alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PBNU Minta Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Dipulangkan
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c05be16dcd7701d6f8b4567/pbnu-minta-dubes-arab-saudi-untuk-indonesia-dipulangkan

PBNU Minta Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Dipulangkan

PBNU Minta Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Dipulangkan

Senin, 3 Desember 2018 19:39 WIB

PBNU Minta Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Dipulangkan
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) menggelar konferensi pers menanggapi cuitan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osamah Muhammad Al-Suaibi, di Kantor PBNU, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018. Tempo/Vindry Florentin

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU menyatakan Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Osamah Muhammad Al-Suaibi, telah melanggar diplomasi Indonesia dan Arab Saudi melalui cuitannya di Twitter. Mereka ingin pejabat tersebut diberi hukuman.

Baca: Protes Keras ke Dubes Arab Saudi, PBNU: Kami Merasa Dihina


Ketua PBNU Said Aqil Siradj mengatakan Osamah mencampuri urusan politik Indonesia lantaran menyampaikan informasi yang tak benar soal aksi 212. Osamah dianggap menyebut aksi yang berlangsung Ahad, 2 Desember 2018, merupakan reaksi pembakaran bendera tauhid di Garut beberapa waktu lalu. Osamah juga menyebut pembakar bendera tersebut, yaitu GP Anshor, merupakan organisasi sesat.


"Ini merupakan kesalahan. (Dia) jelas-jelas tidak mengerti etika diplomasi. Tidak boleh ikut campur urusan negara lain," kata Said di Kantor PBNU, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.


Menurut Said, pernyataan Osamah dapat memancing reaksi publik yang sudah berdamai. Pasalnya, para ulama sudah berupaya duduk bersama untuk meredam reaksi publik terhadap peristiwa tersebut. Untuk itu, Said menilai Osamah harus diberi sanksi. "Kami minta Osamah ditarik. Ganti duta besar yang baru saja," katanya.


Said mengaku sudah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi agar Indonesia mengirim nota kepada pemerintah Arab Saudi untuk memulangkan Osamah. PBNU menyampaikan bahwa pernyataan tersebut mengancam hubungan baik Indonesia dan Arab Saudi.


Baca: PBNU Sebut Anggota Banser Jadi Korban Infiltrasi dan Provokasi


Menteri Retno, menurut dia, sudah memanggil pejabat tersebut untuk klarifikasi. "Kami menunggu hasil klarifikasi Kemenlu," ujarnya. 


Osamah sebelumnya menulis melalui akun Twitternya. Dia menyatakan aksi 212 yang berlangsung Ahad, 2 Desember 2018, terjadi lantaran dipicu pembakaran bendera Tauhid oleh organisasi yang sesat. 

"Massa yang berjumlah lebih dari satu juta berkumpul demi menyatakan persatuan umat Islam merupakan reaksi keras terhadap dibakarnya bendera tauhid oleh seorang atau pihak organisasi sesat, menyimpang, kurang lebih sebulan yang lalu," begitu sepenggal isi cuitan Osamah yang diterjemahkan Said Aqil di hadapan wartawan.


Tempo berusaha mengkonfirmasi ke pihak Kedutaan Arab Saudi terkait protes PBNU. Namun hingga kini, pihak Kedutaan Arab Saudi belum meresponsnya.

https://nasional.tempo.co/read/11519...n/full&view=ok


-------------------------------------------

Yang bisa dan berhak menilai bahwa seorang DUBES dari  negeri asing telah melakukan pelanggaran hukum atau mencampuri urusan dalam negeri sebuah negara yang dimana dia bertugas itu, adalah Kementerian Luar Negeri saja. Kemenlu tentu setelah mempelajarinya dengan baik, setelah memperoleh informasi lengkap dari intansi lainnya seperti Kemendagri, BIN, dan Polri tentunya. 

Kalau setiap ormas (PBNU itu levelnya adalah ormas keagamaan), boleh meng-klaim dan mendesak pemerintah untuk mem 'persona non grata' setiap Dubes di negeri ini, tentu bisa kacau balau hubungan luar negeri negara itu dengan negara lainnya di dunia ini. Bayangkan sekarang bila tiba-tiba FPI meminta Pemerintah mem-persona non gratakan seorang Dubes negeri asing di Jakarta, karena tersinggung akibat sang DUBES negeri asing itu mengatakan ormasnya itu adalah ormas Islam radikal misalnya! THINK!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Quote:
Diubah oleh kaskus.sajalah
Seng sabar, ojo grusa grusu, jangan esmosian ya akhi.
osama yg tersesat di endonesia .....emoticon-Ngakak
Waduh apa karena agamanya jg datang dari sana?
Diubah oleh Muzmuz
Nunggu klarifikasi Menlu
onta vs onta..
sudah biasa...
emoticon-Wakaka
pak osama kalo berani coba ngibarin di negaranya sendiri sono

emoticon-Leh Uga
Pulangkan saja aku pada ibuku atau bapakku
Onta vs onta, yg disalahkan pasti non muslim.
Balasan post clurit
Quote:


emoticon-Belgia emoticon-Belgia
Kibarin kibarin
Quote:


agamamu apa nak ? kog mirip adu domba jaaman belanda mulu postingannya? ajaran agamamu ya?
Dubesnya udah offside!

Terbukti di hapus dan diganti kata2nya
Boikot haji + umroh ke mekah+madinah

Pindahkan haji+umroh ke markas banserep
Kek nya udeh di doktrin sama efpei tuh onta
Balasan post cebong2019
Quote:

Quote:
Diubah oleh kaskus.sajalah
Quote:


ajaran agam lo ngajarin buat ngeles dan ngadu domba?
osama , osama, keceplosan ya?

Balasan post cebong2019
Quote:


Quote:
Mewek
berharap damai dengan cara bikin ribut... WTF emoticon-Ngakak (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di