TIPS : Modifkasi Scooter Agan Biar Cepat Bukan Biar gaya
TS
SpecialCOM
TIPS : Modifkasi Scooter Agan Biar Cepat Bukan Biar gaya
Halo Selamat Datang di Thread Ane
Kali ini ane mau kasih Tips Buat agan Tentang modifkasi scooter agan biar jadi ngebut tapi cocok buat harian juga.
Oh ya disini ane gk akan memberikan rekomendasi untuk memodif knalpot ya gan, berisik soalnya apalagi gk pake peredam suara nya
sakit kuping deh
knalpot gmana ke agan nya kembali jika ingin pasang, jika tidak biarkan dengan asli bawaan pabrik
Jadi di sini ane akan bagi dengan budget nya dari :
LOW : Kisaran dibawah 1jt
MEDIUM : sekitar 1jt - 4jt
HIGH : diatas 5jt
Langsung aja gan!
Spoiler for LOW:
Untuk LOW nya ane sangat merekomendasikan bermain di sektor
CVT / Transmisi nya
karena menurut ane disini banyak yang ngerecomend mainin disini selain paling murah buat dioprek dan juga efek nya terasa apabila di setting dengan tepat
masalah setting nya harus ke bengkel yg trusted dan punya banyak pengalaman khususnya dibidang balapan nya
karena mekanik nya pasti jauh lebih ngerti ok
Sebenernya masih ada yang yang masih bisa di oprek yaitu di PORTING POLISH (penghalusan ruang mesin) tapi yang ini punya kemungkinan gagal lebih besar karena harus bener bener yang sangat pengalaman dan harus diukur dengan sesuai kalo kelebihan malah jadi bermasalh di ruang bakar nya, oh ya biayanya untuk porting polish rata rata sekitar 400k - 1 juta kurang. Harga ini wajar menurut ane karena harus bongkar head cylinder nya.
Spoiler for MEDIUM:
Nah Untuk Medium nya ane sarankan Untuk Bore Stroke UP, Injector, & ECU
Kenapa dan mengapa?
disini bore up yang instan (pake part dari motor pabrikan) lebih aman jauh lebih aman dibanding porting polish yang disebut sebelum nya
karena di bore up yang aman cuman butuh setting ulang ECU nya.
nah untuk ecu nya ane saran ganti, harga nya paling mahal sekitar 1 jutaan buat yang racing
dan injector ane saran ganti juga dikala agan sudah bore up untuk lebih aman lagi
*KALO AGAN CARI INJECTOR JANGAN CARI YANG BANYAK LUBANG NYA TAPI CARI YANG BISA NAMPUNG CC/Menit LEBIH BESAR*
REKOMENDASI DARI ANE : ane sarankan jangan Boreup yang terlalu Over
misalkan agan punya yamaha mio yang bore nya ukuran 50,5mm nah terus diubah jadi 58mm / 62mm ini terlalu bahaya dan kerusakan malah makin besar karena mesin standar tidak di desain menampung sebesar itu
menurut ane jika agan bore dari 50,5mm ke 52 / 54 menurut ane masih aman
*jika motor agan setelah ganti injektor merasa jadi makin pelan / ada berebet di motor agan, ane saranin naikin kompresi motor nya dan setting ulang lagi di ecu nya
(minta pendapat agan aman gk yang 54 ini buat mio?)
Spoiler for HIGH:
Nah Untuk Yang HIGH apa saja yang harus di ganti?
part yang lebih bagus di LOW dan MEDIUM, Fan (jika mesinnya pake Fan)
jika pake pendingin cairan, minta oprek ke mekanik nya biar dibikin adem gan
nah kalo agan mau lebih extreme lagi mungkin bisa pake part aftermarket nya dari luar negeri!
diluar sana motor 125cc bisa di oprek hampir 2x lipat bawaannya terakhir ane baca entah motor apa mungkin honda gy6 mesin bawaan nya cuman 125cc tapi upgrade total nya sampe 232cc! bahkan ada yang pake turbo
nah jika agan tertarik dengan HIGH ini ane sarankan ganti CRANKSHAFT, CVT, Piston berbahan Ceramic Forged, Transmisi (lengkap) yang buatan disana, dan filter udaranya
tapi kekurangan nya bahwa part ini dasarnya bukan part motor lokal disini, jadi cari bengkel yang sudah berpengalaman ya gan
dibawah ada contoh nya gan
yang dibawah ini pake turbo gan!
Ok Segitu Dulu dari ane
Semoga Bermanfaat Buat Agan
Terima Kasih Later!