alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Tanda dan gejala seseorang terkena penyakit liver
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0a1f3e68cc957b2b75cf2f/tanda-dan-gejala-seseorang-terkena-penyakit-liver

Tanda dan gejala seseorang terkena penyakit liver

Hai agan semua !!! Perkenalkan nama saya Awang, saya member baru di kaskus. Pada thread kali ini saya akan berbagi informasi seputar tanda dan gejala penyakit liver.
Semoga tread percobaan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Dan mohon maaf bila treadnya masih acak-acakan maklum lagi belajar. 

Liver. Mungkin sudah banyak yang mendengar nama penyakit ini namun mungkin masih banyak juga yang belum mengetahui gejala atau ciri-ciri penyakit tersebut. Untuk itu saya akan mencoba menguraikan tentang penyakit liver.

Apa itu penyakit liver?

Liver adalah bahasa inggris dari kata "hati", dalam istilah kedokteran sering disebut hepar. Penyakit liver merupakan setiap gangguan pada fungsi hati sehingga menyebabkan masalah atau penyakit pada tubuh. hati merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Terganggunya fungsi hati dapat menyebabkan terjadinya kerusakan yang signifikan pada tubuh dan nantinya akan timbul gejala penyakit liver atau  hepatitic disease.
Hati merupakan organ terbesar dalam tubuh, dan juga dianggap kelenjar karena hati memiliki fungsi membuat dan mengeluarkan empedu. Hati berperan penting dalam banyak hal misalnya produksi protein dan pembekuan darah, metabolisme lemak, glukosa, kolesterol dan zat besi.

Ciri-ciri penyakit liver

Gejala atau ciri-ciri sang biasa di lihat pada penderita penyakit ini antara lain:
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut bagian kanan atas
  • Juandice (sakit kuning) atau perubahan warna pada kulit tubuh menjadi kuning karena terlalu banyak kadar bilirubin dalam aliran darah seseorang.
  • Sering merasa lemas atau kelelahan
  • Berkurangnya berat badan

Disamping itu, penyakit liver ini juga sering di sebabkan oleh penyakit lain pada hati sehingga memiliki gejala yang spesipik sesuai dengan penyebabnya sehingga berubah menjadi penyakit liver atau gagal hati.
Beberapa contoh penyakit liver yang disebabkan penyakit tertentu diantaranya:
  1. Penyakit Batu empedu
  2. Biasanya orang yang terkena penyakit ini  mengalami sakit pada bagian kanan atas perut dan muntah setelah memakan makanan yang berminyak (lemak). Jika kantong empedu terinpeksi  maka biasanya terjadi demam.
  3. Penyakit Gilbert
  4. Tidak memiliki gejala , biasanya diketahui secara tidak sengaja pada tes darah dimana terjadinya peningkatan kadar hilirubin pada darah.
  5. Sirosis
  6. Nama lengkapnya adalah sirosis hepatitis , disebabkan oleh hepatitis. Penyakit ini menujukan ketidak mampuan hati dalam memetabolisme produk limbah tubuh. Selain itu, hati juga gagal memproduksi protein , terganggunya fungsi pembekuan darah, dan fungsi otak.

Lebih lengkap berikut ini beberapa gejala penyakit liver akibat sirosis:
  1. Mudah memar akibat penurunan produksi pembekuan
  2. Gatal pada kulit akibat deposit garam pada kulit
  3. Ginekomestia yaitu pembesaran payudara pada pria dapat terjadi karena ketidak  seimbangan hormon seks.
  4. Peningkatan estradil.
  5. Impotensi (disfungsi ereksi) Libido menurun karena  penurunan fungsi hormon seks.
  6. Kebingungan dan kelesuan akibat meningkatnya kadar amonia darah (amonia adalah produk limbah yang berasal dari metabolisme protein yang seharusnya dibersihkan oleh hati).
  7. Ascites ciri penyakit liver ini mungkin sudah banyak yang tahu, yaitu perut buncit akibat penumpukan cairan pada rongga perut sebagai akibat dari penurunan produksi protein dalam darah.
  8. Otot-otot menjadi mengecil karena berkurannya produksi protein.
  9. Muntah darah atau pendarahan esofagus , akibat peningkatan tekanan dalam hati. Peningkatan tekanan pada vena portal menyebabkan aliran darah kehati menjadi lambat akibatnya pembuluh darah menjadi bengkak dan rapuh (varises esofagus) . Jika terus berlangsung varises esofagus bisa menjadi pecah sehingga berdarah.

Penyakit liver memang biasanya terjadi secara bertahap bahkan pada tahap awal banyak yang tidak menyadarinya . Oleh karena itu, jika agan mengalami gejala seperti lemah, lelah, menurunnya berat badan, perut kembung, mual,dan muntah segera lah periksakan ke dokter munggkin anda mempunyai masalah liver.

Demikian tadi penjelasan singkat saya mengenai ciri-ciri dari penyakit liver, Pesan saya selalu melakukan pola hidup sehat, olah raga dengan teratur, konsumsi makanan yang bergizi seimbang , terutama selalu bersyukur atas nikmat yang telah alloh swt  berikan.
Quote:


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Cendol Gan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di