alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Akibat Jarang Berolahraga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c09e041d89b09ca218b4569/akibat-jarang-berolahraga

Akibat Jarang Berolahraga

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dam menjaga fungsi tubuh supaya berjalan secara optimal. Bagi orang yang jarang berolahraga tentunya pernyataan di atas bukanlah sekedar main-main, karena jarang olahraga memiliki tingkat risiko kematian yang lebih tinggi dari pada orang yang terkena hipertensi, diabetes dan jantung. Bahkan menurut penelitian jurnal JAMA Network Open menerangkan, bahwa orang yang jarang berolahraga memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dari penyakit lainnya , yaitu sekitar 30 %. 
Jarang olahraga juga bias berdampak pada kesehatan tubuh. Berikut dibawah ini akibat buruk yang bisa terjadi jika kita malas untuk berolahraga, baik itu akibat jangka pendek, menengah dan jangka panjang :
 
Picu stres
Orang yang jarang bergerak atau berolahraga akan berisiko terkena tekanan jiwa atau stress, sehingga akan memicu datingnya berbagai penyakit. Hal ini tidak akan terjadi jika anda melakukan olahraga secara teratur, karena dengan olahraga akan melepaskan endorfin yang akan membuat hati lebih bahagia dan lebih tenang.  Jika hati tenang dan bahagia maka kita pun tidak akan mungkin terkena stress.
 
Susah Tidur
Bagi orang yang susah tidur sering kali menkaitnyanya dengan stress atau sedang memiliki banyak pikiran. Itu bener juga, tapi teori olahraga ini lebih jelas dan lebih masuk akal. Susah tidur terjadi akibat tubuh yang kurang aktif, sehingga energi tubuh masih tersimpan banyak dan membuat kita terjaga  lebih lama,  maka tidur pun akan sulit. Berbeda dengan orang yang suka ber olahraga, bayangkan saja setelah olahraga pasti energi akan terbuah dan akan Lelah, pasti gampang sekali untuk tidur. 
 
Metabolisme Lambat
Semakin kita jarang berolahraga, maka semakin malas juga untuk beraktivitas. Hal ini terjadi karena adanya penurunan terhadap kecepatan metabolism tubuh yang diakibatkan oleh jarangnya olahraga. Mau tidak mau jika ingin memiliki metabolism tubuh yang bugas, maka segeralah untuk berolahraga dengan teratur.
 
Darah Tinggi
Salah satu fungsi dari melakukan olahraga yaitu membantu melancarkan system peredaran darah. Jika seseorang malas berolahraga ataupun kurang beraktivitas, maka aliran darah dalam tubuh pun menjadi tidak lancar. Jika aliran darah tidak sempurna akan berisiko terkena darah tinggi, bahkan bias mengakibatkan serangan jantung, kerusakan ginjal dan stroke.
 
Kegemukan
Kegemukan atau obesitas terjadi karena banyaknya lemak yang menumpuk dalam tubuh. Jika anda jarang berolahraga maka lemakpun akan menumpuk , dan berat badan akan terus bertambah. Sebainya, anda rutin melakukan olahraga agar berat badan dapat terkontrol dengan baik.  
 
Osteoporis
Kurangnya pergerakan pada tubuh atau jarang untuk berolahraga, akan berdampak pada kesehatan tulang. Otot-otot tulang akan meluruh dan berisiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.
 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di