alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c08f432c1d770736b8b4568/mengenal-kedipan-pada-motor-injeksi

Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi

 
Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi

 
Jakarta-  Teknologi di dunia otomotif semakin canggih saja terlihat dari kehadiran injeksi pada sepeda motor, karena sebelumnya kehadiran injeksi hanya pada kendaraan roda empat saja. Dengan semakin pesatnya teknologi yang dihadirkan tentunya hal ini sangat memberikan keuntungan baik bagi konsumen atau pelaku jasa service kendaraan.
 
Saat ini semua kendaraan bermotor sudah semakin canggih, dengan adanya sistem injeksi sebagai pengganti karburator yang ada pada sepeda motor. Injeksi merupakan teknologi baru yang disematkan pada motor-motor dengan metode pencampuran udara dan bahan bakar dalam kendaraan bermotor, supaya menghasilkan pembakaran sempurna. 

Sistem injeksi memerlukan perangkat bernama injektor, injektor inilah yang bertugas untuk menyuplai campuran udara dengan bahan bakar. Kehadiran injektor ini otomatis menghilangkan sistem karburator yang biasa dipakai motor-motor keluaran sebelum 2005.
 
Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi

 
Injeksi sendiri memiliki kelebihan cukup baik dibanding karburator namun injeksi juga mempunyai sedikit kekurangan. Setiap sepeda motor injeksi menempatkan sensor-sensornya pada hampir seluruh bagian motor. Jiak terjadi kerusakan atau masalah lainnya pada komponen, maka akan ada pemberitahuan dari kedipan lampu pada sensor, setiap kedipan penanda masalah ini memiliki istilah Malfunction Indicator Light (MIL).
 
Lampu MIL pada umumnya memiliki warna kuning dan bergambar mesin atau sering juga disebut lampu Check Engine, letak lampu ini berada di bagian speedometer, tanda kedipan ini akan terlihat selama 2 detik pertama saat kunci kontak diputar ke arah ON. Jika terdapat masalah pada sistem injeksi motor Anda, pada detik berikutnya MIL akan mati.

Jumlah kedipan MIL bisa bervariasi tergantung sensor komponen mana yang rusak, untuk memperbaiki atau sekedar mengetahui makna dari kedipan MIL biasanya pada bengkel resmi menggunakan alat Scanner atau Diagnostic Tools, Tapi kita sendiri juga bisa mengerti kedipan MIL itu sendiri dengan membaca kedipan lampu indikator motor injeksi dan mengerti arti kedipan lampu itu sendiri, tiap-tiap kedipan mempunyai arti yang berbeda.

Pada dasarnya ada 2 jenis kedipan penyebab lampu indikator injeksi menyala :
1. Kedipan Panjang : kurang lebih 1,3 detik yang berarti 10
2. Kedipan Pendek : sekitar 0,3 detik yang berarti 1

Jadi misalnya terjadi kedipan panjang 2 kali dan kedipan pendek 7 kali maka nilai MIL nya adalah 27, jika ditemukan lebih dari kerusakan maka Error System atau pemberitahuan antara satu MIL dan berikutnya ada jeda kurang-lebih 3-5 detik.

Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi


Berikut adalah arti dari kedipan lampu indikator motor injeksi untuk Sepeda Motor Honda PGM-Fi :
 - 1 Kedipan 
Terjadi kerusakan pada sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) dan tingkat kevakuman pada intake manifold tidak stabil. MAP sendiri dipasang untuk mendeteksi jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Sehingga ketika listrik mengalir melalui variable resistor, voltase berubah berdasarkan pada tekanan yang dideteksi dan voltase yang dihasilkan dipakai sebagai sinyal pengeluaran dari MAP. Sementara ECM menerima sinyal pengeluaran dari sensor sebagai voltase yang berubah-ubah. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, kedipan ini hanya berarti mesin bekerja masih dengan tahap normal namun kurang bertenaga pada putaran atas. 
 
