alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Cara Mencegah Batuk
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00af87902cfef27a8b4569/cara-mencegah-batuk

Cara Mencegah Batuk

Batuk sendiri merupakan suatu refleks tubuh untuk membersihkan saluran napas dari lendir atau bahan penimbul iritasi lain seperti debu atau pun asap. Secara umum, batuk sendiri dapat terbagi menjadi 2 macam, yakni batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.

Batuk kering atau tidak berdahak sendiri merupakan kebalikan dari batuk berdahak dimana seseorang mengalami batuk namun tidak disertai kemunculan dahak. Biasanya, jenis batuk yang satu ini seringkali menyebabkan rasa sakit dan juga pedih pada tenggorokan.

Batuk berdahak atau pun berlendir adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami batuk yang disertai dengan slime atau dahak, dan biasanya juga sering disertai dengan kondisi flu dan juga bersin-bersin.


Penyebab Batuk

Penyebab dari terjadi batuk sendiri pun bermacam-macam. Seperti adanya infeksi pada saluran bagian pernapasan, asap rokok, polusi, dan juga kendaraan, inflamasi, dan juga alergi dingin. Hal seperti ini semua dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit batuk pada tubuh anda.

Agar dapat terhindar dari semua hal tersebut, anda harus segera melakukan pengobatan dengan cepat dan benar. Jika tidak, anda akan mengalami kondisi yang lebih parah dan membuat kesehatan tubuh anda semakin tidak membaik.

Cara Mencegah Batuk


Jika anda sudah melakukan pengobatan atau pun ingin terhindari dari penyakit batuk ini, terdapat banyak cara untuk mencegahnya. Maka penting sekali bagi anda untuk mengetahui bagaiman mengatasi penyakit batuk ini. Oleh karena itu, simak penjelasan tentang Cara Mencegah Batuk berikut ini, diantaranya :

1. Hindari Kebiasaan Merokok

Hal yang paling berpotensi menyebabkan munculnya penyakit batuk adalah salah satunya asap rokok. Apabila anda seorang perokok, maka sebaiknya hindari atau kurangi kebiasaan buruk ini. Meskipun sekecil apapu, rokok tetap akan berpengaruh jika terhirup bagi anda yang sedang batuk atau pun tidak.

Maka dari itu, disarankan untuk mengehentikan kebiasaan ini agar anda dapat terhindari dari segala penyakit dan batuk pun yang anda alami dapat lebih cepat sembuh.

2. Perbanyak Meminum Air Putih

Di dalam tubuh, cairan memang sangat diperlukan sekali. Meminum air mineral sebanyak 8 gelas secara rutin setiap hari dikatakan bahwa telah memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh setiap harinya. Maka dari itu, dengan memperbanyak meminum air putih tentu saja akan dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit batuk yang sedang anda alami. Namun, alangkah lebih baiknya jika mengkonsumsi air mineral ini dibuat dalam bentuk air hangat agar penyakit batuknya lebih cepat reda.

3. Kurangi Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis Serta Berminyak

Makanan pedas dan minuman dingin yang menyegarkan terkadang membuat nafsu makan anda menjadi tergoda. Namun, sebaiknya makanan dan minuman yang seperti ini dikurangi untuk mencegah terjadinya penyakit batuk. Akan tetapi, apabila anda masih tidak bisa untuk mengurangi porsi makanan dan juga minuman yang manis, dingin dan berminyak, anda harus lebih banyak lagi minum air putih.

4. Gunakan Masker

Masker ini sangat berguna untuk digunakan ketika bepergian agar tidak terkena polusi yang berbahaya. Masker disitu bukanlah masker wajah, akan tetapi masker yang digunakan adalah masker kesehatan. Ketika menggunakan masker ini, kemungkinan segala macam benda asing dari luar seperti serbuk sari, asap rokok, debu dapat dicegah untuk masuk ke dalam tubuh.

5. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam meningkatkan daya tahan tubuh ini tidak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit batuk saja. Akan tetapi, berfungsi juga untuk mencegah penyakit lainnya. Terdapat banyak cara dan langkah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini. Antara lain seperti, banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, berolahraga, istirahat yang cukup, kelola stress, dan banyak lainnya.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di