alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Tidak Ada Hubungan Antara STRES Dan SUSAH TIDUR
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a2b5468cc95207b062cb1/tidak-ada-hubungan-antara-stres-dan-susah-tidur

Tidak Ada Hubungan Antara STRES Dan SUSAH TIDUR

Tidak Ada Hubungan Antara STRES Dan SUSAH TIDUR


Stres memiliki banyak konotasi negatif, tetapi itu adalah hal yang merupakan respons yang telah berevolusi pada manusia dan hewan yang memungkinkan mereka menghadapi situasi penting atau berbahaya.

Pada manusia, stres dapat menyebabkan sistem saraf pusat atau Central nervous system (CNS) melepaskan hormon, seperti andrenaline dan Kortisol. Hormon-hormon ini merespon dengan meningkatkan denyut jantung untuk mensirkulasikan darah ke organ-organ vital dan otot secara lebih efisien, memberikan aba-aba agar tubuh dapat mengambil tindakan secepatnya jika diperlukan.

Reaksi ini dikenal sebagai respon flight-or-flight (situasi respon stres akut yang merupakan respon terhadap kejadian yang dianggap berbahaya) dan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia selama tahap awal revolusi.

Saat ini, isu-isu yang bukan merupakan ancaman bertahan hidup dapat memicu respon flight-or-flight, misalnya masalah atau situasi ditempat kerja atau kesulitan dalam menjalani hubungan.

Apakah Stres Dapat Berpengaruh Pada Anda Dalam Jangka Waktu Yang Panjang?

Adalah normal jika anda merasa stres untuk sesekali waktu, tetapi perasaan stres yang kronis dapat menyebabkan sistem saraf pusat merespon pada keadaan tersebut sehingga membuat pikiran anda terus mencoba mempertahankan dan memberikan perlawanannya untuk waktu yang lama. Berada dalam kondisi ini dapat sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental sehingga berdampak negatif pada anda dalam jangka waktu yang panjang.

Salah satu efek yang dapat ditimbulkan adalah mengalami susah atau kesulitan dalam tidur. Karena kondisi kewaspadaan yang tinggi seperti ini juga dapat menunda timbulnya kantuk pada diri anda dan menyebabkan pikiran cepat cemas sehingga membuat pola sehat tidur yang dianjurkan untuk anda menjadi tidak cukup di malam hari, hal ini dapat menyebabkan stres lebih lanjut pada diri anda.

Menurut lembaga National Sleep Foundation Survey, 43% orang berusia 13-64 tahun telah dilaporkan terbangun dimalam hari setidaknya sekali dalam sebulan karena stres.

Efek Kurang tidur
Spoiler for spoiler:

Beberapa efek yang dialami seseorang apabila mengalami kondisi kurang tidur :
  • Menguapnya seseorang dalam kendaraan sehingga membuatnya kurang berkonsentrasi.
  • Meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke dan depresi
  • Tidak cukup tidur juga dapat menyebabkan suasana hati menjadi negatif, energi yang menurun, kesulitan berkonsentrasi dan ketidakmampuan umum lainnya.
  • Mengalami mimpi buruk dimalam hari tidak akan menyebabkan bahaya, tetapi kekurangan tidur yang berkala akan dapat meningkatkan beberapa resiko gangguan kesehatan kronis.

Menurut laporan sebuah lembaga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang meneliti masalah ini, mengungkapkan fakta bahwa orang-orang yang kurang tidur yakni kurang dari 7 jam perhari akan meningkatkan resiko dari dibawah ini :
  • Kegemukan
  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Stroke
  • Stres
  • Radang pada Sendi serta
  • Penyakit Ginjal

Meskipun kondisi dan faktor lain juga berperan penting, tetapi kondisi seseorang ketika mengalami kurang tidur cukup memberikan kontribusi pada perkembangan resiko penyakit diatas.

