alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c01fe47642eb6110e8b4572/memperingati-hari-aids-sedunia-odha-bukan-monsters

Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS

Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS

Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS

Hello ....
balik lagi bersama ane, TS ganteng bak kapiten tampan tanpa pedang panjang
emoticon-Hai
dalam thread spesial untuk memperingati hari AIDS sedunia  


kita tau tanggal 1 desember selalu diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Kali ini ane bakal bicara sedikit. Cuma sedikit. Bukan tentang penyakit AIDS atau virus HIV, bukan juga sejarah tentang hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada hari ini. Tapi ane akan membahas sesuatu yang tidak bisa lepas dari kata HIV/AIDS, yaitu ODHA.

Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS

ODHA adalah singkatan dari Orang Dengan HIV/AIDS, dengan kata lain ODHA adalah sebutan bagi orang-orang yang telah terjangkit penyakit HIV/AIDS. Sudah bukan rahasia lagi kalau ODHA adalah stigma dalam masyarakat dunia, terlebih di Indonesia. Karena stigma itulah ODHA kurang mendapat tempat yang layak dalam masyarakat. Mereka sering dikucilkan, bahkan sampai dikecam. Tidak jarang perlakuan itu datang dari lingkaran terdekat yaitu keluarga.

“ODHA dimarjinalkan, seolah mereka sudah mati bahkan sebelum nyawa mereka terpisah dari tubuh mereka.”


Sulit untuk ODHA mendapat tempat di masyarakat karena stigma ODHA itu sendiri. Rata-rata orang malas untuk mencari tau tentang ODHA dan parahnya percaya dengan hal-hal yang keliru yang sering beredar, seputar HIV/AIDS dan ODHA. Seperti.


HIV/AIDS adalah penyakit gay dan dan narkoba

nyatanya tidak sepenuh itu benar, memang pria gay dan orang-orang pengguna narkoba dengan jarum suntik, termasuk golongan yang rentan akan penyebaran virus HIV. akan tetapi sex normal (laki-laki dan perempuan) tanpa kondom menjadi cara penularan HIV angka kejadian yang cenderung tinggi. Infodatin  menunjukan bahwa penderita HIV/AIDS di Indonesia paling banyak justru berasal dari kalangan Ibu Rumah Tangga dan “Pekerja”. Tapi biar biarpun begitu GAY dan NARKOBA it’s a fuck !! wajib diberantas.


Bisa tertular HIV/Aids jika tinggal bersama dengan ODHA

ini mitos yang paling banyak membuat kaum ODHA dipinggirkan. Faktanya banyak penelitian membuktikan bahwa HIV dan AIDS tidak disebarkan melalui sentuhan kulit (seperti dari bersalaman, berpelukan, atau tidur malam di atas ranjang yang sama), air mata, keringat, atau pertukaran air liur seperti saat agan/sista berciuman.


HIV bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk

.
ini juga cuma MITOS !! faktanya belum ada bukti medis yang dapat menunjukkan bahwa gigitan nyamuk bisa jadi perantara penyebaran virus HIV bahkan di tempat yang rawan HIV dan banyak nyamuknya. Jadi jangan lagi lucu mengatakan HIV bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk.



Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS


Sebenarnya banyak lagi alasan kenapa ODHA dipinggirkan dari masyarakat selain yang sudah ane sebutkan. Sebagai orang yang hidup di generasi milenial yang dengan mudahnya kita mencari informasi, seharusnya kita dapat dengan mudah memahami apa dan bagaimana virus HIV itu bisa menular. Dan sebagai manusia harusnya kita bisa memahami sesama termasuk ODHA. ODHA bukan hukuman mati, ODHA sangat rentan, mereka butuh perhatian, mereka butuh pendampingan dari kalian keluarga, sahabat, teman dan orang-orang tercinta. ODHA bukan monster yang harus kalian jauhi dan kalian hindari. Tidak apa, selama kalian paham bagaimana virus itu bisa menular, rangkul mereka dan peluk mereka. Dan katakan! “kami bersamamu, kami ada disampingmu, dan kami akan selalu menjadi cahaya yang menuntunmu sepanjang jalan hidupmu”


so, sahabat. Jika kalian percaya Tuhan, percayalah hidup dan mati ada ditangan Sang pencipta Semesta. Jangan pernah berhenti dan menyerah pada kondisi.
AKU KELUARGA MU

Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS


salam
kami bangsa Indonesia.
emoticon-I Love Indonesia


Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS


Sumber: seluruh organ dalam diri yang bekerja sama untuk menyadarkan kalau odha bukan monster
gamabr: de wan en onleh

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Memperingati Hari AIDS Sedunia: ODHA BUKAN MONSTERS

Diubah oleh nyunwie
perlu byk penyuluhan nih bre
Balasan post hard_dick
harus banget. Sementara pihak yang harusnya kasih penyuluhan masih terkesan mau-mau engga-engga. cuma rame pas kek gini deh.
bawah ane gay laknatemoticon-DP
Balasan post kena.semprot
aduhh ga mau komen ntar dibilang gay, eh ehe eh eh ......
gan kepanjangan G O apaan ya? kaitannya sm hiv aids gitu,, emoticon-Matabelo
susah gan merubah pola pikir masyarakat yang menganggap Aids penyakit dosa/kutukan


dulu waktu ane nonton tv bareng sama orang 2 ada iklan layanan masyarakat tentang Aids terus ada bapak2 nyeletuk
"itu bohong kalo kamu tinggal sama orang Aids bersentuhan atau makan bareng bisa tertular"
waktu ane mau bantah kakak ane malah ngelarang
"percuma kamu debat sama mereka"
Diubah oleh nyongnyongan
mindset: odha=tukang zina dan narkoba.
Quote:


memang stigma nya terlalu mengerikan.

Quote:


iyah, padahal kan belum tentu, bisa jadi karena lain hal sebab dia kena HIV
Balasan post kakarot007
Gaada Obat kali, hehehehe
Quote:


Quote:


Untuk edukasi tentang HIV&AIDS dan penyakit menular seksual pada umumnya, itu harus dimulai sejak dini, biar gak salah kaprah ntar gedenya...
Kalo orang dewasa udah susah mau mengedukasi, karena udah terbentuk mindset, kalo anak2 kan masih gampang mengubah mindset-nya (asalkan diisi dgn mindset yg benar)...

Ane sih termasuk beruntung karena bokap ane dokter yg juga aktivis di bidang HIV&AIDS, terus sekolah ane juga mendukung dgn mengadakan sex education tiap tahun sejak ane SD sampe SMA...
Balasan post estidi
bener banget, tapi di negeri ini pendidikan HIV/AIDS untuk usia dini masih pro kontra, karena itu, balik lagi mindset orang-orang yang udah dewasa.
harusnya kalo emang percaya bisa ngerubah keadaan harusnya ga ada kata tapi.
yah TAPI sekali lagi, ini lah kenyataanya.
mangkanya gue selalu angkat topi dan dukung semampu dan sebisa gue untuk aktifivis yang nyuarakan tentang HIV/AIDS.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di