alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c08b803c1d77071348b4567/mengenal-lebih-dekat-apa-itu-android-lengkap

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Misi suhu2 Andoid ini post pertama ane, cuma mo sharing sedikit nih tentang android, Mudah2an Post Pertama di Forum Android ini bermanfaat dan berguna minimal bertambah pengetahuan dan wawasan seputar Android...
emoticon-Wakakaemoticon-Traveller
Handphone / Hp Android semakin populer di dunia dan menjadi saingan serius untuk para vendor handphone yang telah ada sebelumnya laksana Nokia, Blackberry dan iPhone.
[hr]
Tapi bila kamu menanyakan ke orang Indonesia banyak sekali “Apa tersebut Android ?” Kebanyakan orang tidak bakal tahu apa tersebut Android, dan meskipun terdapat yang tahu pasti melulu untuk orang tertentu yang geek / update dalam teknologi.
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Ini diakibatkan karena masyarakat Indonesia melulu mengenal 3 brand  handphone yakni BlackBerry, Nokia, dan brand  lainnya emoticon-Smilie

Ada sejumlah hal yang menciptakan Android susah (belum) diterima oleh pasar Indonesia, antara lain:
Kebanyakan handphone Android memakai input touchscreen yang tidak cukup populer di Indonesia,
Android memerlukan koneksi internet yang paling cepat guna memaksimalkan kegunaannya sebenarnya Internet dari Operator selular Indonesia tidak cukup dapat diandalkan,

Apa Itu Android
Android ialah sistem operasi yang dipakai di smartphone dan pun tablet PC. Fungsinya sama laksana sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.
Sejarah Android
Sedikit kisah sejarah android, Android ialah sistem operasi berbasis kernel Linux yang pada tadinya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung Google keuangan dan lantas dibeli pada tahun 2005.
Android ini diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance-konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan guna memajukan standar perlengkapan selular.
Smartphone yang terdapat untuk publik kesatu kalinya yang menjalankan Android ialah HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008, tentu kamu yang belum tahu pasti mengasumsikan bahwa Samsung ialah smartphone android yang kesatu kali keluar, benar kan?? 😀 bila benar silahkan beri komentar.
Sumber – Wikipedia

Android tidak terbelenggu ke satu brand  Handphone saja, sejumlah vendor familiar yang sudah menggunakan Android antara beda Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.

Android kesatu kali dikembangkan oleh perusahaan mempunyai nama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android diciptakan dengan basis kernel Linux yang sudah dimodifikasi, dan untuk masing-masing release-nya diberi kode nama menurut nama hidangan makanan.
Keunggulan utama Android ialah gratis dan open source, yang menciptakan smartphone Android dipasarkan lebih murah dikomparasikan dengan Blackberry atau iPhone walau fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.
Beberapa fitur utama dari Android antara beda WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung tidak sedikit jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta pun kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Perkembangan Jenis Versi Android
Eclair (2.0 / 2.1)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Versi Android mula yang mulai digunakan oleh tidak sedikit smartphone, fitur utama Eclair yaitu evolusi total struktur dan tampilan user interface dan adalahversi Android yang kesatu kali mendukung bentuk HTML5.

Froyo / Frozen Yogurt (2.2)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Android 2.2 diluncurkan dengan 20 fitur baru, antara lain penambahan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan sokongan terhadap Adobe Flash.

Gingerbread (2.3)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Perubahan utama di versi 2.3 ini tergolong update UI, penambahan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.

Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Merupakan versi Android yang ditujukan guna gadget / device dengan layar besar laksana Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu sokongan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration (Tablet kesatu yang menggunakan Honeycomb ialah Motorola Xoom yang diluncurkan bulan Februari 2011).
Google menyimpulkan untuk memblokir sementara akses ke source code Honeycomb, urusan ini dilaksanakan untuk menangkal vendor pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone. Karena di versi sebelumnya tidak sedikit perusahaan menginstall Android ke dalam tablet PC, yang mengakibatkan user tidak puas dan akhirnya menciptakan citra Android tidak bagus.
Ice Cream Sandwich (4.0)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Android Ice Cream Sandwich diberitahukan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan sah diluncurkan pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” dapat dipakai baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama Android ICS 4.0 merupakan Face Unlock, Android Beam (NFC), evolusi major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

Jelly Bean (4.1, 4.2 dan 4.3)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Android Jelly Bean lebih menfokuskan fiturnya ke penambahan User Interface yang lebih fasih dan responsif. Di versi ini pun menandai hadirnya fitur Google Now yang menyerahkan saran dan rekomendasi menurut data-data yang tersimpan (kontak, kalender, lokasi, dll) di handphone.

KitKat (4.4 – 4.4.4)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Android KitKat menfokuskan pada manajemen memory sampai-sampai device low-end yang mempunyai memoery rendah tetap bisa berjalan fasih dan minim lagg. Selain tersebut hadir sejumlah fitur beda seperti keterampilan untuk memakai semua tampilan layar (immersive mode), sokongan Mobile Printing, penambahan sokongan sensor baru, dll.

Lollipop (5.0 – 5.1.1)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Perubahan desain User interface memakai material design, evolusi runtime dari dalvik menjadi Android Runtime (ART), dan hadirnya fitur pengghemat baterai yakni Project Volta.

