alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c090e2196bde64c1f8b4568/yuk-kenali-model-pendidikan-preschool-di-indonesia

Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia

Model pendidikan Preschool yang anda pilih untuk anak
Model pendidikan Preschool yang anda pilih untuk anak
Preschool Kurikulum Kemendikbud
0%
Preschool Berbasis Pendidikan Agama
0%
Preschool Alam
0%
Preschool Montessori
0%
Preschool Sentra
0%
Preschool Regio Emilia
0%
Preschool Waldorf
0%
Preschool Kurikulum Cambridge
0%
Preschool Kurikulum Singapore
0%
Preschool Kurikulum Amerika
0%
Preschool Lainnya
0%
Assalamualaikum.
Buat Agan/Aganwati ..terutama yang lagi sibuk pilih preschool (disebut TK atau PAUD juga bisa, karena lebih penekanan pada trend aja, meskipun sedikit beda filosofi aslinya) buat anak. Kebanyakan dari kita milih Preschool itu cuma berdasarkan faktor biaya, lokasi, fasilitas dan reputasi sekolah.
Tapi sebenernya kita juga perlu tau model pendidikan (bukan model pembelajaran ya, tapi basis filosofinya) yang dipakai di preschool tersebut. Kenapa perlu tau ? Jawabannya sih perlu soalnya banyak perbedaan tiap model pendidikan, dari filosofinya - fokusnya - teknik menyusun kurikulum dan observasinya - kualifikasi gurunya - setting kelas dan sekolahnya - juga apparatusnya (alat peraga belajar), biayanya juga bisa sangat bervariasi.
Kita bahas satu2 ya, tapi cuma yang ada di Indonesia lho..di negara laen ane ga tau banyak

1. Preschool Kurikulum Kemendikbud
Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia


Ini Model Preschool paling umum dan paling banyak jumlahnya di Indonesia, ada yang negeri dan swasta. Kurikulum yang umumnya dipake adalah kurikulum 2013 plus kreativitas guru. Ukuran sekolahnya bervariasi (ada yang cuma 60m sampai yang 2000m) dan biayanya (ada yang gratis, 10rb sebulan, 800ribu sebulan).
Cuma yang agak bikin sedih adalah TK negeri seringkali gurunya masih guru bantuan (maksudnya bukan guru beneran, bisa cuma ibu2 rumahan atau ibu PKK yang ga sibuk dan mau digaji 100-400rb sebulan), soalnya emang rada ga jelas tenaga guru PNS buat TK Negeri itu ada apa engga.
Keunggulannya apa ? yang jelas sih sekolahnya banyak dan tersebar, tinggal pilih...soal kualitas bergantung kepada sekolah dan gurunya. Untuk yang kesulitan biaya bisa pilih TK Negeri

2. Preschool Berbasis Pendidikan Agama
Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia

Model ini menambahkan porsi pendidikan Agama dalam porsi cukup banyak ke dalam kurikulum pembelajarannya. Yang ane tau ada Preschool Islam (kadang berbentuk TPA di Masjid) dan juga Preschool Kristen, untuk agama lain kurang tau saya Preschoolnya.
Preschool ini juga bervariasi ukuran sekolahnya, biayanya dan kegiatan pendalaman agamanya. Kurikulum utama yang dipakai TK berbasis pendidikan agama umumnya adalah modifikasi dari kurikulum 2013, atau modifikasi kurikulum dengan filosofi tertentu.
Keunggulan bersekolah di Preschool berbasis Agama adalah anak akan sejak dini mengenal konsep beragama, selain itu punya keunggulan dasar bila hendak masuk ke SD berbasis pendidikan Agama (adaptasi dan dasar kompetensinya lebih baik)

3. Preschool Alam
Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia

Preschool Alam adalah model yang dikembangkan sejak 90an akhir di Indonesia dengan harapan anak bisa banyak kegiatan di luar kelas dengan alam. Namun jumlahnya ga banyak di Indonesia, umumnya cuma ada di kota besar. Termasuk model yang cukup trend buat orang-orang yang anti pendidikan standar.
Ciri khasnya adalah halaman yang luas dengan ruang terbuka , ada kelas, saung, rumah pohon, kolam, danau, sawah, lapangan permainan, lab perkebunan, permainan outbond mini, peternakan, dsb ( tergantung sekolahnya juga sih).
Luasnya ga kira-kira..jauh kalo dibandingin Preschool biasa, banyak yang luasnya diatas 1 HA.
Untuk biaya kira2 mulai dari 400ribuan sampai 1 jutaan per bulan (cuma SPP lho ya)

4. Preschool Filosofi Luar Negeri
Nah, setelah tiga model sebelumnya dari dalam negeri...selanjutnya kita bahas singkat nih model preschool adaptasi dari luar negeri.
A. Preschool Montessori
Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia
Preschool model ini termasuk yang sedang trend dalam lima tahun terakhir, padahal sudah ada di Indonesia sejak 2000 awal, dan filosofinya sudah berumur lebih dari 100 tahun (orang Italia). Preschool ini mulai menjamur di berbagai kota di Indonesia, dari sekolah dengan ukuran kecil (rumah) hingga yang besar.

