alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Takut Naik Pesawat?? Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya..
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c023da8d9d770c92d8b4567/takut-naik-pesawat-pesawat-adalah-alat-transportasi-paling-aman-ini-buktinya

Takut Naik Pesawat?? Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya..

Tingkat Keamanan Pesawat Terbang


Akhir bulan Oktober 2018 masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kejadian yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Hal tersebut memunculkan berbagai opini publik mengenai apa kira-kira penyebab kenapa pesawat terbaru bisa crash. Sebagian besar hanya bisa menduga-duga mengenai apa penyebab pesawat tersebut jatuh. Tak sedikit pula yang menghujat maskapai penerbangan yang sedang mendapat musibah tersebut. Padahal jika diingat lagi, maskapai Lion Air sudah banyak sekali membantu rakyat Indonesia untuk bisa naik pesawat dengan tiket murah. Untuk membuka pikiran kita, admin mempersiapkan pembahasan Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya.
Takut Naik Pesawat?? Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya.. Pesawat 
Dari banyaknya opini publik tersebut pasti tidak ada yang bisa memberikan analisis yang 100% kebenarannya. Karena untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat dibutuhkan Black Box yang akan diteliti lagi oleh KNKT. Black Box sendiri berisi percakapan Pilot & Co Pilot juga merekam instrumen yang dilakukan oleh Pilot & Co Pilot. Setelah hal itu dilakukan maka baru dapat disimpulkan apa penyebab suatu pesawat bisa crash/ Jatuh. Oke mungkin waktu dekat ini masih banyak orang yang merasa takut untuk naik pesawat. Namun perlu diketahui jika alat transportasi masih menjadi yang paling aman, tidak percaya? simak terus Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya.

Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman

Takut Naik Pesawat?? Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya.. 

Hal ini mungkin perlu diketahui sebagian besar orang yang berfikir jika pesawat adalah transportasi yang menakutkan atau lain sebagainya. Berikut ini membuktikan jika pesawat menjadi alat transportasi paling aman.
  • Dikutip dari USA Today. Dari seluruh kegiatan penerbangan komersil yang ada, kecelakaan pesawat terjadi pada tingkatan rasio 1:1,2 juta (berarti, dari 1,2 juta penerbangan, hanya 1 yang kecelakaan)
  • "Transportasi yang paling aman di dunia yaitu pesawat terbang/ tansportasi udara," ucap Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman malam itu di Bandung, Senin 6 Juli 2015. "Untuk transportasi darat itu sudah berapa yang meninggal di jalan," ujarnya. "Saya pikir berapa puluh atau ratus ribu kali penerbangan di dunia ini berlangsung aman kok. Jadi tingkat kecelakaan paling rendah dari berbagai jenis transportasi yang paling rendah itu udara.
  • Sebagai acuan, diambil dari data statistik Departemen Transportasi AS, menurut data itu, apabila dari 5.000 perjalanan sepeda motor terjadi 1 angka kecelakaan, dari 367.000 perjalanan kereta api bisa terjadi 1 kecelakaan, pada moda transportasi udara dari 10 juta penerbangan bisa memunculkan 1 kecelakaan.

Survei ini yang pernah dilakukan BBC, dan DETR (suatu LSM di Inggris) sama menunjukkan hasil serupa, bahwa tingkat keselamatan/ keamanan moda transportasi udara masih jauh lebih tinggi dibandingkan moda transportasi lainnya.
Ini juga berhubungan dengan tradisi dalam dunia penerbangan, yang memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Ada pepatah"No room for error", sebab kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, dunia airlines dapat disebut  unik dan rumit, mulai dari proses pembuatan pesawat terbang yang wajib detail serta akurat. Hingga waktu pesawat akan dioperasikan, harus melalui banyak proses pemeriksaan yang detail dan tidak singkat, demi menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan.
Hal itu juga mendapatkan tanggapan dari salah satu selebriti tanah air, yaitu Deddy Corbuzier. Dia menuturkan hal sama juga jika pesawat terbang masih menjadi alat transportasi paling aman di dunia.

Perbandingan Kecelakaan Udara dan Darat

"Ini adalah suatu musibah, tapi kita harus terus ingat satu kali lagi jika penerbangan dengan pesawat merupakan kendaraan perjalanan paling aman di dunia. Jadi jangan membuat kita terus tiba-tiba jadi takut untuk terbang," jelas Deddy Corbuzier dikutip TribunStyle.com.
Takut Naik Pesawat?? Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya.. 

