alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Viral! Cara Australia Tangani Sampah Ini Simpel Tapi Jenius!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00dedffcef87a0298b456a/viral-cara-australia-tangani-sampah-ini-simpel-tapi-jenius

Viral! Cara Australia Tangani Sampah Ini Simpel Tapi Jenius!

Sampah plastik memang tengah menjadi isu yang hangat di seluruh dunia. Apalagi di Indonesia ini Gan, di mana pengolahan sampah plastik belum secanggih di luar negeri. Terutama karena budaya membuang sampah di Indonesia ini yang masih kacau. Masih ingat kan cerita paus sperma yang baru-baru ini ditemukan terdampar sudah menjadi bangkai di Wakatobi? Saat dibelek, di perut paus terdapat banyak banget sampah plastik, hampir 6 kilo beratnya. Kasian banget itu paus, ia harus hidup di laut yang tercemar.
 
Gak hanya kisah paus sperma, banyak lagi cerita hewan-hewan liar di alam yang menderita akibat sampah ini. Padahal selain hwan-hewan itu, manusia juga terancam loh dengan polusi sampah plastik yang jumlahnya semakin besar.
 
Viral! Cara Australia Tangani Sampah Ini Simpel Tapi Jenius!

Viral! Cara Australia Tangani Sampah Ini Simpel Tapi Jenius!

Tapi sebuah solusi yang simpel untuk menmbersihkan sampah plastik di laut datang dari sebuah kota di Australia, bernama Kwinana. Pada bulan Maret 2018, Kwinana memasang jaring drainase di wilayah Henley Reserve. Jaring ini dipasang pada pipa drainase yang mengalirkan air dari daerah pemukiman ke daerah-daerah alami. Jaringnya bisa menangkap serpihan-serpihan sampah, terutama sampah plastik. Awalnya mereka nyoba memasang 2 jaring dulu, lalu ternyata mereka takjub melihat hasilnya, banyak banget sampah yang terjaring dan terhenti untuk gak sampai ke sungai ataupun laut. Dalam beberapa minggu, jaring yang baru mereka pasang itu bisa menjaring sekitar 362, 8 kg sampah.
 
Viral! Cara Australia Tangani Sampah Ini Simpel Tapi Jenius!

 
Kini pemerintah Kwinana memasang jaring itu di seluruh sisi kota untuk meminimalisir pencemaran air. Emang sih, jaring ini juga bukan jaring biasa. Pembuatan jaring ini memakan biaya sekitar 145,4 juta per buah, karena memang dibutuhkan bahan yang tepat dan cukup kuat untuk menampung sampah-sampah yang mengalir bersama air. Tapi kayaknya dana segitu menjadi investasi yang baik di masa depan, jadi bisa mengehmat biaya-biaya kayak tenaga kerja untuk membersihkan sampah secara manual, biaya pengerukan, dll.
 
Sampah-sampah yang terkumpul oleh jaring ini kemudian akan diangkut dan dipisahkan berdasarkan jenis sampahnya, ada yang bisa didaur ulang atau enggak, baru didistribusikan dengan baik. Indonesia juga harus mencontoh sampai tahap ini nih, karena mengumpulkan sampah saja gak cukup, tapi bagaimana mengolahnya agar tidak menjadi tumpukan yang memenuhi dan bau.
Viral! Cara Australia Tangani Sampah Ini Simpel Tapi Jenius!

Foto-foto sistem jaring yang dipakai Kwinana ini menjadi viral di internet, karena solusi sebuah masalah besar malah datang dari hal yang simple seperti ini Gan. Harusnya Indonesia bisa meniru juga nih, menjadi langkah kecil menangani polusi sampah di laut, masalahnya mau apa enggak ya kira-kira?
 
Viral! Cara Australia Tangani Sampah Ini Simpel Tapi Jenius!

 
Sebelu pemerintah berbuat banyak hal untuk mengurasi polusi plastik, kita juga coba yuk Gan. Kita mulai dengan mengurangi menggunakan plastik saat belanja, tidak memakai sedotan saat membeli minuman, makan ditempat daripada beli makanan yang dibungkus, dan yang pasti membuang sampah pada tempatnya, sekaligus memilah sampah-sampah yang bisa didaur ulang.
 
Ayo semangat, biar nanti kalau liburan ke laut gak ketemu sampah.

emoticon-Sundulemoticon-Shakehand2emoticon-Tepuk Tangan


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
"Pembuatan jaring ini memakan biaya sekitar 145,4 juta per buah, karena memang dibutuhkan bahan yang tepat dan cukup kuat untuk menampung sampah-sampah yang mengalir bersama air."

Gile lu, Ndro!
Nggak percaya.
Boleh juga idenya,,bisa ditiru...kyaknya ada stok jaring2 gak kepake tuh yg kemaren buat nutupin bau
habis terkumpul plastiknya bisa didaur ulangemoticon-Cool
dimulai dari buang sampah pada tempatnya
simpel banget, tp berguna ya. dan sesimpel ini ga diterapin di sini? emoticon-Bingung
kan maren ada jaring yg buat nutupin bau.. pada ga kepake dijadiin aja, skalian pasang di gedung dpr mana tau sampah2 rakyat (KORUPTOR) ikut nyangkut
Balasan post terakhirx
Quote:


karna ini di Australia...ya iya2in aja
beda cerita klo disini, pasti deh srang sreng srong emoticon-Ngamuk


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di