alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bagaimana Cara Mencegah Extra Fan AC Mobil Bermasalah?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0108e4d44f9fef538b4567/bagaimana-cara-mencegah-extra-fan-ac-mobil-bermasalah

Bagaimana Cara Mencegah Extra Fan AC Mobil Bermasalah?

Bagaimana Cara Mencegah Extra Fan AC Mobil Bermasalah?


Apa Fungsinya Extra Fan AC Mobil?

Kalau Extra Fan Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?


#HaiSahabatRotary

AC mobil adalah salah satu fitur yang akan sangat membantu ketika melakukan sebuah perjalanan menggunakan mobil, terlebih jika perjalanan tersebut dilakukan saat siang hari yang suhunya terasa sangat panas. Dengan adanya AC mobil maka suasana di dalam mobil akan lebih menyenangkan dan nyaman.

Bisa dipastikan jika setiap mobil pasti memiliki AC mobil dan AC mobil tersebut memiliki berbagai macam komponen yang bisa membuat AC mobil berfungsi dengan baik. Komponen tersebut misalnya saja kondensor, expansi valve, kompressor, filter dryer, evaporator, selang dan pipa, serta masih banyak yang lainnya. Namun kadang ada juga mobil yang menggunakan alat tambahan seperti extra fan agar bisa mendapatkan fungsi AC mobil yang lebih maksimal.


Jika ingin mengetahui sebuah mobil menggunakan extra fan atau tidak, Anda bisa melihatnya melalui kipas yang ada di sekitar radiator. Jika kipas yang ada di sekitar radiator hanya satu maka bisa dipastikan jika mobil tersebut tidak menggunakan extra fan.

Apa itu Extra Fan AC Mobil?
Extra fan adalah kipas tambahan yang berupa komponen pada AC mobil yang digerakkan oleh dinamo atau motor listrik yang memiliki sumber tenaga berasal dari tenaga listrik. Biasanya kipas tambahan ini bekerja berdasarkan kompresor AC mobil yang menyala atau tidak. Selain itu, extra fan juga bekerja berdasarkan adanya temperatur pada sistem radiator motor melalui sensor yang sudah terpasang.


Apa Fungsinya Extra Fan AC Mobil?
Kipas tambahan ini berfungsi untuk membantu proses pendinginan freon di dalam kondensor sehingga proses kondensasi yang terjadi bisa berjalan dengan sempurna. Hal ini akan membuat AC mobil berfungsi dengan baik dan kabin akan terasa sejuk.


Pendingin Hawa Panas yang Dihasilkan Kondensor Agar Proses Perubahan Freon dari Gas Menjadi Cair Stabil


Extra fan yang merupakan pendingin hawa panas yang dihasilkan kondensor agar proses perubahan freon dari gas menjadi cair ini memiliki beberapa tipe dan posisi penempatan. Salah satu posisi yang umum ditemui adalah extra fan berada di depan kondensor AC mobil dan kipas tambahan ini meniupkan angin dingin ke arah kondensor dari arah depan.


Selain itu ada juga extra fan yang posisinya berada di belakang kondensor dan radiator secara berdampingan. Extra fan dengan posisi ini akan bermanfaat untuk membuang panas kondensor dan radiator secara bersama-sama. Jika ada AC mobil yang menggunakan lebih dari satu kondensor maka extra fan akan diletakkan pada masing-masing kondensor.



Kalau Extra Fan Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Saat extra fan bermasalah maka bisa berdampak pada AC mobil, salah satunya adalah AC mobil yang kurang dingin. AC mobil yang kurang dingin tersebut bisa terjadi karena extra fan yang mati atau extra fan masih berjalan tapi putaran yang dimiliki sangat lemah sehingga menghasilkan embusan angin yang kecil. Jika sudah begini, proses kondensasi yang ada di dalam kondensor tidak bisa berfungsi dengan optimal sehingga udara dingin yang masuk ke dalam kabin tidak ada.


Cegah Extra Fan AC Mobil Bermasalah dengan Service Rutin
Pemilik mobil bisa cegah extra fan AC mobil bermasalah dengan service rutin. Service rutin yang dilakukan tidak hanya akan bermanfaat untuk extra fan tapi juga untuk komponen AC mobil yang lainnya.


Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara mencegah extra fan AC mobil bermasalah.

Semoga bermanfaat.


Senang berbagi.

Diubah oleh acc3ss
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di