Ia juga membandingkan kemungkinan kecelakaan yang dialami transportasi lainnya.
"Kalau kita bandingkan pesawat terbang dengan semua kendaran, kereta, motor, mobil, kapal laut dan sebagainya sampai detik ini penerbangan masih merupkaan kendaraan perjalanan paling aman di dunia," kata Deddy.
"Kenapa setiap kali jatuh beritanya menjadi besar karena memang jarang jatuh. Kalo motor tabrakan tiap hari selalu ada, mobil selalu ada, itu dia kenapa beritanya pasti menjadi besar," jelas mentalis sekaligus presenter ini.
Ia mengimbau agar tak perlu takut menaiki pesawat terbang.
"Jadi jangan membuat kita menjadi takut tetapi tetap kita berbela sungkawa untuk semua korban baik yang meninggal atau juga keluarga yang ditinggalkan," tandas Deddy Corbuzier.
Apakah kalian sudah sedikit bisa membuka pikiran mengenai seberapa aman transportasi udara? Ditambah lagi semakin kesini perkembangan pelayanan maskapai semakin baik. Bukan hanya itu, pihak maskapai juga terus meng-upgrade teknologi pesawat ke jenis terbaru supaya lebih bisa memuaskan penumpang.
Dan perkembangan dunia Airlines/ penerbangan ini berdampak pada peningkatan pelayanan suatu maskapai. Yaitu dengan menambah armada baru dan rute penerbangan yang semakin meluas. Dengan begitu, ada hal positifnya , yaitu membuat peluang karir di dunia penerbangan menjadi lebih terbuka lebar. Adapun beberapa posisi di dunia penerbangan seperti Pilot, Pramugari, AVSEC, ATC, Staff Penerbangan dll.

Peluang Karir Penerbangan

Takut Naik Pesawat?? Pesawat Adalah Alat Transportasi Paling Aman, Ini Buktinya.. 

Pihak maskapai yang terus meningkatkan pelayanannya dengan menambah armada serta rute terbang baru bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi customer. Nah dengan peningkatan palayanan jelas tidak mungkin jika tidak ada penambahan tenaga kerja baru. Pihak maskapai pasti mencari tenaga kerja untuk mengisi posisi kerja yang dibutuhkan sesuai kualitas dan kuantitas. Misalnya seperti perekrutan seorang Flight Attendant/ Pramugari, maka kandidat pramugari harus melewati berbagai tahap tes yang disiapkan oleh maskapai penerbangan.
'Pramugari adalah awak kabin wanita yang bertugas melayani kebutuhan penumpang, menjada keamanan dan keselamatan penumpang selama penerbangan'. Dan pramugari adalah salah satu profesi yang berkelas dan bergengsi, sehingga pramugari diminati oleh banyak wanita.
Beberapa tahap tes pramugari adalah sebagai berikut :
  • Tes Performance/ Tes Penampilan Pramugari
  • Psikotes
  • Bahasa Inggris
  • Interview User & Kompetensi
  • Tes Medex/ Tes Kesehatan
  • ASKAM/ Aspek Keamanan
  • Pantukhir

Apabila anda belum mengetahui lebih jauh mengenai tes pramugari, maka bisa membaca selengkapnya Tahap Tes Pramugari Disini.
Namun untuk menjadi seorang pramugari bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan, dibutuhkan persiapan khusus supaya bisa lolos menjadi pramugari profesional. Adapun persyaratan menjadi pramugariadalah sebagai berikut.

Syarat Menjadi Pramugari
  • Wanita usia min.18 tahun
  • Pendidikan minimal SMA sederajat
  • Tinggi minimal 158 cm, memiliki berat badan ideal
  • Berpenampilan menarik
  • Sehat jasmani & rohani
  • Tidak buta warna & tidak hepatitis
  • Berkepribadian baik
  • Belum pernah menikah

Namun persyaratan diatas bisa saja berbeda dengan syarat menjadi pramugari di maskapai lainnya. Karena setiap maskapai penerbangan memiliki syarat & kriteria masing-masing dalam perekrutan pramugarinya. Apabila anda ingin menjadi pramugari maka bisa dimulai dengan masuk ke sekolah pramugari terlebih dahulu.
PSPP Penerbangan merupakan sekolah pramugari yang terakreditasi A dan memiliki izin resmi dari pemerintah. Sudah banyak lulusan PSPP yang telah bekerja di bidang penerbangan domestik maupun internasional.  Dengan anda masuk ke sekolah pramugari PSPP maka akan ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Tentunya bekal ilmu sebagai persiapan untuk bisa bekerja di dunia penerbangan.
Baca Juga : Gaji Pramugari Sriwijaya Air Rp19,5 Juta, Berapa Gaji Pramugari Lion Air?

Baca Juga : Tips Diet Ala Pramugari yang Perlu Diketahui

Kalo menurut agan/ sista gimana? menurut data tadi, apakah masih merasa takut naik pesawat?Semoga tidak lagi ya..emoticon-Shakehand2

Sumber : www.tespramugari.id
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ya bener, pesawat itu secara Statistik paling rendah kecelakaannya

keamanan juga tinggi, double checks ada standarnya

cuma memang namanya machine or human error selalu ada, di luar negeri kejadian Air France, Germanwings, KLM, TransAsia,

memang ini musibah yang sangat menyedihkan. semoga investigator menemukan akar masalah dan jadi pelajaran di masa yang akan datang untuk mencegah kejadian serupa berulang
Kelacelakaan pesawat setahun sekali belum tentu kejadian artinya pesawat moda transportasi paling aman.. tapi sekalinya kecelakaan sesaentro negri bakal heboh. emoticon-Peace

Gw pernah denger orang ngobrolin pesawat jatoh pas kasus air asia di warkop di pinggir jalan
Bapak bapak bilang mending jatoh dari pesawat dapet ganti rugi daripada jatoh dari motor cuma dirubung orang
emoticon-Ngakak
Diubah oleh invasion.91


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di