alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04f878d89b0980668b456a/mengenal-ikan-etong-khas-subang-jawa-barat

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat


Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat
Quote:

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Jangan lupa di rate 5 ya.. emoticon-Malu

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat
Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat emoticon-Jempol
Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat


Hai gan, sis.. apa kabar kembali lagi bersama ane, kali ini ane mau bahas tentang ikan etong. Pasti beberapa dari agan dan sista banyak yang belum tahu ya apa sih itu ikan etong, atau mungkin ada juga yang sudah tau bahkan mencicipi lezatnya ikan ini. Nah, ane bakal bahas tentang ikan etong nih. So.. jangan lupa rate 5 dulu thread ini trus jangan lupa tinggalin komentar juga yah..emoticon-Angpau


Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat




Ikan Etong
Hi GanSis, pernah kan berkunjung ke Kabupaten Subang, Jawa Barat? Pasti tahu dong khas kota Subang itu apa?? yap, betul. Nanas. Tapi kalian tahu gak sih kalo Subang juga punya kuliner khas selain tentang pernanasan?


Ini dia GanSis ane kasih tahu, kalau berkunjung ke Subang jangan lupa mampir ke pantai Pondok Bali di daerah Pamanukan, Subang. Pantai ini relatif dekat dengan kota Bandung juga lho, kurang lebih 2-3jam saja.

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Di Pantai tersebut, GanSis bakal menemukan kuliner berupa ikan bakar yang nikmat nan lezat. Ikan ini bernama ikan etong. Sejenis ikan laut yang sebelumnya di pandang sebelah mata oleh masyarakat karena tidak layak di konsumsi. Loh katanya enak tapi kok tidak layak? emoticon-Bingung (S) Iya, itu dulu GanSis, sekarang masyarakat sudah tahu bagaimana cara mengolah ikan ini, ikan etong memiliki kulit luar yang kasar dan keras dan tak bisa di makan. Namun, kini warga sudah tahu bagaimana cara memasak ikan etong ini dengan cara yang benar. Menurut penjual ia beberapa kali bereksperimen memasak ikan etong ini, karena merasa menyayangkan jikalau ikan ini tidak di konsumsi dan hanya di kembalikan ke laut. Ikan dimasak dengan cara di kupas bersih kulitnya kemudian di lumuri bumbu dan di bakar.

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Prosesnya sama seperti membakar ikan seperti biasanya, bedanya cara mengolahnya yang harus mengupas kulitnya hingga bersih. Dengan bumbu-bumbu khas ikan bakar yang seperti biasanya, ikan etong ini menjadi lebih nikmat karena jenis tekstur dagingnya yang berbeda dengan ikan jenis lainnya. Ketika di bakar, akan terasa harum dan rasanya pun gurih dan lezat. Dagingnya empuk, mirip daging ayam, rasanya pun tidak amis. Buat GanSis yang gak suka ikan, boleh deh di coba ikan etong ini, karena ikan etong ini berbeda dengan ikan lainnya mulai dari tekstur daging dan juga rasa.

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat


Ikan etong ini banyak ditemukan di perairan laut Subang, jadi buat GanSis yang ingin mencicipi lezatnya ikan etong ini jangan lupa membelinya ketika berlibur atau sedang lewat ke daerah Subang ya. Untuk harga relatif murah mulai dari 25.000-50.000 tergantung besar dan kecilnya ikan tersebut.

Jadi, gimana nih GanSis tertarik buat cicipi ikan etong? emoticon-Big Grin
Buar GanSis yang udah nyobain ikan ini gimana nih rasanya, ditunggu ya komentarnya! emoticon-Toast

Sekian thread dari ane semoga bermanfaat untuk kita semua emoticon-I Love Kaskus

sumber : hasil explore selama di subang
gambar : google & dokumen pribadi

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat
Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat
Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
reservd
salah fokus ke petenya emoticon-Genit
Quote:


Ena ini sist
Koq Subang ? Tempat spnjang Pantura banyak gan emoticon-Wkwkwk
Quote:


Iya itu di perairan subang gan. Subang jg kan di utara emoticon-Smilie
wah jadi laper nih
Gratis pora? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
ditempat ane ikan jebong ni namanya.. doi enaknya dibakar aja.. soale kulitnya tebel.. jadi klo dibakar dagingnya ga bakal gosong..
Maaf dgn segala hormat, ini serius di Subang baru mau ngetop? Buset dah kemane aje selama ini??? Coba agan tanya org2 Bangka Belitung.. ini sih dah dr jaman ane kecil dah ngetop nih ikan.. bahasa Bangka bilang nya ikan Jebung, bhs jawa tengah bilang nya ikan Togek, bhs nasional nya ikan Ayam2 karna tekstur daging ikan tsb yg mirip bgt dgn daging ayam.. Makan nya pun gak ribet, karna tulang nya gede2 dan berwarna putih.. Jadi rasanya aneh aja kalo sampe ini ikan baru dikenal di Subang sana..
Belum pernah nyoba nih
Lain kali bisa lah
Balasan post hoseanori
Quote:


yoyoi,ikan gila ni
daging nya top sadis..
cocol pake belacan ya gsn..wkwk
Boleh dicoba nih emoticon-Motret
Keknya di setiap tempat ini ikan emang ada deh.
emoticon-Bingung
ikan ayam ayaman.
Tempat ane juga banyak
Diubah oleh Meeeooong2007
Ikan ayam ayaman ini mah, daging nya tebel persis kaya yam dan tulang yg gede yg g ribetin pas makan.


sayangnya ditempat ane adanya ikan sapu sapu
Ini mah yg biasa di makan sama kucing pliharaan ane kale...
Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa BaratMengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa BaratMengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat

Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat Mengenal Ikan Etong Khas Subang, Jawa Barat
ane jauh dri laut sering nya makan lele doank
Jadi ini ikan ayam-ayam gan??emoticon-Bingung (S)
aduh bang jgn ngomongin makanan jadi luaperrrrrrrrrrrrrrrr emoticon-Matabelo
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di