alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c046531fcef8768038b456d/dibanding-air-es-ternyata-minuman-hangat-lebih-ampuh-usir-gerah-lho

Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho!

Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho!

Walau sudah masuk musim hujan, tapi cuaca masih sering saja panas dan bikin gerah. Di saat seperti ini, aneka macam es sudah lalu lalang di kepala untuk sekadar menyegarkan tenggorokan. Solusi cepat untuk menghilangkan gerah.

Tapi dibandingkan minuman dingin, ternyata mengonsumsi minuman atau makanan hangat sebenarnya lebih ampuh untuk bikin badanmu segar, lho! Tapi kamu harus kenali terlebih dahulu kondisinya.


1. Minum minuman hangat bisa membuat tubuh lebih sejuk
Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho!
Saat cuaca sedang panas, kita cenderung ingin mengonsumsi minuman dingin untuk menyegarkan tubuh. Namun hal tersebut justru memberikan efek sebaliknya, kesegaran yang kamu rasakan selagi menenggak minuman dingin akan cepat berubah jadi rasa gerah yang lebih besar dari sebelumnya. 

Dr. Ollie Jay dari Thermal Ergonomics Laboratory, University of Sydney, Australia, mempelajari bagaimana manusia meregulasi suhu tubuh di berbagai kondisi. Salah satunya, saat kita minum minuman hangat, panas yang terperangkap dalam tubuh lebih sedikit daripada saat kita minum es. Hal ini karena efek pendinginan yang terjadi dari keluarnya keringat lebih besar dari panas yang masuk.

"Selama keringat bisa menguap dari tubuh, secara teori tubuh akan terasa lebih sejuk meski efek yang dirasakan tak akan besar," ujar Dr. Ollie Jay seperti yang dilansir sbs.com


2. Keringat akan menjaga suhu tubuh tetap stabil
Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho!
Tubuh kita dilengkapi kemampuan untuk menyeimbangkan suhu lewat proses metabolisme saat makan dan minum. Thermoreceptors adalah reseptor atau ujung saraf yang sensitif terhadap perubahan suhu. Ujung saraf ini memberi tahu hipotalamus di otak kita terkait informasi perubahan tersebut dan mengirip respon cepat untuk mendinginkannya. 

Berkeringat adalah salah satu output tubuh dalam menjaga suhu badan stabil di kisaran 36,7-37 derajat Celcius. Bisa saat suhu tubuh kita naik akibat olahraga dan melakukan aktivitas fisik berat, maupun karena berada dalam ruangan bersuhu panas. Lonjakan suhu yang terjadi tadi membuat kita cepat berkeringat. 

Sama seperti waktu kita mengonsumsi minuman panas, thermoreceptors di dalam dan di sekitar perut yang mendeteksi perubahan suhu antara 0,2-0,5 derajat Celcius. Sehingga proses pendinginan akan berlangsung agar suhu tetap stabil. Sebaliknya, saat mengonsumsi minuman dingin tubuh akan berusaha meningkatkan suhu tubuh, sehingga setelahnya kamu akan tetap merasa gerah di tengah cuaca panas.


3. Lho, berkeringat kan malah bikin gerah dan sumpek?
Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho!
Nyaman tidaknya aktivitas saat berkeringat tergantung beberapa faktor. Salah satunya aliran dan kelembaban udara. Keringat akan lebih cepat menguap saat udara sedang kering alias kelembaban udara rendah.

Selain itu, pakaian yang kita kenakan juga mempengaruhi sirkulasi keringat di kulit. Bahan yang tidak menyerap keringat akan membuat suhu di permukaan kulit menjadi panas dan keringat sulit menguap.


4. Mulai ubah kebiasaan minum es saat berkeringat
Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho!
Wajar kalau kamu masih merasa aneh atau asing untuk mengubah kebiasaan minum hangat saat cuaca sedang panas-panasnya. Namun, usahakan menghindari minum es di tengah suhu panas atau setelah berolahraga dan berkeringat. Jay menjelaskan, walau tidak panas, cairan dengan suhu hangat kuku saja bisa mendinginkan tubuh.

Nah, sekarang sudah tahu, kan kalau ternyata air dingin atau air es tak selalu jadi pilihan terbaik saat sedang kepanasan. Kalau kamu sendiri, lebih suka minum air es atau hangat saat gerah, nih?


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho! 5 Resep Mudah Bikin Donat, Enak Dinikmati Sambil Nunggu Hujan

- Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho! [VIDEO] Resep Inkigayo Sandwich, Makanan Favorit K-Idol Saat Syuting

- Dibanding Air Es, Ternyata Minuman Hangat Lebih Ampuh Usir Gerah Lho! Nyeleneh, Ini Sensasi Mutilasi Hewan Kesayangan dalam Sebentuk Es Krim

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di