Filosofi Montessori menekankan pada kemandirian dan kebebasan anak dalam belajar. Di dalam kelas akan tersedia lima area utama : practical life, sensorial, language, math dan culture. Selain itu bisa ditambahkan seni dan belajar komputer.

Preschool ini sangat cocok untuk melatih fokus dan ketenangan anak yang senang belajar. Setiap hari anak belajar hal baru dan kemudian diberikan kebebasan untuk menggunakan aparatus apapun yang diinginkannya.

Biaya sekolah disini umumnya mulai 500ribuan hingga 2 jutaan per bulan (sekali lagi, cuma SPP ya)


B. Preschool Sentra (BCCT)

Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia

Preschool Sentra adalah model adaptasi dari model pendidikan BCCT (Salah satu temuan peneliti anak Amerika sejak 1970an). Preschool ini terlihat mulai banyak setidaknya sejak 2010 di berbagai kota dan langsung banyak diaplikasikan di sejumlah Preschool. Uniknya banyak juga Preschool negeri dan Preschool berbasis Agama yang mengadaptasi model Sentra dalam sekolahnya. Paling tidak ini dikarenakan model Sentra mudah dipelajari bagi para guru dan aparatusnya cenderung tidak mahal serta mudah ditemukan.

Model Sentra mengharuskan sekolah dibagi atas beberapa area/kelas, misalnya : sentra balok, sentra matematika, sentra agama, sentra ilmu alam, dsb (jumlah sentra/area berkisar antara 5 sampai 12 per sekolah). Kelompok belajar Anak hanya belajar pada satu sentra/area setiap harinya, hingga besoknya belajar di sentra/area lain, dst.

Preschool model sentra relatif masih banyak yang terjangkau biayanya, mulai dari 50ribuan hingga 500 ribuan sebulan


C. Preschool Regio Emillia

Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia

Preschool Regio Emilia (nama lokasi di Italia, bukan nama orang ya) dikembangkan sejak lama di Italia. Untuk saat ini masih sangat jarang preschoolnya di Indonesia, setau saya hanya ada beberapa di kota besar.

Konsep utamanya adalah membangun kedekatan anak dengan lingkunganya, mempelajari kemampuan dasar dalam belajar berproses kerja dan mengobservasi sesuatu. Anak akan sering belajar suatu proses dan siklus kerja di Preschool Regio Emilia, misalnya memahami siklus planet, tumbuhan, lautan, kendaraan, dsb.

Untuk biaya kemungkinan lebih dari satu jutaan per bulan (mudah mudahan loh ya, cuma asumsi)


D. Preschool Waldorf

Yuk.. Kenali Model Pendidikan Preschool di Indonesia

Masih ada lagi ? Ya ini masih ada Preschool dengan model pendidikan Waldorf. Kalo ga salah ini tua banget model pendidikannya, soalnya penemu Montessori aja sempet sekolah di sekolah model ini.

Penekanan model Waldorf adalah mengembangkan kreativitas, imajinasi dan kecepatan adaptasi dalam lingkungan sekolah yang disetting semirip mungkin dengan suasana rumah (biar ga berasa lagi sekolah), banyak melibatkan kegiatan bermain bersama orang tua juga.

Sayangnya ini Preschoolnya juga masih jarang dan ga terlalu trend saat ini. Biaya mungkin sekitar satu jutaan lebih sebulan (cuma asumsi ya gan..jangan ngamebk kalo salah)


E. Model Preschool berbasis Nama Negara/Institusi

Udah kan ? Ada dikit lagi nih yang ane ga bisa bahas panjang lebar.

Kalo model preschool dengan embel2 kurikulum lembaga/negara biasanya mengadopsi kurikulum dan perubahannya di tempat aslinya.

Preschool di Indonesia yang kaya gini berbentuk cabang atau franschise. Ada beberapa model yang populer sebagai basis kurikulumnya, sebut aja : Preschool Cambridge (kurikulumnya dari para ahli Universitas Cambridge), Preschool Singapore dan Preschool Amerika (ini ane ga paham juga, apa maksudnya sesuai kurikulum preschool negara sana apa bagaimana).

Biaya bersekolah disini juga umumnya di atas setu jutaan per bulan.


Ok..demikian semoga bermanfaat ya gan buat pilih-pilih Preschool anaknya.

Wassalamualaikum


Sumber Gambar : Google Search

Sumber Referensi : Hasil Baca sejumlah Buku dan jurnal, Penelitian dan Pengamatan, pengalaman pribadi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di