alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Mental Bayi Berkembang Sejak Dalam Kandungan
4.5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c05ed091854f77d2d8b4568/ternyata-mental-bayi-berkembang-sejak-dalam-kandungan

Ternyata Mental Bayi Berkembang Sejak Dalam Kandungan

  
Ibu hamil pasti merasakan gerakan-gerakan bayi saat usia kehamilan lanjut. Hal ini menunjukkan bahwa bayi telah memiliki beberapa organ, bahkan sensor yang terhubung dengan perkembangan otak. Mengapa bayi serasa menendang-nendang ketika ia di dalam kandungan?
 
Ternyata Mental Bayi Berkembang Sejak Dalam Kandungan

 
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa fetal movement atau pergerakan fetus pada janin menunjukkan adanya proses konstruksi jaringan otak. Sederhananya adalah saat sebuah sistem telah terbentuk, Anda tentu ingin mengujinya apakah berfungsi baik atau tidak. Sama halnya dengan janin yaitu ingin tahu apakah syaraf yang terhubung organ telah terbentuk sempurna atau belum. Jadi, janin menggerakkan organ tubuhnya.
 
Pembentukan jaringan dan sistem pada otak tersebut berlangsung hingga akhir masa kehamilan. Proses ini bertujuan sebagai persiapan agar bayi dapat beradaptasi langsung ketika telah lahir. Kadang ada bayi yang langsung mudah mengenal sekitarnya dan sebaliknya yang pasif ketika diberi rangsangan. Bayi-bayi yang lahir prematur berisiko mengalami perlambatan perkembangan.
 
Perlu diingat, perlambatan bukan berarti bayi akan mengalami kelainan mental. Proses saat janin hanya fondasi awal. Biasanya, bayi yang prematur akan berada di inkubator dengan kondisi dibuat semirip mungkin saat berada dikandungan. Hal ini membantu bayi untuk tetap berkembang, terutama bagian otaknya. Mental yang dimaksud adalah konstruksi otak, bukan bersifat psikis.
 
Penelitian menggunakan EEG berhasil menunjukkan bahwa bayi prematur memiliki gelombang otak yang lebih kuat dibanding bayi lahir normal. Hal ini sebagai bukti bahwa ada pergerakan otak sehingga sangat aktif ketika masa kehamilan.
 
Ternyata Mental Bayi Berkembang Sejak Dalam Kandungan

 
Apakah hasil lain dari penelitian tersebut? Bayi yang baru lahir menggunakan insting karena kognitif belum berkembang. Namun, insting juga bagian dari otak sehingga respon bayi berbeda satu dengan lain. Bayi yang perkembangan otaknya normal cenderung mudah untuk inisiasi ASI. Insting tersebut terbangun karena itulah yang mereka butuhkan ketika lahir. Perlu dingat, konstruksi otak mereka masih sederhana.
 
Setelah itu, bayi berkembang lagi untuk bertahan hidup sehingga berkembanglah aspek motorik, sensorik, dan kognitif yang lebih kompleks. Pada fase ini, orang tua berperan besar membentuk seperti apa perkembangan tersebut terutama di satu hingga tiga tahun pertama.
 
Sumber:
Pribadi dan disini
Gambar hasil google image
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
reserved dulu
Mejeng Pejwan dolo aaah
numpang pejwan deh emoticon-Big Grin

Ternyata Mental Bayi Berkembang Sejak Dalam Kandungan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di