alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Minum Kopi Bagi Penderita Hipertensi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09edab92523361688b4567/minum-kopi-bagi-penderita-hipertensi

Minum Kopi Bagi Penderita Hipertensi

Apa itu Hipertensi ?
Hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi, yaitu kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG untuk dan 90 mmHG untuk diastolik. Sistolik adalah saat jantung memompa darah seluruh tubuh (tekanan maksimal), dan Diastolik yaitu kondisi dimana jantung sedang beristirahat sambil mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah (tekanan terendah). Tekanan darah normal yaitu berkisar di angka 120/80 mmHG.

Lalu apakah meminum kopi dilarang bagi penderita hipertensi ?
Pada masa sekarang ini kopi memang telah menjadi minuman yang dusukai oleh banyak orang, baik pria maupun wanita, khususnya kalangan anak muda. Kopi bias menemani waktu bersantai atau berkumpul dengan teman, dan dapat menghilangkan rasa stres. Tapi ada sebuah pertanyaan yang mucul, mengenai larangan meminum kopi bagi penderita hipertensi.

Hasil penelitian memberi fakta bawha kafein yang terkandung pada kopi, dapat membuat tekanan darah meningkat. Kafein dapat merangsang kelenjar adrenal untuk memproduksi hormone adrenal yang lebih banyak. Sehingga akan mempengaruhi diameter pembuluh darah yang kemudian mengakibatkan naiknya darah.

Dalam penelitian lainnya juga membuktikan bahwa memkonsumsi kopi bisa membuat kenerja obat penurun tekanan darah tinggi menjadi tidak efektif. Padahal, penderita hipertensi harus tetap menjaga tekanan darahnya supaya tetap normal, agar tidak sampai mengalami penyakit yang lebih berbahaya, misalnya stoke dan serangan jantung.

Kesimpulannya, Menurut pakar kesehatan menerangkan bahwa jika ingin mengonsumsi kopi lebih baik periksa dulu berapa tekanan darah anda. Pemeriksaan tersebut akan memastikan apakah di perbolehkan minum kopi atau tidak. Bagi penderita hipertensi jika memang di perbolehkan meminum kopi, maka sebaiknya membatasi konsumsi kafein tidak lebih dari 1 cangkir per harinya. Atau anda bisa memilih jenis kopi yang memiliki tingkat kafein yang rendah. Penderita hipertensi biasanya mereka memilih kopi decaf sebagai penggantinya, karena kopi decaf rendah akan tingkat kafeinnya. 


 Baca Juga : Kanker Payudara Bisa Sembuh

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di