Marshmallow (6.0)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Perubahan permission (izin applikasi), manajemen daya guna baterai mempunyai nama Doze, menyokong secara native sensor sidik jari, dan USB Type-C.

Nougat (7.0)
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Android Lengkap

Kehadiran split-screen multi-window mode, seamless updates, penghemat baterai Doze, data saver penghemat kuota internet, peningkatan emoji baru, dll.

Market Share Android
Pada tahun 2012 selama 630 juta smartphone bakal terjual diseluruh dunia, dimana diduga sebanyak 49,2% diantaranya akan memakai OS Android. Dan pada tahun 2014 perlengkapan Android telah digunakan oleh 1,6 milyar orang yg adalah75% dari jumlah smartphone yang beredar di semua dunia.

Data yang dipunyai Google ketika ini menulis bahwa 500.000 Handphone Android digiatkan setiap harinya di semua dunia dan nilainya bakal terus bertambah 4,4% /minggu.

Versi                     Nama                 Tanggal Rilis                 API level                  Market Share
6                       Marshmallow             5-Oct-15                      23                         0.50%
5.1.x                   Lollipop             9-Mar-15                      22                         13.20%
5.0–5.0.2                                                     3-Nov-14                      21                         16.30%
4.4–4.4.4                    KitKat                    31-Oct-13                      19                         36.60%
4.3.x                  Jelly Bean            24-Jul-13                      18                           3.90%
4.2.x                                                    13-Nov-12                      17                         13.00%
4.1.x                                                      9-Jul-12                      16                         10.00%
4.0.3–4.0.4    Ice Cream Sandwich            16-Dec-11                         15                           2.90%
2.3.3–2.3.7      Gingerbread              9-Feb-11                      10                           3.40%
2.2–2.2.3                    Froyo                    20-May-10                       8                            0.20%


Android mempunyai komunitas pengembang yang besar guna pengembangan applikasi, ini membuat faedah Android menjadi lebih luas dan beragam. Android Market (sekarang Google Play) adalahtempat download applikasi Android baik cuma-cuma ataupun berbayar yang dikelola oleh Google.

Kelebihan atau Keunggulan Android
Sepertinya nyaris semua tahu apa saja keunggulan atau kelebihan dari android ini, namun tidak terdapat salahnya andai saya kupas disini.
  • User Friendly – Kalimat ini paling melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya anda dengan sangat gampang mengoprasikan komputer melulu dengan belajar sejumlah hari bahkan sejumlah jam saja, dan ini pun melekat pada Android yang berlangsung pada Smartphone.
  • Notifications – kita dengan sangat gampang mendapatkan notifikasi dari smartphone android dengan mengatur sejumlah akun Email, SMS , Voice Dial, Update dan beda sebagainya.
  • Tampilan – Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOS miliknya Apple, sebab memang dari mula android nyaris mengusung teknologi iOS, melulu saja ini versi murahnya.
  • Open Source – Operating system ini memang diciptakan open source oleh penciptanya, sebab memang berbasis kernel Linux. Jadi tidak boleh kaget andai diluar sana ada tidak sedikit sekali Custom Rom untuk setiap perangkat android.
  • Aplikasi – Bagi Aplikasi kamu akan disajikan jutaan pilihan software yang unik dari yang cuma-cuma hingga berbayar, dan kamu bisa mendownloadnya di Google Play, siapa lagi bila bukan miliknya Mbah Google.
  • Dll – Dan masih tidak sedikit lagi keunggulan dan fitur yang dipunyai Android, dan kamu bisa mengembangkannya cocok dengan kemauan anda, sebab Sistem operasi ini Open Source dan User Friendly



Kekurangan atau Kelemahan Android
Sebenarnya sih nyaris tidak terdapat Kekurangan atau kekurangan dari android sendiri. Akan namun tetap terdapat kok kekurangannya, apa saja itu?? ini yang sangat sering saya alami ketika mengoprasikan android versi saya
  • Update System – Seperti atikel saya disini untuk mengerjakan update system tidaklah mudah, kamu harus menantikan dari setiap Vendor guna merilis Update Versi yang terbaru. Tentu ini paling tidak menyenangkan.
  • Batterai Cepat Habis – Ini tidak jarang terjadi bila kamu menyalakan paket data dan memakai widget serta software yang berlangsung secara berlebihan, guna mengatasinya kamu harus mengurangi kegiatan aplikasi pada smartphone anda.
  • Lemot atau Lag – Sebenarnya bila ini terdapat kaitannya dengan spesifikasi dari setiap perangkat, tetapi ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa software dikarenakan Ram ataupun Prosesornya yang tidak cukup memadai, jadi sesuaikan software dengan perangkatnya.


Baik sekian tulisan dari saya, semoga dapat meningkatkan pengetahuan kamu tentang android, dan andai ada pertanyaan atau tambahan dapat kontak saya atau langsung berikan komentar dibawah, yang tentu yang sopan dan membina ya. Ok terima kasih dan hingga jumpa di tulisan saya selanjutnya.

Sumber : Kabar Android
emoticon-Cendol Gan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ok nais
Balasan post Manusiabiasaaa
Makasih gan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di