alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Yang Alami
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0762a3dad770204b8b4569/cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-anak-yang-alami

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Yang Alami

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Yang Alami

Ada banyak cara meningkatkan daya tahan tubuh anak. Salah satu hal yang paling umum adalah dengan memberikan asupan nutrisi tambahan berupa suplemen. Ada banyak macam suplemen atau multivitamin khusus anak yang beredar dipasaran. Mulai dari bentuk liquid atau sirup siap minum, tablet, kapsul, hingga obat hisap yang menjelma menyerupai permen jelly. 


Namun demikian, ternyata ada cara jitu yang alami lho. selain hal ini dapat dilakukan sendiri oleh ibu dirumah, juga terbilang mudah, sederhana dan menyenangkan. Tentu, yang tak kalah pentingnya adalah bebas bahan kimia, sehingga sangat aman bagi buah hati. Apa saja itu?

Mengajak Anak Melakukan Aktifitas Diluar Rumah
Salah satu tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah dengan mengajaknya melakukan kegiatan fisik. Gerak tubuh nyatanya mampu mendorong kinerja jantung, sehingga dapat memompa darah keseluruh tubuh dengan lancar, terutama ke beberapa organ vital. Seperti paru-paru, ginjal dan otak. Selain itu, aktifitas fisik juga mampu mendukung tumbuh kembang si kecil lho.

Memberikan si kecil kesempatan untuk melakukan eksplorasi dengan bermain, tak hanya dapat menyehatkan jasmani nya saja, namun juga otak dan jiwanya. Konon, bermain merupakan salah satu metode paling tepat bagi anak-anak untuk belajar sesuatu yang baru.

Apalagi, jika Anda mengajaknya melakukan aktifitas fisik diluar ruangan. Waktu yang paling tepat untuk melakukannya adalah diantara pukul 6 pagi hingga pukul 8 pagi. Dimana, sinar matahari pagi masih sangat baik untuk buah hati.

Jangan takut hitam, karena sinar matahari pagi memiliki kandungan vitamin D yang dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda dan buah hati. Kandungan Vitamin D nya mampu merangsang hormon tertentu yang dapat menekan stress.  Selain itu, Vitamin D juga dapat memaksimalkan kinerja kandungan nutrsisi yang baik untuk tulang dan sendi.

Sebuah penelitian dari George Town University mengungkapkan bahwa berjemur atau melakukan aktifitas dibawah matahari pagi selama 5-10 menit sehari, dapat meningkatkan kerja sistem imun. Kandungan sel T yang dipancarkan oleh sinar UV di pagi hari, mampu mencegah penyakit autoimun dan kanker.

Mencukupi Asupan Cairan Tubuh dengan Minum Air Putih
Anjuran untuk minum air putih sebanyak 1,5 liter dalam sehari juga dapat menjadi solusi meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.  cairan tubuh sangat penting untuk meningkatkan metabolisme dan proses detoksifikasi racun dalam tubuh. bahkan, kekurangan cairan tubuh, dapat mengakibat dehidrasi, tubuh lemah, dan infeksi.

Asupan cairan untuk buah hati tak hanya didapat dari air putih saja. Anda juga dapat memberikan makanan sehat untuk anak yang mengandung kuah kaldu yang sedap. Susu, sari buah, dan yogurt juga dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian si kecil.

Membiasakan Anak Untuk Tidur Siang
Tidur bukan sebuah kegiatan sederhana. Dimana, tidur yang berkualitas secara otomatis akan meningkatkan sistem imun pada tubuh. anak-anak, membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Yaitu, 8-10 jam dimalam hari, dan sekurang-kurangnya 30 menit di siang hari.

Tidur siang yang nyenyak dan berkualitas sangat ampuh untuk mengembalikan stamina setelah bermain. Rahasia lain dibalit tidur siang adalah mampu meningkatkan kerja otak anak, sehingga anak akan lebih mudah fokus dan memiliki daya konsentrasi yang lebih baik.

Jus Atau Smoothy?
Ada banyak macam makanan sehat untuk anak, sebenarnya. Sayangnya, ada banyak pula anak kecil yang sulit untuk diajak makan makanan yang sehat. kebanyakan dari mereka, lebih happy kalau harus mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan ringan yang gurih dan crunchy, juga segala jenis makanan manis dan creamy.

Bukan tidak boleh, namun, berbagai makanan tersbeut ternyata sangat minim serat dan nutrisi. Melainkan, lebih tinggi lemak jenuh, kadar gula, dan beberapa tambahan bahan pangan yang kurang baik bagi tubuh anak. Jadi, sebaiknya si kecil tak dibiasakan mengkonsumsi jenis makanan tersebut ya.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh anak yang alami adalah dengan menyajikan menu makanan yang sehat. Anda dapat meramu berbagai bahan makanan dengan nilai nutrisi yang baik untuk anak secara bervariasi. Dibutuhkan kreatifitas dan cara khusus pula agar anak tak segan untuk menyantap makanan sehat.

Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi lengkap yang baik untuk kesehatan tubuh anak. Dengan kandungan vitamin, mineral, zat besi, dan serat. Sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan, memperlancar metabolisme, dan untuk memperbaiki daya tahan tubuh.

Ada dua cara simpel namun menyenangkan dalam menyajikan menu sehat yang mengandung buah dan sayur. Pertama adalah dengan membuat beraneka macam jus. Agar lebih sehat, hindari penggunaan gula. Anda dapat mencampur beberapa jenis buah dan sayur. Dimana, rasa manis dari jus dapat diambil dari rasa manis alami buah. Seperti mangga, jeruk sunkist, jambu merah, pisang, dan sebagainya.

Dan cara yang kedua dalam menyajikan menu makanan sehat untuk anak adalah dengan membuatkan mereka smoothy. Seperti namanya, smoothy memiliki tekstur yang smooth, lembut seperti bubur. Jika jus memiliki kandungan liquid atau air yang lebih banyak, smoothy tidak.

Hampir semua buah dapat dibuat smoothy. Namun, yang paling umum adalah mangga, pisang, alpukat, buah naga, dan campuran berbagai sayuran hijau. Seperti brokoli, bayam, seledri dan wortel. Untuk menghilangkan rasa langu khas sayuran hijau, berikan sedikit perasan jeruk lemon.

Agar smoothy menjadi lebih menarik dan lezat, Anda dapat memberikan tambahan bahan makanan lain, seperti potongan buah, kacang-kacangan ( mete, almond, dan kapri), dan dengan parutan keju juga oke kok.
Nah, beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh anak yang alami dan sederhana tersebut, dapat Anda coba. Selain sangat mudah, juga tak membutuhkan biaya yang besar. Dan yang tak kalah penting, anak yang memiliki daya tahan tubuh yang baik, adalah anak yang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, baik dari makanan mupun kasih sayang orang tua.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di