alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ujian Pada Saat Di Sekolah
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c061182c0d770b76d8b4568/ujian-pada-saat-di-sekolah

Ujian Pada Saat Di Sekolah

Mohon bersabar ini ujian.

Ujian Pada Saat Di Sekolah

Berbicara mengenai pendidikan diindonesia pasti tidak ada habisnya.
Banyak permasalahan mulai dari fasilitas, guru, siswa serta sistem yang tidak sesuai.

Kali ini ane mencoba untuk mendeskripsikan suatu permasalahan mengenai ujian. Seperti yang pernah ane bahas di thread ane sebelumnya mengenai hal yang dilakukan dalam ujian, ane sedikit banyaknya membahas perilaku tentang kecurangan dalam ujian.

Menurut ane pribadi dengan kemajuan zaman, perubahan sosial budaya peserta didik serta mulai berkurangnya rasa kejujuran dalam diri siswa, maka ujian tulis bukanlah solusi dalam pendidikan karakter.

Pengalaman ane kalau setiap ada ulangan harian dalam berbentuk test tulis maka hasilnya ya pasti akan sama, nilai rata2 sama, bahkan jawaban dari kata,kalimat bahkan titik pun sama. emoticon-Ngamukemoticon-Ngamukemoticon-Hansip

Ujian Pada Saat Di Sekolah

Setelah ane amat amati rata rata siswa sekolah hanya sebagian kecil yang belajar, dan rata rata belajarpun hanya terpaku kedalam tulisan di buku.

Ujian Pada Saat Di Sekolah


Muncul beberapa permasalahan jika ane melakukan ujian tulis, diantaranya adalah masalah kejujuran, dimana banyak siswa yang memcontek dengan berbagai macam trik, kemudian ada permasalahan dalam pengawasan, ane sebagai guru hanya lah seorang manusia biasa yang tak sempurna dalam melakukan pengawasan. Seketat ketat ane mengawas sebuah ujian pasti ada saja yang ketahuan melakukan kecurangan. Sudaah lelah ane gaaan emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh

Karena permasalahan yang bejibun banyaknya dari ujian tulis, maka ane mencoba mengubah cara ujian ane dengan cara praktek langsung dalam keseharian atau pengaplikasian materi dalam kegiatan siswa. Biasanye nih yee siswa jikalau diajak praktek semangat, apalagi praktek diluar kelas beeeuuh dari yang ngantuk langsung cenghar emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Cape deeehhcdemoticon-Hammer2

Ujian Pada Saat Di Sekolah

Dari kegiatan ini ane bisa mempelajari bagaimana karakter siswa, bagaimana pemahaman siswa dan banyak manfaat juga bagi siswa terutama mereka lebih paham dan lebih jujur.

Kemudian ane juga pernah melakukan ujian lisan. Di sini siswa dituntuk agar hafal dan paham materi yang diujikan, ternyata lebih asik dan menarik untuk siswa. Mereka lebih termotivasi dan saling berlomba dalam menjawab setiap pertanyaaan yang diajukan.

Tapi yang lebih terpenting dari semua ujian tersebut adalah pembentukan karakter siswanya. Jujur dan tidak melakukan kecurangan dalam ujian merupakan sebuah nilai yang tak ternilai.

Apalah gunanya nilai diatas kertas dibanding sebuah nilai yang terbentuk dari kebiasaan.
Ingatlah generasi bangsa bahwa kejujuran ada diatas segalanyaa
.


Tapi permasalahan permasalahan yang ada ini tidak terlepas dari sistem pendidikan yang berbasis Nilai angka. Sehingga yaaah mau ga mau nilai harus tinggi baik cara halal maupun cara curang.

Terimakasih sudah membaca curhatan ane, jangan lupa cendol, rate, komen dan share.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Tulisan : hasil pengawasan TS selama ujian
Gambar : google
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Ada yang bilang nyontek itu membantu orang tua.. emoticon-Leh Uga
Quote:


Nilai gede hasil nyontek jarang dimarahi sama orng tua loh emoticon-Ngamuk sedangkan nilai kecil dari kejujuran dimarahi emoticon-Ngamuk
Quote:


yang penting nilainya 😐
rahasia nya klo dulu di sekolah swasta yang ngak akan bakal lulus itu
swasta katolik ya bukan yg ecek", klo ecek" mah ah buyatak lah....

1. yang gobbblokkkkkkkkk pisan nilai kisaran 1 ampe 5, itu 5 juga udah top pisan

udah itu doang

yang laen? di jamin 100% lulus mau nakal kaya gimana juga jadi klo u masih di atas type no1., ngak usah takut.... santai aja.

nb: ngak usah quote.
Nyontek teman sebangku atau buka buku catatan dari laci meja saat ulangan atau ujian adalah sesuatu yg mahal harganya..... kl ketauan guru bisa dimaki2 & minimal malu disebutin nama dikelas trus seisi kelas pada ketawa emoticon-Malu
sering ngasih contekan
Sekolah jangan cuma ngejar nilai gan.. ambil ilmunya.. koneksinya.. dll..

intinya revolusi kejujuran itu sangat di butuhkan... realisasinya bagaimana? yaa seharusnya mata pelajaran pendidikan agama ga usah ada pemgawas ketika saat ujian hahaha gausah takut murid mencontek...
wkkwkwk nostalgia
Quote:


Salah. Sekolah itu khusus ambil nilai. Cari nilai setinggi2-nya, buat masuk kampus pilihan. Di kuliah baru mulai cari koneksi. emoticon-Big Grin
Ane mengucapkan selamat mengikuti Ujian Akhir Semester buat semua siswa/i di seluruh Indonesia...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Ujian Pada Saat Di Sekolah Ujian Pada Saat Di Sekolah Ujian Pada Saat Di Sekolah Ujian Pada Saat Di Sekolah
Ujian Pada Saat Di Sekolah Ujian Pada Saat Di Sekolah
Ujian Pada Saat Di Sekolah
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
tidur
Gimana Indonesia mau maju emoticon-Cape deeehh
realita emoticon-Smilie

Ujian Pada Saat Di Sekolah
Kesalahan sekolah dan pendidikan kita, yaitu nilai baik adalah segalanya..
bukan sikap dan karakter yg utama
Quote:


Mantul nih editannya emoticon-Leh Uga
Quote:


wkwkw lumayan lah emoticon-Big Grin
saia ngga lulus sekolah gan... ga bisa bayar spp
gemboked dl
Dimulai dari SD sih harusnya..jangan banyak yang berat..ane SD dulu belom ada tuh bahasa Inggris..dapetnya di SMP.

SD awal 90an fokus ke belajar nulis di buku garis tiga pake huruf sambung..belajar alat musik dan mainin lagu wajib nasional / daerah, sama pramuka belajar trisatya dasadarma semaphore simpul ama kemping.

Sisanya ya belajar2 biasa ga perlu bawa buku di tas banyak2, kayanya itu juga tuh penyebab anak sekarang kurang tinggi terus cepet pake kacamata.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di