alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / REGIONAL / All / ... / Others /
Keuntungan Belajar Bahasa Arab
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff86dc1a9975f6628b4568/keuntungan-belajar-bahasa-arab

Keuntungan Belajar Bahasa Arab

Keuntungan Belajar Bahasa Arab

Bahasa arab mempunyai keutamaan di banding dengan bahasa yang lain. Selain itu, banyak orang yang mempelajari bahasa Arab dengan berbagai alas an, salah satunya adalah agar mudah memahami agama Islam. Ada banyak keuntungan dalam mempelajari bahasa Arab.
 
1.    Mudah belajar Al-Qur’an
Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an Al-Karim. Mempelajari bahasa Arab atas umat islam tentu sudah sangat jelas. Umat Islam dapat lebih mudah memahami Al-Quran karena mempelajari bahasa Arab.
 
2.    Memudahkan memahami Al-Qur’an
Manfaat mempelajari bahasa Arab selanjutnya ialah memudahkan dalam memahami, menghafalkan isi dari Al-Qur’an. Dengan mempelajari bahasa Arab juga dapat mengajarkan serta mengamalkan isi Al-Qur’an dengan lebih mudah. Bukan hanya itu, kemampuan berbahasa Arab juga akan mempermudah dalam memahami hadits-hadits. Umat Islam bukan hanya paham namun juga dapat dengan mudah menghafalkan, mengamalkan dan menjelaskan hadits-hadits dengan lebih mudah.
Keuntungan Belajar Bahasa Arab 

3.    Mudah memahami ajaran Islam
Bahasa Arab dapat mempermudah seseorang dalam memahami agama Islam, terutama jika dia memahami kaedah-kaedah yang terkandung dalam ilmu nahwu. Bagi seorang da’i, tentu sangat memerlukan mempelajari bahasa Arab. Seorang Da’i dapat memberikan pemahaman yang benar mengenai agama Islam. Hal ini sangat penting karena soerang Da’i akan memberi informasi bagi banyak orang, sehingga ia harus bisa memberikan informasi dengan benar.
 
4.    Mudah mempelajari ilmu lain
Umat Islam dapat dengan mudah belajar ilmu dari para ulama, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Bahasa Arab akan memudahkan pemahaman saat mengambil ilmu. Seseorang juga akan lebih mudah membaca karya ulama dari mempelajari bahasa Arab dan cepat memahami arti karya ulama yang asli karena tidak mengandalkan kitab terjemahan dengan mempelajari bahasa Arab.
 
5.    Dapat menenangkan hati
Bagi seorang muslim, manfaat belajar bahasa Arab dapat menenangkan hati ketika didengarkan. Bahasa Arab dianggap sebagai bahasa yang lembut dan menentramkan hati juga pikiran. Setiap orang merasa nyaman dan rileks setelah mendengarkan lantunan ayat suci yang menggunakan bahasa Arab.
 Keuntungan Belajar Bahasa Arab
6.    Gampang dipahami
Bahasa Arab adalah bahasa yang paling lurus. Bahasa ini juga mudah digunakan dan mudah dipahami karena kosakatanya sangat luas. Kemudahannya untuk dipahami menjadi manfaat memperlajari bahasa Arab selanjutnya.
 
7.    Pengetahuan meningkat
Manfaat mempelajari bahasa Arab tidak hanya dirasakan umat Islam namun dapat dirasakan semua orang. Seseorang dapat menambah pengetahuan dengan mempelajari bahasa asing termasuk bahasa Arab. Bahasa Arab dapat mempermudah seseorang untuk mengetahui perkembangan negara yang menggunakan bahasa Arab.
 
8.    Menambah pemahaman
Seorang yang menguasai bahasa asing termasuk bahasa Arab bisa menumbuhkan rasa toleransi. Tenggang rasa dan simpati juga dapat dirasakan karena mempelajari bahasa Arab.
 
9.    Meningkatnya kapasitas diri
Belajar bahasa asing termasuk bahasa Arab dapat meningkatkan keterampilan seseorang. Penguasaan bahasa Arab dapat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas diri seseorang dan memotivasinya untuk selalu belajar. Jika sebelumnya tidak mengenal bahasa Arab dan kemudian menguasai bahasa Arab maka dia akan terpacu dengan melihat pengembangan kapasitas diri yang dimiliki.
 Keuntungan Belajar Bahasa Arab

10. Tambahan nilai lain
Bagi yang ingin bekerja dan menempuh pendidikan di negara yang menggunakan bahasa Arab sangatlah penting. Menguasai bahasa Arab akan menambah peluang untuk bisa mendapatkan pekerjaan dan pendidikan di tempat yang diinginkan. Beasiswa juga lebih mudah diperoleh dengan penguasaan bahasa yang luas. Mempelajari bahasa Arab juga dapat dilakukan jika seseorang melakukan perjalanan atau bepergian di negara yang menggunakan bahasa Arab. Kita bisa berkomunikasi dengan penduduk asli secara langsung sehingga bisa mengetahui budaya dan berbagai informasi lainnya.

Baca Juga : pintar agama karena bahasa arab
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di