haji 2019, Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah menyiapkan sistem pelaporan petugas dalam format digital. “Seluruh petugas kita harus sudah bisa melakukan pelaporan secara digital. Siapkan dalam sebuah aplikasi terintegrasi,” pesan Menag.

Sementara, penguatan manasik haji menjadi hal kelima yang perlu mendapatkan perhatian penyelenggaraan haji 2019. “Kita perlu memperkuat manasik hajinya. Kita perlu memikirkan terkait inovasi manasik haji, dengan membuat audio visual atau lain sebagainya,” tandas Menag.(agm)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...anan-haji-2019

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Catatan Menag untuk Perbaikan Layanan Haji 2019 Menko Perekonomian Tegaskan Ekonomi Indonesia Tumbuh Berkualitas

- Catatan Menag untuk Perbaikan Layanan Haji 2019 Inilah Layanan dan Program bagi Penyandang Disabilitas

- Catatan Menag untuk Perbaikan Layanan Haji 2019 PANRB Dorong Seluruh Pelayanan Publik Terhubung dengan SIPP

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di