Langkah Mengurangi Tingkat Stres

Bagaimana cara mengurangi tingkat stres sehingga dapat memperbaiki pola tidur anda yang tidak sehat, Berikut perubahan gaya hidup yang perlu anda lakukan untuk membantu anda mengurangi stres:

1. Meditasi Mindfulness
Spoiler for spoiler:

Meditasi Mindfulness adalah teknik relaksasi yang bertujuan untuk membuat orang lebih sadar akan waktu yang sedang dia hadapi. Meditasi ini bertujuan untuk membuka pikiran, perasaan dan sensasi yang terjadi di dalam dan diluar tubuh anda tanpa bereaksi terhadapnya.

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa teknik ini memberikan beberapa manfaat yang berarti salah satunya membuat hati menjadi lebih tentram. Dalam Sebuah peninjauan yang dilakukan pada 47 percobaan, yang mencakup total 3.515 partisipan didalamnya, ditemukan bahwa meditasi yang satu ini mengarah pada perbaikan kecil dalam hal kecemasan, depresi dan stres pada diri manusia.

Kondisi sadar atau tidak sadar manusia ketika sedang bekerja dianggap mampu memberi perawatan klinis yang cukup. Mempraktekkan hal ini selama 10-30 menit sebelum tidur dapat menjadi efektif untuk mengurangi stres dan memperbaiki tidur anda di malam hari. Metode ini lebih cocok diterapkan sebagai metode rumahan.

2. Olahraga
Spoiler for spoiler:

Olahraga dapat mengurangi gejala kecemasan dan stres seperti latihan fisik yang merupakan alat untuk meningkatkan kesehatan mental (Ketentraman dan kesejahteraan) serta memberikan manfaat fisik bagi anda.

Penelitian menunjukkan bahwa efek latihan fisik dapat meningkatkan kesejahteraan dan ketentraman secara psikologis sehingga menjadikannya pengobatan dan terapi yang cocok untuk gangguan kecemasan dan stres dibanding perawatan dan metode lainnya.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 ditemukan bahwa aktivitas fisik adalah salah satu yang efektif dalam mengurangi gejala kecemasan dan stres pada diri anda.

Pembuktian lebih lanjut dalam hal ini didapatkan bahwa melakukan olahraga dapat berdampak langsung pada peningkatan kualitas tidur anda, terutama usia manusia diatas 40 tahun yang mengalami kesulitan tidur.

jika anda melakukan latihan fisik dengan intensitas sedang atau tinggi, seperti lari selama kurang lebih 30 menit, hal ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur anda.

3. Perubahan Gaya Hidup Lainnya
Spoiler for spoiler:

Perubahan gaya hidup dan langkah dibawah ini juga dapat membantu mengurangi tingkat stres anda, seperti halnya:
  • Beradaptasi dengan diet yang lebih sehat
  • Menurunkan asupan kafein dan alkohol
  • Menghindari mengambil pekerjaan dirumah yang beresiko stres atau memeriksa email kerja di malam hari
  • Mencari dukungan dari teman dan keluarga

Dalam hal mengurangi tingkat stres bisa jadi hal yang menantang bagi anda. Penting bagi seseorang untuk mengetahui sumber stres yang sedang dia hadapi, yang mungkin bisa berasal dari pekerjaan atau hubungan disekitar lingkungan mereka. Meskipun akan sulit dan lambat untuk mencari solusinya tetapi sangatlah penting untuk menghilangkan stres yang anda sedang alami.

Cobalah mengatasi masalah ini dengan pihak yang ahli sehingga dapat membantu anda mengatasi stres anda, seperti para profesional kesehatan mental yang mampu memberi perawatan dan juga bimbingan. Dukungan dan teman-teman serta anggota keluarga juga diperlukan dalam hal ini.

Sumber Referensi :


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
judul dan isi kok rada beda ?
Jika agan mengalami susah tidur, sebaiknya jangan menggunakan obat kimia terlebih dahulu, bisa coba menggunakan essential oil lavender, praktis tanpa khawatir efek samping.

Coba di klik link ini ya : bit.ly/LavenDER_EO

Atau silahkan komen jika pingin dapat promo beli satu gratis 1emoticon-Matabelo


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di