alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sebelum Amerika Serikat dan Uni Soviet, Status Adidaya Dipegang Oleh Negara Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0953d5e052278d5c8b4567/sebelum-amerika-serikat-dan-uni-soviet-status-adidaya-dipegang-oleh-negara-ini

Sebelum Amerika Serikat dan Uni Soviet, Status Adidaya Dipegang Oleh Negara Ini

Abad ke-20 menjadi masa dimana Amerika Serikat dan Uni Soviet memegang status sebagai negara adidaya. Dua negara ini saling bersaing untuk menguasai dunia dalam berbagai bidang. Pasca runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Amerika Serikat mendominasi sendirian. Baru beberapa tahun belakangan ini dominasi Amerika Serikat mulai diusik oleh China.


Sebelum Amerika Serikat dan Uni Soviet, Status Adidaya Dipegang Oleh Negara Ini

Bendera Amerika Serikat dan Uni Soviet (Sumber : Rbth.com)



Sebelum Amerika Serikat dan Uni Soviet, status negara adidaya dipegang oleh salah satu negara di Eropa Barat. Negara tersebut memiliki banyak wilayah koloni, protektorat, mandat dan lain-lain. Negara tersebut adalah Britania Raya. Britania Raya dan seluruh wilayah kekuasaannya dikenal dengan nama Imperium Britania atau British Empire.

Puncak dari Imperium Bratania ini terjadi pada tahun 1922. Imperium ini mencakup populasi sekitar 458 jiwa atau seperlima populasi dunia saat itu. Luas wilayahnya membentang sepanjang 33.700.000 kilometer persegi atau seperempat dari total luas bumi. Britania Raya berhasil menciptakan imperium terbesar sepanjang sejarah umat manusia. 

Sebelum Amerika Serikat dan Uni Soviet, Status Adidaya Dipegang Oleh Negara Ini

Peta Imperium Britania tahun 1922 (sumber : reddit.com)


Britania Raya merupakan Negara Eropa yang paling sukses dalam melakukan penjelajahan dan penaklukan wilayah kekuasaan. Sebenarnya penjejalahan bangsa Eropa dipelopori oleh Negara Portugal dan Spanyol pada abad ke-15 hingga 16. Kemudian disusul oleh Britania Raya, Prancis, dan Belanda. 

Britania Raya sendiri meraih serangkaian kemenangan dalam merebut wilayah-wilayah koloni yang lebih dulu dikuasai oleh bangsa Eropa lainnya. Diantaranya adalah peperangan melawan Prancis dan Belanda pada abad ke-17 dan 18 yang membuat Britania Raya berhasil menguasai wilayah-wilayah koloni besar seperti India dan Amerika Utara. 

Amerika Serikat yang kita kenal sekarang ini juga merupakan bekas koloni dari Britania Raya. Amerika Serikat meraih kemerdekaan dipicu oleh perang yang dikenal dengan nama Perang Revolusi Amerika Serikat. Perang ini sendiri terjadi pada tahun 1775-1783. Amerika serikat berhasil memenangi perang tersebut dan meraih kemerdekaan dari Britania Raya. Selama terjadinya perang, pasokan persenjataan untuk Amerika Serikat disuplai oleh Prancis, Spanyol dan Belanda yang merupakan saingan Britania Raya dalam melakukan kolonialisme. Lepasnya Amerika Serikat menjadi kerugian besar bagi Britania Raya. Pasalnya Amerika Serikat merupakan salah satu wilayah terluas dan populasi terbesar yang pernah dikuasai oleh Britania Raya. 

Sebelum Amerika Serikat dan Uni Soviet, Status Adidaya Dipegang Oleh Negara Ini

Perang Revolusi Amerika Serikat (sumber : britishbattles.com)


Posisi Britania Raya semakin melemah pasca perang dunia kedua. Satu per satu wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Britania Raya memerdekakan diri. Diantaranya adalah India, Malaysia, Pakistan, Mesir dll. Ditambah lagi lahirnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai kekuatan baru dunia yang merupakan dua negara pemenang dalam perang dunia kedua. 

Sekarang Britania Raya sudah bukan kekuatan utama dunia lagi. Namun sejarah pernah mencatat bahwasanya Britania Raya pernah menjadi kekuatan utama dunia. Bahkan memiliki imperium terbesar sepanjang sejarah umat manusia. 

Referensi :
https://www.theweek.co.uk/history/93...id-it-collapse
https://www.washingtonpost.com/news/...=.2d8081068b09

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Pertamaxxx emoticon-Recommended Seller
negara jajahan paling banyak
Quote:

Benar sekali. Makanya bahasa inggris menjadi bahasa internasional
Ceritain hebatnya dutch kingdom juga dong
Quote:

Oke, sip gan. Memang kala itu eropa begitu mendominasi
mau lagak apalah bule paok bla bla bla
gimana? udah mirip belom?
Quote:

Anggap aja udah gan
sweden jaman awal perang dingin pernah disebut jane's sebagai kekuatan udara kelima terkuat di dunia (sebelum cina komunis buka diri). terutama sejak masuknya saab j35 draken (1959) yang terkenal punya operational lifetime yang cukup panjang (hingga saat terakhir 2002 operasional di au swedia dan 2005 pensiun di au austria)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Ada 2 negara superpower sih dahulu: United Kingdom dan France
Quote:


perancis!!!!
.
makanya gan, jangan ngejek orang pendek, pendek-pendek gitu bisa bikin eropa daratan kalang kabut
.
emoticon-Ngakak
.
tapi tetep saja kalah sama kerajaan emak2 (god save the emak)
ini membuktikan sekuat apapun adidaya akan beralih dan seterusnya digantikan dengan yang lain..
Sebelumnya ada Romawi gan
britania raya memang mbrrremoticon-Matabelo
Balasan post arifdoank
Quote:


Krn eropa yg kenal teknologi terbaru setelah lewati masa dogma kegelapan yg dikenal as era pencerahan akal sehat hingga revolusi industri di inggris.
pantes cewek inggris cantik2
Super power pada masanya
Knp kini redup gan?
Quote:

Iya. Sebelumnya sempat tertinggal dari peradaban islam
Quote:

Klu mundur terus ke sebelumnya, bakal panjang ceritanya gan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di