alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Dryer Filter AC Mobil?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c088a0fc0d770e63c8b4567/apa-saja-masalah-yang-bisa-terjadi-pada-dryer-filter-ac-mobil

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Dryer Filter AC Mobil?

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Dryer Filter AC Mobil?

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Dryer Filter AC Mobil?
Cegah Masalah Dryer Filter AC Mobil dengan Service Rutin


Hai #SahabatRotary


Dryer filter merupakan salah satu komponen utama pada AC mobil. Selain filter dryer, komponen utama yang lainnya adalah kondensor, kompresor, expansi valve, dan evaporator. Dryer filter yang juga disebut dengan receiver dryer ini terletak di antara kondensor dan expansi valve.


Komponen ini memiliki fungsi untuk menyaring berbagai kotoran yang ikut bersirkulasi. Jika kotoran-kotoran tersebut tidak disaring dan tetap berada dalam sirkulasi yang terjadi maka sistem sirkulasi bisa terganggu dan fungsi dari komponen yang lainnya juga bisa terganggu atau bahkan bisa rusak.


Pada dryer filter terdapat komponen lain yang fungsinya sangat mempengaruhi kinerja dryer filter. Komponen tersebut adalah filter, desiccant, sight glass, dan fusible plug. Namun perlu diketahui jika sight glass biasanya ditemukan pada mobil buatan tahun 2000 tapi mulai pada tahun 2003, kebanyakan mobil sudah tidak menggunakan sight glass.


Baca juga : Cara Mencegah Dryer Filter AC Mobil Bermasalah


Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Dryer Filter AC Mobil?
Banyak sekali yang bisa berpengaruh pada dryer filter pada AC mobil. Salah satunya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Kebiasaan buruk yang paling sering ditemui adalah jarang melakukan perawatan AC mobil secara rutin sehingga berbagai macam komponen yang ada di dalamnya menjadi tidak terawat. Jika sudah begini maka tidak heran biaya yang dihabiskan untuk perbaikan menjadi lebih banyak.


Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Dryer Filter AC Mobil?
Terdapat beberapa masalah yang bisa timbul pada dryer filter, salah satunya adalah adanya penyumbatan atau masalah yang lainnya di sekitar dryer filter. Masalah ini bisa membuat hasil keluaran angin pada kisi-kisi AC mobil menjadi seperti kabut atau asap. Selain itu, dryer filter yang tersumbat kotoran juga bisa membuat suhu yang terasa menjadi berbeda. Jika masalah ini terjadi maka salah satu cara yang bisa dilakukan agar dryer filter bisa berfungsi dengan baik adalah dengan mengganti dryer filter.


Tak hanya kotoran, material lain juga bisa menjadi penyebab komponen yang satu ini menjadi tersumbat. Salah satunya adalah batu silika receiver yang terlepas dari tempatnya sehingga saluran freon akan menutup dan aliran freon menjadi terhambat.


Batu silika pada komponen ini terbungkus dan memiliki fungsi untuk menyaring kotoran. Jika bungkus silika mengalami kebocoran maka bukan menjadi hal yang mustahil jika batu silika tersebut akan masuk ke berbagai komponen pada AC.


Baca juga : Cara Memperbaiki Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah


Cegah Masalah Dryer Filter AC Mobil dengan Service Rutin
Banyak sekali yang menganggap sepele dengan service rutin AC mobil sehingga yang biasa diberi perawatan hanya bodi dan mesin mobil. Anggapan tersebut salah besar karena AC mobil juga harus dirawat agar bisa bekerja dengan maksimal. Untuk menghindari berbagai macam masalah yang nantinya akan datang, cegah masalah dryer filter AC mobil dengan service rutin.


Tak hanya dryer filter, komponen yang lainnya juga harus dirawat karena setiap komponen pada AC mobil memiliki fungsi yang saling berkaitan. Jika salah satu komponen terjadi kesalahan maka akan mempengaruhi kinerja komponen yang lain sehingga fungsi AC mobil menjadi terganggu. Dengan melakukan service rutin, semua komponen pada AC mobil akan lebih terjaga dan pemilik mobil bisa mengetahui lebih cepat jika terjadi masalah pada komponen.


Itulah sedikit ulasan tentang apa saja masalah yang bisa terjadi pada dryer filter AC mobil.

Semoga bermanfaat.


Senang berbagi


AC Mobil Berisik? Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya !

Diubah oleh acc3ss
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di