- 7 Kedipan 
7 kedipan merupakan sinyal indikator kerusakan pada bagian sensor Engine Oil Temperature (EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT). Sensor tersebut digunakan untuk mendeteksi perubahan suhu mesin dengan mengubahnya ke dalam perubahan pada nilai tambahan thermistor. Kemudian sinyal elektrik yang dihasilkan oleh sensor tersebut dikirimkan ke ECM untuk menyesuaikan jumlah injeksi bahan bakar dan waktu pengapian berdasarkan temperatur mesin. Sehingga jika terjadi kerusakan pada sensor EOT maupun ECT maka akibatnya mesin akan sulit dihidupkan pada kondisi mesin dingin dan mesin juga menjadi cepat panas. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.

- 8 Kedipan
Kedipan ini merupakan kode kerusakan yang paling berpengaruh pada performa mesin. Kedipan ini memberikan sinyal bahwa sensor Throttle Position (TP sensor) pada motor anda bermasalah. TP sensor ini dipasang pada sumbu yang sama dengan thorttle valve dan memakai variable resistor yang berubah berdasarkan bukaan thorttle valve. Jika sensor ini rusak maka akselerasi mesin motor Anda akan menurun.

- 9 Kedipan 
Kedipan ini berhubungan dengan kerusakan pada sensor Intake Air Temperature (IAT). IAT dipasang agar dapat mengatur percampuran udara dan bahan bakar sesuai dengan temperatur udara pada intake. Jika sensor ini rusak memang tidak terasa berpengaruh pada mesin akan tetapi lebih baiknya jika Anda tetap harus memperbaiki kerusakan ini agar tidak menjalar pada komponen lain.

- 12 Kedipan
Kode sinyal kedipan berjumlah 12 kali ini juga salah satu kerusakan sistem injeksi yang termasuk fatal. Bisa dipastikan jika MIL mengirimkan kode sebanyak 12 kedipan maka pasti motor Anda dalam keadaan mati atau mogok. Injektor bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold. Jika injektor yang menempel pada thorttle body bermasalah, maka mesin motor Anda tidak akan menyala. Karena tidak adanya asupan bahan bakar yang disalurkan ke dalam ruang bakar.

- 21 Kedipan
21 kedipan MIL mengisyaratkan bahwa sensor O2 yang terdapat pada motor Honda PGM-FI sedang mengalami kerusakan. Cara kerja sensor ini adalah untuk memperbaiki campuran udara dan bahan bakar dengan mendeteksi konsentrasi oksigen dari hasil pembakaran. Sensor yang terpasang pada bagian saluran pembuangan silinder head ini ketika terjadi kerusakan memang tidaklah berpengaruh pada performa mesin namun jumlah kedipan yang didapatkan pada MIL memberikan saran agar Anda memperbaiki kerusakan tersebut.

- 29 Kedipan
Kedipan ini mendeteksi sensor Idle Air Control Valve (IACV) yang bermasalah. IACV mengatur jumlah aliran udara pada putaran stasioner, pengaturan tersebut melalui throttle valve dengan mengoperasikan slide valve sesuai dengan sinyal pemasukan dari ECM agar dapat mempertahankan putaran stasioner mesin yang ditentukan standar.

- 33 Kedipan
Kedipan ini berasal kerusakan bagian otak motor Honda PGM-FI yakni dari Engine Control Module (ECM). ECM bekerja dengan menerima sinyal yang dihasilkan oleh sensor-sensor yang terdapat pada mesin kemudian ECU akan mengolah data tersebut menggunakan peta kinerja multi dimensi (look-up table) untuk menentukan pencampuran air, udara, bahan bakar yang digunakan untuk mesin Honda PGM-FI. Masalah ini mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan dan sering mengalami mati mendadak.

- 54 Kedipan
Kedipan yang terakhir mendeteksi bahwa Bank Angle Sensor pada motor Anda bermasalah. Bank Angle Sensor tugasnya adalah memberikan sensor posisi motor ketika terjadi kecelakaan. Jika motor terjatuh, secara otomatis memutuskan kerja PGM-FI maka mesin motor akan mati. Karena injector, pompa bahan bakar dan ignition coil dimatikan oleh sensor tersebut.

Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi


Sedangkan untuk Sepeda Motor jenis Yamaha cara perhitungan masih sama dengan Sepeda Motor Honda.
Berikut ini arti kedipan MIL pada Sepeda Motor injeksi Yamaha YMJET-Fi :
- 12 Kedipan 
Crankshaft Position Sensor : Tidak ada sinyal normal yang diterima dari sensor ini

- 13 Kedipan
Intake Air Pressure Sensor : Open atau Short Circuit

- 14 Kedipan 
Intake Air Pressure Sensor ( sama dengan 13 Kedipan)

- 15 Kedipan
Throttle Position Sensor : Open atau Short Circuit

- 16 Kedipan
Throttle Position Sensor : Macet atau lengket

- 21 Kedipan
Coolant Temperature Sensor : Open atau Short Circuit

- 30 Kedipan
Lean Angle Sensor : Macet atau rusak

- 33 Kedipan
Ignition Coil

-39 Kedipan
Fuel Injector : Open atau Short Circuit

- 44 Kedipan
Pembacaan dan penulisan pada EPROM error

- 46 Kedipan
Suplay power ke sistem fuel injection tidak normal

- 50 Kedipan
Kerusakan pada memori

Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi


Berikut ini arti kedipan untuk Sepeda Motor Kawasaki KE-Fi :
- 11 Kedipan : Sensor main throttle tidak berfungsi

- 12 Kedipan : Sensor tekanan udara inlet tidak berfungsi (Untuk 13 & 14 Kedipan sama dengan 12 Kedipan)

- 21 Kedipan : Sensor crankshaft tidak berfungsi

-24 Kedipan : Sensor kecepatan tidak berfungsi

-31 Kedipan : Sensor Vehicle down tidak berfungsi

- 32 Kedipan : Model TH atau EUR, sensor subthrottle tidak berfungsi; Model IN, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi.

- 33 Kedipan : Sensor oksigen tidak aktif

- 41 Kedipan : Injector tidak berfungsi

- 46 Kedipan : Relay pompa bahan bakar tidak berfungsi

- 51 Kedipan : Koil pengapian tidak berfungsi

- 62 Kedipan : Model TH atau EUR, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi; model IN, sensor subthrottle tidak berfungsi

- 64 Kedipan : Katup pengganti udara tidak berfungsi

- 67 Kedipan : Pemanas sensor oksigen tidak berfungsi
 
Mengenal Kedipan pada Motor Injeksi


Berikut adalah arti kedipan untuk Sepeda Motor Suzuki Injeksi DCP-Fi :
- 12 Kedipan : CKP sensor

- 13 Kedipan : IAP sensor

- 14 Kedipan : TP sensor

- 15 Kedipan : ET sensor

- 21 Kedipan : IAT sensor

- 23 Kedipan : TO sensor

- 24 Kedipan : Ignition Koil

- 32 Kedipan : Fuel Injection

- 40 Kedipan : ISC valve

- 42 Kedipan : Ignition Switch

- 44 Kedipan : HO2 sensor

Pastinya jika ada masalah pastinya ada penyelesaian bukan, Berikut adalah cara reset atau cara mengatasi masalah kedipan lampu indikator semua motor injeksi :
Sebelumnya pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu, kemudian ikuti langkah berikut ini :
  • Putar kunci kontak ke "ON" (Pastikan MIL menunjukan kedipan kode kegagalan fungsi - baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
  • Matikan kunci kontak ke "OFF"
  • Pasang DLC Shorts Connector
  • Putar kunci kontak ke "ON"
  • Di saat MIL menyala (± 5 detik) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi/berkedip cepat tanpa henti , maka reset berhasil)
  • Putar kunci kontak ke "OFF"
  • Lepas DLC Shorts Connector
  • Putar kunci kontak ke "ON"


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Ijin nyimak huemoticon-Hai
Balasan post cabemerah7
punya gw kadang kedip2, tapi gak ada panjang pendek jadigak gw itungin, setelah jalan 5 menitan, mati.
mau bawa ke dealer, takut emoticon-Berduka (S)

takut pulang2 bawa motor baru emoticon-Cool
Balasan post xperianz.toro
siap komandan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di